Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.179 views

Analisis: Pengepungan Hotel 30 Jam Al-Shabaab Simbol Dari Tantangan Keamanan Somalia

Oleh: Caleb Weiss

MOGADISHU, SOMALIA (voa-islam.com) - Pada hari Jum'at (19/8/2022), Al-Shabaab, cabang Al-Qaidah di Afrika Timur, meluncurkan serangan jibaku terkoordinasi di Hotel Hayat di ibu kota Somalia, Mogadishu. Hampir 30 jam kemudian itu diakhiri oleh pasukan keamanan Somalia, yang merupakan pengepungan hotel terpanjang dalam sejarah kelompok jihadis tersebut. Namun, yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa serangan itu merupakan simbol mematikan bagi kurangnya keamanan di Mogadishu.

Outlet-outlet media Somalia telah melaporkan bahwa setidaknya 21 orang tewas dalam pengepungan, meskipun jumlah ini diperkirakan akan meningkat. Juga tidak jelas apakah jumlah ini termasuk personel keamanan atau hanya warga sipil. Setidaknya 117 orang lainnya terluka dalam serangan panjang itu.

Sumber-sumber lokal dan Al-Shabaab sendiri melaporkan pada hari Jum'at bahwa kelompok tersebut memulai serangan di Hotel Hayat, sebuah hotel populer dengan lembaga keamanan Somalia, dengan dua bom mobil jibaku sebelum tim penyerang menerobos perimeter dan memasuki hotel. Modus operandi serangan jibaku ini adalah taktik umum yang digunakan oleh Al-Shabaab, serta kelompok jihadis lainnya di seluruh dunia.

Orang-orang bersenjata itu kemudian mengepung gedung itu, tempat para jihadis bersembunyi selama lebih dari 30 jam, saling tembak-menembak dengan petugas keamanan di antara lantai. Ketika personel keamanan dan darurat tiba di tempat kejadian, seorang pembom jibaku ketiga kemudian menyerang layanan darurat.

Pasukan Somalia, termasuk unit pasukan khusus yang dilatih AS dan Turki, dengan cepat memulai operasi penyelamatan, menyelamatkan beberapa warga sipil dari serangan jihadis. Video yang dilaporkan dari hotel mendokumentasikan hampir dua lusin warga sipil yang melarikan diri dari perimeter setelah dibebaskan oleh pasukan Somalia.

Ledakan tambahan, yang diidentifikasi sebagai granat, alat peledak improvisasi (IED), atau kemungkinan bom jibaku tambahan dicatat sepanjang baku tembak yang panjang saat pasukan keamanan perlahan maju ke seluruh hotel.

Al-Shabaab dengan cepat menyatakan tanggung jawab atas pengepungan itu, dan juga mengatakan sebelumnya kemarin, 20 Agustus, bahwa amukannya telah “melenyapkan lusinan pejabat, petugas, dan personel keamanan” dan bahwa “mayat orang mati berserakan di kamar dan halaman hotel tiga lantai tersebut.”

Sementara itu, juru bicara militer Al-Shabaab, Abdulaziz Abu Musab, mengatakan para jihadis membunuh sedikitnya 40 "orang murtad."

Setidaknya dua pejabat keamanan Somalia terkemuka, termasuk kepala aparat intelijen Mogadishu dan salah satu perwira tinggi polisi Mogadishu, terluka dalam serangan itu. Tidak jelas apakah kepala intelijen adalah target spesifik atau apakah kehadirannya hanya kebetulan. Pemilik Hotel Hayat juga dilaporkan termasuk di antara korban tewas.

Pernyataan Al-Shabaab lebih lanjut juga mengatakan bahwa para pejuangnya di dalam hotel tetap berhubungan dengan pimpinan senior kelompok itu dan awak media selama pengepungan.

Misalnya, sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Sabtu (20/8/2022) sekitar 24 jam pengepungan menyatakan bahwa “Jaabir, salah satu [komando] inghamasi di dalam Hotel Hayat, menginformasikan melalui rekaman audio bahwa dia dan saudara-saudaranya baik-baik saja dan serangan berlanjut. ” Suara tembakan juga dapat terdengar dalam rekaman audio pendek yang dirilis oleh grup tersebut.

