Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.413 views

Kematian Jenderal Izzat Ibrahimi dan Masa Depan ISIS di Irak?

BAGDAD (voa-islam.com) - Jenderal Izzat Ibrahim al-Douri, yang konon disebut membantu ISIS, mencapai kemenangan luas dalam  perang di Irak, dikabarkan tewas. Berbagai teka-teki dan spekulasi terus muncul, bersamaan dengan kematian Izzat Ibrahimi.

Izzat merupakan tokoh penting, dan menjadi wakil mantan Presiden Irak Saddam Hussein dilaporkan telah tewas dalam operasi militer besar-besaran di Irak, ungkap seorang pejabat Irak mengatakan kepada Al Arabiya News Channel, Jumat, 17/4/2015.

Namun, pernyataan tentang kematian tokoh  partai Baath Irak, yang disebut membantu ISIS dalam mencapai kemenangann dalam perang Irak itu, dibantah oleh para pemimpin anti pemerintah Irak di Mosul.

Sementara itu, gubernur provinsi Salahaddin Irak, Raed al-Jabbouri mengatakan bahwa Douri adalah "dalang dari Negara Islam di Irak-ISIS," dan tewasnya Izzat Ibrahimi menjadi pukulan dari perjuangan kelompok itu.

"Pasukan keamanan mampu membunuh mantan Wakil Presiden dan salah satu komandan al-Baath Party, Izzat al-Douri, selama operasi di dekat ladang minyak Aalas di Tikrit," kata Jabbouri.

Izzat Ibrahimi al-Douri 72-tahun telah menjabat sebagai wakil ketua  Dewan Komando Revolusi di masa Saddam. Sebagai wakil Saddam, dia membiarkan putrinya untuk menikah putra tertua Saddam dan pangeran Uday Hussein - serikat yang kemudian berakhir dengan perceraian.

Kemudian, ia menjadi buronan setelah invasi pimpinan AS pada 2003, dan diyakini dalang pemberontakan terhadap pemerintah Syiah yang dipimpin saat ini.

Tahun lalu pada bulan Juli, sesaat setelah ISIS  merebut  kota terbesar kedua Irak, yaitu Mosul dalam serangan yang sangat dahsyat, Douri merilis rekaman audio mendesak semua rakyat Irak untuk bergabung upaya untuk "membebaskan" negara Irak dari 'anjing Syi'ah yang dipimpin Nuri al-Maliki.

Populeritas al-Douri adalah sangat luar biasa, sehingga ia tokoh yang paling dicara oleh  militer AS selama invasi 2003 Irak, ia menjabat sebagai "raja", yang sesungguhnya di Irak, pasca Saddam Husien. Douri digambarkan tokoh sangat penting, dan mampu mengobarkan perlawanan rakyat Irak terhadap Amerika. Al-Douri tokoh yang paling di cari oleh AS.

Ghassan Attiyah, seorang ahli politik Irak dan kepala Lembaga Kajian Politik dan Keamanan Irak yang berbasis di Inggris untuk Pembangunan dan Demokrasi mengatakan kepada Al Arabiya News bahwa "kematian Douri adalah tidak diragukan lagi sebagai prestasi yang signifikan bagi Baghdad. Dia mewakili salah satu tokoh utama rezim Saddam. "

Sementara pemerintah Irak mengklaim bahwa Douri adalah dalang dibalik ISIS, hubungan mantan Baath dengan kelompok radikal masih merupakan "teka-teki," kata Attiyah, dan menunjukkan bahwa gerakan Douri sebagai sekutu ISIS. 

Sejatinya, di Irak lahir dan bergabung berbagai kekuatan Sunni di Irak menghadapi kekuatan Syi'ah yang sudah mencengkeram Irak, dan menunjukkan penghancuran terhadap golongan Sunni.

Keterlibatan langsung Iran, termasuk sejumlah kekuatan milisi Iran dan Irak, bertempur bersama menghadapi kelompok-kelompok Sunni, termasuk ISIS. Peranan para jenderal di masa pemerintahan Sadddam Husien, hanyalah bagian dari perubahan politik di Irak, sejak AS menggulingkan Saddam dengan invasi militer, dan kemudian bercokolnya rezim Syi'ah di Irak.

Kematian Izzat Ibrahimi tidak akan menghentikan kelompok Sunni, termasuk ISIS melawan rezim Syi'ah Irak, yang sudah menjadi 'anjing' AS, dan terus melakukan penghancuran terhadap golongan Sunni di negeri 1001 Malam itu. (dimas/aby/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X