Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.258 views

Apa yang Mendorong Pemulihan Hubungan Arab Saudi dengan Turki?

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Pada 30 Oktober, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengeluarkan pernyataan yang mengungkapkan rasa duka yang mendalam dan keprihatinan atas puluhan orang yang tewas dan terluka di Izmir setelah gempa bumi di Turki barat.

Sebagian besar pengamat tidak terlalu memperhatikan pernyataan tersebut dan menganggapnya sebagai tindakan biasa, terutama karena seruan tidak resmi untuk memboikot produk Turki di Kerajaan gurun sedang mencapai puncaknya pada saat itu.

Namun, enam hari kemudian, Saudi Press Agency melaporkan bahwa Raja Salman telah mengarahkan Pusat Pertolongan dan Bantuan Kemanusiaan (KSRelief) Raja Salman untuk mengirim "bantuan mendesak kepada saudara-saudara yang terkena dampak di Turki".

Meskipun pengumuman itu datang seminggu setelah gempa bumi yang tragis, yang menyebabkan bencana kemanusiaan yang mendesak, itu tetap merupakan isyarat yang berharga. Salah satu indikasi penting bahwa tindakan Saudi adalah bagian dari inisiatif yang lebih luas untuk mencairkan suasana dengan Turki adalah bahwa hal itu bertepatan dengan kemenangan Biden dalam pemilihan presiden AS pada 7 November.

Beberapa hari kemudian, pada 12 November, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menelepon Raja Bahrain Hamad bin Isa al-Khalifa untuk menyampaikan belasungkawa atas kematian perdana menteri terlama di Manama. Sebuah pernyataan dari Direktorat Komunikasi Turki mengatakan Erdogan dan raja membahas langkah-langkah yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara.
Langkah-langkah kecil ini dapat dilihat sebagai persiapan oleh kedua negara untuk mereposisi diri mereka sendiri dengan cara yang menguntungkan untuk menghadapi tekanan yang diantisipasi dari pemerintahan Biden yang akan datang.

Pernyataan tersebut mengutip pernyataan presiden Turki yang mengatakan "hubungan yang didasarkan pada hubungan sosial dan budaya historis yang mengakar antara Turki dan negara-negara Teluk akan memberikan kontribusi positif bagi solusi dari banyak masalah bersama yang dihadapi kawasan itu".

Kebijakan diplomatik Bahrain sebagian besar mengikuti garis Saudi, sampai-sampai banyak yang mempertanyakan apakah Manama memiliki kebijakan luar negerinya sendiri. Bahrain sering dipandang sebagai saluran untuk mengirim dan menerima pesan atas nama Arab Saudi dalam hal-hal kritis. Dalam hal ini, pesan Erdogan mungkin bergema di Riyadh.

Dalam panggilan telepon yang jarang terjadi dari raja Saudi kepada presiden Turki sebelum KTT G20 virtual di Riyadh pada 21 November, kedua pemimpin sepakat untuk tetap membuka saluran dialog guna mengembangkan hubungan bilateral dan menghilangkan masalah.

Beberapa jam kemudian, Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan Al Saud mengatakan kepada Reuters bahwa hubungan dengan Turki "baik dan bersahabat," menyangkal adanya boikot tidak resmi atas produk-produk Turki di kerajaan itu.

Percakapan telepon sebelumnya jelas mengarah pada serangkaian perkembangan positif dalam hubungan Saudi-Turki. Di akhir pertemuan virtual, Erdogan mengucapkan selamat kepada Arab Saudi atas keberhasilan KTT G20.

Lima hari kemudian, Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavuşoğlu bertemu dengan mitranya dari Saudi pada sesi ke-47 Dewan Menteri Luar Negeri Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk membahas hubungan bilateral dan masalah regional. Cavusoglu mengatakan Ankara sangat mementingkan hubungan bilateral dengan Riyadh. Dia menegaskan bahwa pertemuan itu "tulus" dan "kemitraan Turki-Saudi yang kuat tidak hanya menguntungkan negara kita tetapi seluruh kawasan".

Motif Saudi dan Turki

Langkah-langkah kecil ini dapat dilihat sebagai persiapan oleh kedua negara untuk mereposisi diri mereka sendiri dengan cara yang menguntungkan untuk menghadapi tekanan yang diantisipasi dari pemerintahan Biden yang akan datang. Tanggapan Turki yang positif terhadap inisiatif Riyadh menegaskan adanya kepentingan bersama dan keinginan bersama untuk memperbaiki jalannya hubungan bilateral. Meskipun langkah-langkah yang diambil sejauh ini tidak berarti rekonsiliasi yang lengkap, mereka menempatkan kedua negara pada jalur yang benar.

Adapun motifnya, perubahan tiba-tiba dalam sikap Saudi terhadap Turki terutama terkait dengan perubahan terbaru dalam politik AS. Trump dan menantu laki-lakinya Jared Kushner memiliki hubungan unik dengan pejabat Saudi. Presiden AS yang akan keluar itu memilih Riyadh untuk kunjungan luar negeri pertamanya dalam perubahan yang jelas dari tradisi Amerika yang mapan.

Dia memberikan lampu hijau kepada putra raja, Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS), untuk menindak lawannya, anggota keluarga, pengusaha, intelektual dan aktivis hak asasi manusia.

