Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.103 views

Pengamat: Revisi UU Bukan Jawaban Tuntaskan Terorisme

JAKARTA (voa-islam.com)--Serangan bom di halte Transjakarta Kampung Melayu pada Rabu Malam (24/5) memancing pemerintah untuk mendorong dipercepatnya revisi Undang-Undang Anti-Terorisme.

Namun, Pengamat Kontra-Terorisme Harits Abu Ulya menilai, revisi tersebut bukan jalan keluar untuk menuntaskan fenomena terorisme.

"Revisi UU terorisme bukan solusi tuntas menyelesaikan fenomena terorisme," katanya kepada Voa Islam, Sabtu (27/5/2017).

Direktur Community of Ideological Islamic Analyst (CIIA) itu menegaskan, proses revisi undang-undang harus tetap mengacu pada kajian menyeluruh, sehingga tidak menimbulkan dampak yang kontraproduktif. 

"Menekan masalah terorisme tak hanya dapat dilakukan dengan memperkuat regulasi yang mencakup seluruh aspek. Namun juga membutuhkan langkah penegakan hukum yang lebih humanis. Hindari kekerasan yang akan menjadi stimulan kekerasan berikutnya," jelasnya.

Menurut Harits, pemerintah juga harus melakukan langkah konkret mewujudkan pemerataan kesejahteraan dan menjamin rasa keadilan bagi semua pihak. Alasan karena, sangat berpengaruh signifikan menekan perkembangan tindakan terorisme di tanah air.

Oleh sebab itu, pasca serangan bom di Kampung Melayu tak bisa serta merta dimaknai untuk segera menyelesaikan revisi UU terorisme.

"Kasus bom Kampung Melayu tidak boleh pemerintah tergesa-gesa bernafsu menuntaskan revisi UU Terorisme dengan spirit memberikan kewenangan lebih terhadap penegak hukum," ungkapnya.

Sebab, imbuhnya, persoalan terorisme merupakan masalah yang kompleks dari berbagai aspek. Sehingga membutuhkan pemahaman hingga ke akarnya.

"Dengan begitu akan lahir solusi yang tepat karena terpetakan mana akar dan ranting dari problem fenomena terorisme," ucap Harits.

Maka dari itu, sambung Harits, mencegah terorisme tidak akan efektif kalau hanya di ruang seminar, diskusi publik, dan semisalnya. 

"Karena itu hanya akan menghambur-hamburkan anggaran dari uang rakyat," cetusnya.

Melawan terorisme, katanya lagi, juga tidak bisa melalui penggerakan ormas-ormas tertentu dengan mengusung isu melawan radikalisme. Karena, hal itu hanya membuat gaduh dan menimbulkan sikon sosial tidak nyaman.

"Tapi, tidak relevan dengan upaya untuk mengaborsi terorisme," terangnya.

Pemerintah seyogyanya lebih memperkuat kerjasama di ranah politik luar negeri Indonesia. Sehingga dapat tercipta keadilan global, khususnya di dunia Islam. * [Bilal/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X