Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.578 views

Patung Kapitalis Rasis yang Diamuk Massa

 

Oleh:

Siti Aisyah, S.Sos || Koordinator Kepenulisan Komunitas Muslimah Menulis Depok

 

DEMONSTRASI Black Lives Matter marak digelar di seluruh dunia. Tentunya hal ini dipicu karena kasus kematian George Floyd (46 tahun) pada 25 Mei 2020 lalu di Minneapolis, Minnesota oleh seorang polisi berkulit putih dengan cara yang dinilai sangat rasis. Inilah beberapa patung kapitalis rasis yang diamuk massa. Di antaranya:

Pertama, patung Christopher Columbus. Pada Selasa 9 Juni 2020 malam waktu setempat, para demonstran merobohkan patung Christopher Columbus dan dilempar ke dalam danau di kawasan Virginia, Amerika Serikat.

Banyak orang mengenal Christopher Columbus adalah seorang penjelajah dunia. Ternyata tujuannya melakukan misi keliling dunia bukan semata-mata ingin menjelajah dunia, tapi untuk mendapatkan keuntungan dalam perdagangan, baik rempah-rempah, budak dan sumber daya alam lainnya (Gold), penjelajahan dengan mencari koloni sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama, kejayaan dan kekuasaan (Glory) dan untuk menyebarkan ajaran Nasrani (Gospel).

Columbus adalah salah satu orang pertama yang melakukan perdagangan budak. Ketika pertama kali menginjakkan kakinya di Pulau Hispaniola (Taino, nama penduduk aslinya), yang terkenal ramah-ramah dipaksa menjadi budak dan disuruh mencari emas. Jika tidak bisa mengumpulkan emas, mereka akan dihukum dengan dimutilasi anggota tubuhnya atau dibunuh.

Akibatnya dalam beberapa masa populasi Taino hancur. Tak hanya itu, Columbus pun memperbudak suku Indian di area lainnya untuk orang Eropa. Para budak dipekerjakan di perkebunan tebu di lepas pantai barat Afrika Utara.

Perlakuan Columbus terhadap budak dinilai sangat sadis dan kejam.Jurnalis Spanyol Consuelo Varela menemukan dokumen terbuang yang sempat dihilangkan oleh monarki Spanyol untuk menyembunyikan fakta betapa tirannya Columbus. Kepada Guardian Varela menyebutkan orang-orang lokal Karibia sering dihukum Columbus secara tak manusiawi dan praktiknya bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan.

Misalnya, catatan tentang seorang laki-laki Hispaniola yang ketahuan mencuri, Columbus pun memerintahkan aparat untuk memotong hidung dan telinganya. Di masukkanlah laki-laki itu di penjara besi dengan tangan diborgol dan akhirnya dilelang sebagai budak.

Seperti yang diungkap sejarawan Howard Zinn, dalam karyanya yang termahsyur, A People's History of the United States (1980), bahwa pada 1495 anak buah Columbus menangkap 1.500 orang asli Arawak, termasuk perempuan dan anak-anak untuk dikirim ke Spanyol. 40 persen dari mereka meninggal di perjalanan.

Kedua, patung Raja Belgia Leopold II. Di Kota Pelabuhan Antwerp di Belgia, pada Selasa 9 Juni 2020, para demonstran merobohkan patung mendiang Raja Belgia Leopold II. Usai dicoret dengan cat merah oleh demonstran anti-rasisme.

Leopold II adalah sosok raja yang sadis, bengis dan sangat kejam. Ia berambisi menjajah negara lain dan berhasil mengklaim Kongo sebagai daerah jajahannya. Sejarah mencatat Leopold II begitu keras dan kejam dengan Kongo. Ia menyulap negeri yang sebelumnya damai ini menjadi negara yang semuanya berisi budak. Di bawah penjajahannya, Leopold Memaksa orang-orang Kongo untuk mengais sumber daya mereka sendiri dan memenuhi kantong-kantong harta Leopold II.

Melalui prajuritnya, sang raja dengan senangnya membantai dan memutilasi orang-orang sana jika tak mau bekerja. Setidaknya sekitar 10 juta lebih orang Kongo yang tewas semasa penjajahan Belgia.

Ketiga, patung Edward Colston. Di Pelabuhan Bristol, Inggris, pada Rabu 10 Juni 2020, para demonstran memenggal dan membuang ke sungai Patung Edward Colston.