Trump melindungi MBS setelah pembunuhan Jamal Khashoggi dan melindunginya dari dampak pembunuhan jurnalis Saudi di konsulat negaranya di Istanbul. Dia juga mengizinkan kerajaan untuk melanjutkan kampanye militernya di Yaman tanpa kendala dan mengirim pasukan ke Arab Saudi untuk mempertahankannya dari agresi Iran.

Dalam konteks ini, Biden tidak akan seperti Trump, dan pemerintahannya yang akan datang diperkirakan memberi tekanan pada raja dan putranya pada masalah-masalah yang berkaitan dengan urusan dalam dan luar negeri, termasuk perang Yaman, krisis Teluk, dan pembunuhan Khashoggi, di antara masalah yang lainnya. Biden tidak merahasiakan bahwa dia akan mengembalikan AS ke kesepakatan nuklir dengan Iran.

Jika ini terjadi dengan cara Obama, Arab Saudi akan terisolasi di kawasan itu. Hubungan kuat antara MBS dan penguasa de facto UEA, Mohammed bin Zayed (MBZ), tidak akan lagi bermanfaat bagi kerajaan karena Abu Dhabi memilih untuk memenuhi tuntutan Iran dan secara terbuka memperkuat hubungannya dengan Israel, sesuatu yang akan sulit ditemukan untuk Riyadh lakukan.

Demikian pula, selama kampanye pemilihannya, Biden menunjukkan sikap bermusuhan terhadap pemerintah Turki. Ia dikenal mendukung pemekaran Irak di masa lalu dan kelompok Komunis Kurdi di Suriah, termasuk salah satu cabang dari PPK, yang ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh AS, Uni Eropa dan NATO.

Biden juga menentang kesepakatan S-400 dengan Rusia dan kemungkinan besar tidak akan sependapat dengan Turki di Mediterania Timur. Mengingat hubungannya yang kuat dengan lobi Yunani, Armenia dan Israel, ada persepsi yang kuat bahwa jika dia memilih menjadi Obama 2.0 dan menolak untuk bekerja sama dengan Ankara karena alasan yang sama, hubungan Turki-AS akan menderita.

Terlepas dari kemajuan positif, pemulihan hubungan antara Arab Saudi dan Turki diperkirakan akan menghadapi beberapa tantangan untuk bergerak maju

Tantangan untuk pemulihan hubungan Arab-Turki

Terlepas dari kemajuan positif, pemulihan hubungan antara Arab Saudi dan Turki diperkirakan akan menghadapi beberapa tantangan untuk bergerak maju. Dua faktor utama secara khusus dapat mempengaruhi proses ini. Pertama, jika pemerintahan Biden memutuskan untuk bersikap lunak terhadap Arab Saudi, para pejabat Saudi mungkin menghitung bahwa tidak perlu lagi memperkuat hubungan dengan Turki, dan dengan demikian menjaga hubungan antara kedua negara pada tingkat saat ini.

Rintangan potensial kedua adalah posisi UEA terkait proses rekonsiliasi Saudi-Turki. Jika hubungan antara Riyadh dan Ankara kembali ke level 2015, maka Abu Dhabi akan menjadi pecundang terbesar dalam pengaturan baru antara kedua pemain regional ini.

Selama empat tahun terakhir, dan ketika mencoba untuk memindahkan Arab Saudi ke sisinya, Abu Dhabi telah banyak berinvestasi dalam hubungannya dengan Trump, MBS, dan dalam menciptakan perpecahan antara Riyadh dan Ankara.

Mengingat Abu Dhabi memimpin kamp anti-Turki di wilayah tersebut, tentu tidak tertarik untuk melihat hubungan Saudi-Turki yang lebih baik. Inilah sebabnya mengapa aman untuk mengasumsikan bahwa MBZ Abu Dhabi akan melakukan apa pun untuk menyabot proses ini.

Keputusan Saudi untuk mencairkan kebekuan dan memulai proses pemulihan hubungan dengan Turki datang dari Raja Salman. Hingga saat ini, MBS yang dikenal sebagai anak buah MBZ di Arab Saudi tidak dilibatkan dalam proses tersebut. Tawaran alternatif UEA untuk MBS adalah untuk mendorong normalisasi Saudi-Israel atas dasar bahwa Tel Aviv akan memberinya perlindungan yang diperlukan untuk melindunginya dari tekanan yang diharapkan dari pemerintahan Biden, di satu sisi, dan untuk memberinya pengaruh di dalam Kongres AS di sisi lain.

Hanya beberapa hari setelah panggilan telepon antara Raja Salman dan Erdogan, media Israel melaporkan bahwa Netanyahu diam-diam terbang ke Arab Saudi dan bertemu MBS di Neom. Arab Saudi membantah kabar tersebut, tetapi beberapa sumber membenarkannya. Tidak diketahui apakah MBZ berperan dalam mengatur pertemuan antara MBS dan Netanyahu, tetapi analisis menunjukkan bahwa UEA memiliki kepentingan langsung untuk mendorong normalisasi Saudi-Israel dalam menghadapi pemulihan hubungan Arab-Turki.

Kebijakan pemerintahan Biden terhadap Riyadh, bersama dengan tanggapan UEA, akan memainkan peran utama dalam menentukan apakah rekonsiliasi Turki-Saudi akan menyaksikan momentum yang berkelanjutan selama fase berikutnya atau kemunduran. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X