Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.359 views

Analis: Kematian Abu Bakar Al-Baghdadi Mengantarkan Fase Baru Bagi Islamic State

SURIAH (voa-islam.com) - Salah satu pesan audio terakhir pemimpin Islamic State (IS) Abu Bakar Al-Baghdadi adalah permohonan kepada para pengikutnya untuk melakukan segala upaya mereka untuk membebaskan para tahanan pejuang IS dan para wanita yang ditahan di penjara dan kamp di Suriah timur laut.

Dengan berita tentang kematian pemimpin kelompok itu, pasukan keamanan Kurdi yang khawatir tentang kemungkinan serangan atau kerusuhan telah memperketat pengamanan di fasilitas-fasilitas ini, yang menampung lebih dari 80.000 anggota dan pendukung kelompok militan, termasuk wanita dan anak-anak.

Ketakutan akan kekacauan semakin meninggi terkait nasib mereka yang ditahan setelah invasi militer Turki bulan ini ke Suriah timur laut, yang mengantarkan pasukan utama melakukan perubahan di daerah itu sekitar dua pekan setelah pesan Al-Baghdadi. Para pejabat Kurdi mengatakan mereka perlu mengalihkan pejuang dan logistik ke garis depan untuk menangkal serangan Turki. Turki memindahkan pasukan ke daerah-daerah di sepanjang perbatasan, sementara penjaga perbatasan Suriah dikerahkan di tempat lain.

Gencatan senjata yang goyah telah terjadi dan kesepakatan untuk memindahkan pasukan Kurdi dari perbatasan.

Sementara berita kematian Al-Baghdadi belum diumumkan di kamp-kamp pada hari Senin, banyak pendukungnya yang tinggal di fasilitas penahanan dan kamp-kamp di Suriah memiliki telepon dan mereka kemungkinan besar mendengar berita itu.

"Jika para lelaki kami berada di penjara, kami adalah tentara Kekhalifahan," beberapa perempuan yang ditahan di al-Hol, kamp tahanan terbesar di Suriah utara berterika hari Senin (28/10/2019), menurut seorang pejabat keamanan dengan badan keamanan internal yang dipimpin. Pejabat itu tidak berwenang untuk berbicara dengan wartawan dan berbicara secara anonim.

Kamp ini menampung 70.000, sebagian besar dari mereka wanita dan anak-anak termasuk sekitar 11.000 orang asing. Lebih dari 10.000 tahanan, termasuk 2.000 orang asing, berada di fasilitas penahanan di timur laut Suriah.

Serangan malam hari oleh pasukan operasi khusus AS merupakan salah satu pukulan lain bagi kelompok jihadis yang menjadi organisasi global di bawah kepemimpinannya. Kematiannya hanya beberapa bulan setelah kehilangan wilayah teritorialnya, membawa mereka dalam fase baru untuk IS di tengah ketidakpastian atas kepemimpinan baru ketika ribuan pendukung dan anggotanya di Irak dan Suriah di penjara.

Kelompok desentralisasi, dengan anggotanya diperkirakan antara 14.000 atau 30.000, telah berputar menuju gerilya setelah kehilangan wilayahnya dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi cabang-cabangnya di luar negeri dan jumlah mereka yang bersumpah setia telah meningkat.

Siapa pemimpin selanjutnya kemungkinan akan menentukan apakah kelompok itu akan menggali untuk mengkonsolidasikan cengkeramannya di Suriah dan Irak - atau fokus pada penjangkauan global.

Kelompok itu belum secara resmi mengumumkan kematian Al-Baghdadi atau menunjuk seorang pemimpin baru. Di depan umum, para pengikut dan pendukung IS belum menyatakan bela sungkawa atas pada pria berusia 48 tahun tersebut. Tetapi postingan media sosial oleh kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan IS mencatat bahwa kematian seorang pemimpin tidak berarti akhir dari sebuah ideologi.

"Jihad tidak berhenti dengan kematian seorang pemimpin atau Amir," kata sebuah posting di halaman Shmoukh al-Islam, atau kejayaan Islam. Ia menambahkan: "Bagaimana jika pemimpin orang-orang beriman menjadi syuhada, kami akan tetap berada di jalur dan kepada siapa pun yang mengikuti kami memperbarui janji."