Edward Colston, adalah seorang tokoh terkemuka penjual budak di abad ke-17. Dia aktif menjadi anggota badan pengurus RAC (Royal African Company). RAC merupakan perusahaan yang memperdagangkan budak dari Afrika ke Amerika.Dalamsejarahnya, RAC bertanggung jawab atas pengiriman lebih banyak pria, wanita, dan anak-anak yang diperbudak daripada perusahaan lain.

Antara 1672 dan 1720-an, RAC mengangkut hampir 150 ribu orang. Dia menjual 100.000 orang Afrika Barat di Karibia dan Amerika Serikat. Budak-budak yang dijual itu sebelumnya dilabeli inisial RAC di dada mereka, termasuk anak-anak berusia enam tahun. Satu dari empat anak sekarat dalam perjalanan.

Di tahun-tahun terakhir hidupnya, ia pun menjadi investor utama di perusahaan perdagangan budak lain, South Seas Company (SSC), yang sebagian besar berdagang dengan Amerika Selatan. Selama keterlibatan Colston dengan SSC, perusahaan mengangkut sekitar 15.931 orang Afrika yang akan diperbudak, dengan hampir 1 dari 5 orang sekarat dalam perjalanan.

Keempat, patung Jefferson Davis. Di Richmond Virginia, pada Rabu 10 Juni 2020, dirobohkan juga Patung Jefferson Finis Davis. Jefferson Davis adalah seorang prajurit yang menonjol Amerika, sekretaris perang dan tokoh politik yang menjadi Presiden Konfederasi Serikat, selama Perang Sipil 1861-1865, yang pro-perbudakan.

Ia menjadi tokoh yang mendukung kepentingan orang-orang Selatan, termasuk hak-hak negara bagian dan mempertahankan perbudakan, yang menurut dia harus diterapkan secara luas di seluruh wilayah.

Kelima, patung Winston Churchill. Di Praha, Ceko pada Kamis 11 Juni 2020, patung pemimpin Inggris di Perang Dunia II Winston Churchill dicorat-coret. Patung mantan Perdana Menteri Inggris ini ditulisi Black Lives Matter sebagai tanda solidaritas dengan gerakan anti-rasis di negeri "Paman Sam". Patung Churchill di pusat Kota London juga dirusak dengan dicoreti kata-kata "rasis".

Pada 1940, sebelum menduduki kursi Perdana Menteri, Churchil adalah salah satu tokoh paling vokal menentang gerakan kemerdekaan India sepanjang 1920-an dan 1930-an. Karena dia menganggap kelompok kulit putih negaranya adalah yang lebih superior.

Seorang politisi India, Dr Shashi Tharoor melalui bukunya, Inglorious Empire: What the British Did to India, (2017) menyebut Churchill setara dengan “barisan diktator terburuk” di abad 20. Tharoor juga menyebutkan keterlibatan Churchill dalam tragedi kelaparan Benggala, India, pada 1943.

Tharoor mencatat bahwa Churchill menolak memberi bantuan kepada Benggala. Alasannya, karena Inggris sedang berperang, sehingga membutuhkan banyak logistik dan tak boleh menghabiskan biaya transportasi untuk kepentingan selain memenangkan pertempuran. “Kapal-kapal yang dipenuhi gandum datang dari Australia dan berlabuh di Kalkuta. Namun Churchill menginstruksikan untuk tidak melepaskan muatan kapal dan memerintahkan agar kapal meneruskan pelayaran hingga ke Eropa,” kata Tharoor dalam acara festival penulis di Melbourne, sebagaimana dikutip Independent, Jumat (11/11/2017).

Leo Amery selaku Menlu Inggris untuk India dan Wavell sebagai wakil pemerintahan Inggris di India kemudian mengirimkan permintaan resmi ke Churchill agar mengirimkan persediaan logistik untuk India, karena korban jiwa di Benggala terus bertambah. Namun, Churchill menanggapinya dengan ketidakpercayaan bahwa sedang mengalami kelaparan akut.

Begitu juga sejarawan Madhusree Mukerjee melalui bukunya, Churchill's Secret War: The British Empire and the Ravaging of India during World War II” (2011) kepada Telegraph mengungkapkan tawaran AS dan Australia untuk mengirim bantuan ke Benggala melalui kapal, tapi tak diizinkan masuk oleh kabinet perang Churchill. Saat AS berhasil membantu masyarakat India melalui kapal mereka, Inggris pun tak menngikuti  jejak AS. Akhir yang tragis, sekitar tiga jutaan lebih warga Benggala meninggal dunia akibat kelaparan massal. Inilah pemicu dirusaknya patung Churchill. 