Fakta bahwa para jihadis yang terlibat dalam serangan itu tetap berhubungan dengan kepemimpinan Al-Shabaab selama pengepungan tidak mengejutkan. Ini juga terjadi dalam serangan kelompok yang terkenal pada tahun 2013 di Westgate Mall Nairobi. Kelompok jihadis lainnya, seperti di Jaringan Haqqani dan Lashkar-e-Taiba, telah menggunakan taktik yang sama. Hal ini memungkinkan kepemimpinan kelompok untuk tetap mengetahui perkembangan serangan, sementara juga memungkinkan untuk menyampaikan pengetahuan taktis kepada para penyerang.

Sebelum pasukan Somalia secara resmi mengakhiri pengepungan, Al-Shabaab mengatakan bahwa beberapa pejuang yang terlibat dalam serangan tersebut dapat meloloskan diri dari perimeter hotel dan mencapai tempat persembunyian kelompok tersebut di Mogadishu. Pelaporan ini, bagaimanapun, adalah propaganda yang belum dikonfirmasi dan kemungkinan. Pejabat Somalia mengklaim bahwa semua pria bersenjata tewas di dalam hotel.

Pengepungan hotel sebagai simbol mematikan dari tantangan keamanan Somalia yang besar dan kuat

Al-Shabaab secara rutin melakukan serangan, baik skala besar maupun kecil, di dalam Mogadishu. Namun, ini adalah serangan hotel pertama kelompok tersebut di ibu kota sejak Januari 2021. Serangan itu, yang melibatkan modus operandi serupa bom mobil jibaku yang diikuti oleh orang-orang bersenjata, menewaskan sedikitnya sembilan orang di Hotel Afrik, sebuah hotel yang juga dekat dengan hotel Hayat di persimpangan K-4 Mogadishu.

Selain itu, pengepungan di Hotel Hayat, yang berlangsung selama lebih dari 30 jam, adalah pengepungan hotel terpanjang kelompok itu dalam sejarah serangannya di dalam ibu kota Somalia. Bahwa kelompok afiliasi Al-Qaidah itu tidak hanya mampu menembus daerah yang sangat aman di Mogadishu, tetapi tetap berjuang di hotel selama itu menunjukkan kekuatan dan kemampuan Al-Shabaab.

Selama beberapa tahun terakhir, Al-Shabaab juga telah beberapa kali menyerbu Hotel SYL Mogadishu, Hotel Elite, Hotel Maka al Mukarama, Hotel Dayah, Hotel Beach View, Hotel Ambassador, Hotel Central, Hotel Al Sahafi, dan Hotel Jazeera.

Di tempat lain, Al-Shabaab juga menyerang hotel di Kismayo dan di ibu kota Kenya, Nairobi.

Tiga pemboman hari Jum'at menjadikan jumlah total bom jibaku yang dilakukan oleh Al-Shabaab tahun ini menjadi 27, menurut data yang dikumpulkan oleh FDD's Long War Journal. Kelompok ini telah melakukan setidaknya 82 bom jibaku di Somalia sejak 2020.

Jumlah ini bisa bertambah jika bom jibaku tambahan dipastikan terjadi di dalam Hotel Hayat.

Presiden Somalia yang baru terpilih Hassan Sheikh Mohamud, yang menjalani masa jabatan kedua yang tidak berturut-turut, menghadapi tantangan berat dari Al-Shabaab dan pada tingkat yang relatif lebih rendah dari Islamic State (IS).

Mengenai yang pertama, Presiden Mohamud baru-baru ini menyatakan bahwa dia bermaksud untuk memerangi Al-Shabaab melalui cara militer dan non-militer, sambil membuka pintu untuk setiap kemungkinan pembicaraan dengan kelompok tersebut. Komentar-komentar ini, bahwa pintu untuk negosiasi dan keinginan Presiden Mohamud untuk mengobarkan “perang ekonomi dan ideologis” terhadap kelompok tersebut, diulangi selama pengepungan.