Para ahli dan pejabat keamanan mengatakan salah satu pembantu dekat Al-Baghdadi kemungkinan akan menggantikannya. Tapi pemimpin bayangan IS itu terobsesi dengan keamanan dan dikenal karena membentuk anggota dari lingkaran dekatnya. Salah satu favorit yang mungkin adalah Abdullah Qardash, seorang warga Turki Irak dari Tal Afar dan mantan perwira di pasukan Saddam Hussein. Keduanya bertemu di penjara AS pada tahun 2003 dan Qardash menjadi tim keamanan top Al-Baghdadi.

Dewan Syura IS, kepemimpinan kelompok bayangan yang terdiri atas 10 orang atau lebih, seharusnya memilih pemimpin berikutnya jika Al-Baghdadi telah menunjuk seorang penerus. Tetapi tidak jelas berapa banyak dari mereka yang masih hidup.

Seorang pembantu dekat Al-Baghdadi lainnya, Abu Hassan al-Muhajir, meninggal dalam operasi gabungan pasukan AS dengan Kurdi di Jarablus pada hari Ahad, beberapa jam setelah Al-Baghdadi meledakkan dirinya selama serangan AS. Tidak banyak yang diketahui tentang al-Muhajir, yang diangkat sebagai juru bicara pada tahun 2016 dan diyakini sebagai orang asing karena diberi nom de guerre, imigran.

Juru bicara pasukan Kurdi Suriah Mustafa Bali mengatakan para pejuangnya yakin Abu Hassan Al-Muhajir berada di Jarablus untuk memfasilitasi perjalanan al-Baghdadi ke daerah itu, yang dikelola oleh para pejuang yang didukung Turki.

"Lebih banyak (pejuang IS) tetap bersembunyi di daerah itu," kata Bali, Ahad.

Prioritas pemimpin baru, kata para ahli, kemungkinan akan merupakan pembobolan penjara. Inkarnasi kelompok sebelumnya mengorganisir beberapa pembobolan penjara paling spektakuler di Irak dalam operasi selama setahun yang disebut "Breaking the Walls." Itu bertanggung jawab atas setidaknya delapan pembobolan penjara yang berbeda, membebaskan hampir 500 orang antara 2012 dan 2013.

"Ini hampir selalu menjadi prioritas (untuk grup tersebut), pertanyaannya adalah apakah itu akan dapat berhasil," kata Hassan Hassan, seorang pakar IS dan analis di Pusat Kebijakan Global.

Pasukan dari badan keamanan internal yang dipimpin Kurdi "dalam siaga tinggi" untuk mengantisipasi kemungkinan kerusuhan di kamp-kamp, ​​serangan terhadap penjara dan peningkatan "serangan balas dendam" di Suriah timur laut di mana sebagian besar anggota dan pendukung kelompok itu, kata pejabat di lembaga tersebut.

Pejabat Kurdi mengatakan telah melihat peningkatan dalam kegiatan IS dalam beberapa pekan terakhir, menyerang pos pemeriksaan dan patroli dengan bom pinggir jalan dan remote kontrol.

Jennifer Cafarella, seorang ahli Suriah di Institute for Study of War yang berbasis di DC, mengatakan belum jelas apakah IS akan memilih seorang pemimpin asal Irak.

"ISIS telah menjadi organisasi global dan jika mereka berharap tetap demikian, maka akan membutuhkan seorang pemimpin yang dapat dengan meyakinkan mengisi peran komandan dan ulama internasional. Warisan Irak ISIS sebenarnya dapat menjadi tanggung jawab organisasi tersebut," katanya menggunakan singkatan IS yang lain.

Hassan mengatakan organisasi itu mungkin akan memilih seorang Irak karena mayoritas anggotanya berasal dari Irak dan memberikan fokus kelompok pada kepercayaan agama dan operasional.

Dia menambahkan: Siapa pun "dia, dia harus mulai dari awal. Untuk membangun warisannya dan membuktikan dirinya." (AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X