Itulah beberapa patung tokoh-tokoh dunia yang diagung-agungkan dalam peradaban kapitalisme ini. Ternyata dalam sejarah mereka semuanya terkenal sangat rasis, bengis dan sadis.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News
Ekonomi Membaik, Legislator Minta Pemerintah Jangan Naikan Harga-harga

Ekonomi Membaik, Legislator Minta Pemerintah Jangan Naikan Harga-harga

Kamis, 19 May 2022 21:44

Pemerintah Prancis Tentang Langkah Kota Grenoble Yang Mengizinkan Pemakaian Burkini Di Kolam Renang

Pemerintah Prancis Tentang Langkah Kota Grenoble Yang Mengizinkan Pemakaian Burkini Di Kolam Renang

Kamis, 19 May 2022 19:22

Mesir Rekrut Anak-anak Untuk Perangi Islamic State Di Sinai Utara

Mesir Rekrut Anak-anak Untuk Perangi Islamic State Di Sinai Utara

Kamis, 19 May 2022 18:00

Pejabat Keamanan Yordania Sebut Militer Suriah Terlibat Penyeludupan Narkoba Ke Yordania

Pejabat Keamanan Yordania Sebut Militer Suriah Terlibat Penyeludupan Narkoba Ke Yordania

Kamis, 19 May 2022 17:00

Fenomena Bocah Pejuang Subuh di Garut

Fenomena Bocah Pejuang Subuh di Garut

Kamis, 19 May 2022 12:57

Dai Muda Muhammadiyah Silaturahmi dengan Ustaz Bachtiar Nasir

Dai Muda Muhammadiyah Silaturahmi dengan Ustaz Bachtiar Nasir

Kamis, 19 May 2022 08:59

Jangan Heran Ustad Somad Dideportasi, Singapura Sudah Lama Anti-Islam

Jangan Heran Ustad Somad Dideportasi, Singapura Sudah Lama Anti-Islam

Rabu, 18 May 2022 20:51

Tegas, Legislator PKS Minta Pemerintah Singapura Minta Maaf

Tegas, Legislator PKS Minta Pemerintah Singapura Minta Maaf

Rabu, 18 May 2022 20:39

Welkam Hom, Pak

Welkam Hom, Pak

Rabu, 18 May 2022 17:51

Ruhut Makin Kacrut

Ruhut Makin Kacrut

Rabu, 18 May 2022 15:50

Mengejar Medali Surgawi, Bagaimanakah?

Mengejar Medali Surgawi, Bagaimanakah?

Rabu, 18 May 2022 15:43

Semakin Hemat! Bikin Desain atau Video Marketing Yuk

Semakin Hemat! Bikin Desain atau Video Marketing Yuk

Rabu, 18 May 2022 15:40

Pengadilan India Larang Muslim Shalat Jamaah Di Masjid Gyanvapi Setelah Klaim Penemuan Berhala Hindu

Pengadilan India Larang Muslim Shalat Jamaah Di Masjid Gyanvapi Setelah Klaim Penemuan Berhala Hindu

Rabu, 18 May 2022 15:37

Corbuzier Main LGBT

Corbuzier Main LGBT

Rabu, 18 May 2022 13:44

Deportasi UAS, Singapura Sebut Ustadz Abdul Shomad Ditolak Masuk Karena Sebarkan 'Ekstrimisme'

Deportasi UAS, Singapura Sebut Ustadz Abdul Shomad Ditolak Masuk Karena Sebarkan 'Ekstrimisme'

Rabu, 18 May 2022 08:45

Ramadhan Yang Membekas

Ramadhan Yang Membekas

Selasa, 17 May 2022 22:10

JITU Mengutuk Keras Penembakan Terhadap Jurnalis Al-Jazeera

JITU Mengutuk Keras Penembakan Terhadap Jurnalis Al-Jazeera

Selasa, 17 May 2022 22:06

Pembongkaran Tiang Masjid Muhammadiyah di Aceh Menyakiti Umat Islam

Pembongkaran Tiang Masjid Muhammadiyah di Aceh Menyakiti Umat Islam

Selasa, 17 May 2022 21:52

Laporan Baru PBB Sebut Taliban Dan Al-Qaidah 'Tetap Sekutu Dekat'

Laporan Baru PBB Sebut Taliban Dan Al-Qaidah 'Tetap Sekutu Dekat'

Selasa, 17 May 2022 21:02

Mahasiswa sebagai Sasaran Sekaligus Ujung Tombak dalam Menangkal Paham LGBT

Mahasiswa sebagai Sasaran Sekaligus Ujung Tombak dalam Menangkal Paham LGBT

Selasa, 17 May 2022 12:01


MUI

Must Read!
X