Namun, Al-Shabaab sendiri tampaknya telah menggagalkan gagasan negosiasi. Juru bicara kelompok tersebut, Abdulaziz Abu Musab, menyatakan bahwa pengepungan di Hotel Hayat adalah tanggapan langsung terhadap pernyataan Presiden Mohamud tentang rencana pemerintahannya untuk Al-Shabaab. Juru bicara jihad menyatakan dalam sebuah pesan yang diposting ke situs web Radio al Andalus milik Shabaab:

“Operasi ini terjadi ketika para murtad, terutama pemimpin kelompok Hassan Gurguurte [nama menghina untuk Hassan Sheikh Mohamud], berteriak kepada sekutu Tentara Salibnya mengatakan bahwa dia akan menghancurkan dan mengakhiri Mujahidin. Hari ini, telah berubah bahwa anggota pemerintah dan pegawai pemerintah akan dibunuh dan berkabung di sana [di Hotel Hayat]. Kami tahu bahwa Gurguurte adalah orang bodoh yang bodoh, yang menyatakan perang melawan kami dan tidak siap untuk itu.”

Pengepungan hotel juga semakin menunjukkan tantangan berat yang masih ada dalam upaya Amerika Serikat untuk membatasi cabang Al-Qaidah tersebut. Serangan hotel itu terjadi saat Amerika Serikat meningkatkan tempo serangan udaranya terhadap cabang Al-Qaidah. Militer AS telah melakukan setidaknya 6 serangan terhadap kelompok itu sejak 3 Juni.

Setidaknya dua dari serangan udara tersebut terkait dengan operasi yang sedang berlangsung yang dilakukan oleh Tentara Nasional Somalia di Wilayah Hiraan tengah Somalia. Operasi-operasi itu pada gilirannya merupakan tanggapan terhadap serangan besar Al-Shabaab baru-baru ini ke wilayah Ethiopia yang dilakukan dari Hiraan dan Bakool di dekatnya.

Dan sementara AS telah meluncurkan ratusan serangan udara terhadap Al-Shabaab sejak 2007, kelompok itu terus melakukan serangan secara efektif di sebagian besar Somalia, termasuk ibu kota yang dijaga ketat.

Pemerintahan Biden mengembalikan pasukan AS ke Somalia awal tahun ini, membalikkan keputusan Administrasi Trump untuk menarik pasukan AS pada akhir 2020. Pemeritahan Biden berpendapat perlu untuk mengembalikan pasukan AS untuk memerangi Al-Shabaab karena kekuatannya tumbuh setelah penarikan awal AS .

Sekitar 500 pasukan operasi khusus AS telah kembali ke Somalia, meskipun misi mereka tetap terbatas pada pelatihan dan pemberian nasihat kepada Tentara Nasional Somalia. Unit yang dilatih AS, termasuk Grup Alpha, salah satu unit kontra-terorisme teratas Somalia, terlibat dalam mengakhiri pengepungan hotel baru-baru ini. Namun, tidak jelas apakah ada personel AS yang memainkan peran penasehat langsung selama serangan balasan.

Meskipun beberapa kemunduran dalam beberapa tahun terakhir, Al-Shabaab terus menjadi salah satu cabang Al-Qaidah yang paling efektif. Meskipun kekayaannya telah surut dan mengalir selama dekade terakhir, mereka telah menunjukkan kapasitas untuk mengatasi berbagai serangan dari berbagai aktor lokal, regional, dan internasional, termasuk Amerika Serikat.

Pengepungan hotel Shabaab, dan lambatnya kemajuan yang dibuat oleh pasukan keamanan Somalia untuk mengakhirinya, dengan demikian bertindak sebagai mikrokosmos untuk konflik melawan kelompok tersebut secara tertulis. Mogadishu, dan dengan perluasan Washington, terus berjuang dalam upaya untuk secara efektif menahan cabang terbesar Al-Qaidah itu sambil maju dengan status quo. (TLWJ)

Caleb Weiss adalah analis riset di Long War Journal FDD dan analis senior di Bridgeway Foundation, di mana ia berfokus pada penyebaran ISIS di Afrika Tengah.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X