Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.146 views

Punjab Rusuh Akibat Kelompok Kristen Lecehkan Al Qur'an

Kerusuhan berlatar belakang SARA terjadi di kota Gojra, kawasan Punjab, Pakistan, Sabtu (1/08/09) kemaren. Tujuh orang ditemukan tewas terbakar, sementara 18 orang lainnya mengalami luka-luka. Kerusuhan ini terjadi karena adanya pelecehan terhadap kitab suci Al Quran oleh beberapa orang Kristen.

Sejumlah massa langsung turun ke jalan dan terkonsentrasi di Gojra untuk mengikuti aksi protes atas pelecehan terhadap kitab Suci Al Quran.

Lebih dari 50 rumah terbakar dan sebuah Gereja rusak parah oleh sekelompok massa yang marah.

Menurut beberapa sumber, kebanyakan rumah dibakar oleh sekelomok pemuda yang datang dengan muka tertutup. Mereka melempar bom-bom molotov dan membakar secara membabibuta. Tidak diketahui dengan pasti siapa sebenarnya orang-orang bertopeng itu.

Setelah muncul asap kebakaran, selanjutnya sejumlah massa langsung turun ke jalan dan terkonsentrasi di Gojra untuk mengikuti aksi protes atas pelecehan terhadap kitab Suci Al Quran.

Sejumlah aparat diturunkan ke daerah kerusuhan atas perintah pemerintah federal.
Partai-partai berbasis agama mengadakan pertemuan publik di Malkanwala Chowk, setelah ratusan massa yang marah ini mengadakan konvoi, long-march menuju daerah-daerah pemukiman non muslim.

Insiden bermula dari adanya pelecehan yang dilakukan di Mehndi pada sebuah acara pesta perkawinan sebuah keluarga Kristen. Tiga orang yakni Mukhtar Masih, Talib Masih, dan anaknya Imran Masih, menyirami dan menaburi kertas-kertas di depan undangan. Kertas-kertas ini ditebar-tebarkan ke atas. Kertas-kertas itu berisi ayat-ayat suci Al Quran. Ketiga orang itu melakukannya untuk mengekspresikan sorak sorai kegembiraan pada acara itu.

Ketika informasi tersebut sampai ke telinga umat Islam, maka diadakan sebuah pertemuan di desa muslim, dimana Talib masih diminta untuk datang meminta maaf. Namun, oleh Talib undangan itu ditolaknya. ia menolak datang. Hal ini memprovokasi masyarakat muslim dan ratusan orang lainnya menyerang Azafi Basti, sebuah daerah komunitas Kristen.

Melihat kedatangan massa dalam jumlah besar, beberapa warga Kristen justru melawan dan memprovokasi serta menyambut massa yang marah dengan tembakan senjata api. Akibatnya, 10 orang muslim luka-luka.

Polisi tidak mampu mencegah demonstran yang memasuk pemukiman Kristen. Kebanyakan penghuni rumah yang dibakar telah melarikan diri, sedangkan tujuh orang diantara masih berada di dalam rumah dan ditemukan tewas terbakar.
Mereka teridentifikasi Hameed Maseeh, 50, Asia Bibi, 20, Asifa Bibi, 19, Imamia Bibi, 22, Musa, 7, Akhlas Maseeh, 40, dan Parveen, 50.

Hingga saat ini, ketiga provokator Kristen belum ditangkap oleh pihak kepolisian meskipun mereka telah ditetapkan sebagai tersangka karena pihak kepolisian masih menunggu laporan selesai terlebih dahulu.

Kelompok minoritas Kristen mengatakan bahwa mereka tidak akan mengambil dan mengubur korban-korban yang tewas terbakar sampai Kepala Menteri Punjab, Shahbaz Sharif, mengunjungi mereka dan pemukiman mereka serta bersedia memberi jaminan perlindungan hidup dan harta mereka.

[zq/voa-islam/dawn/bbs]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Jum'at, 12/04/2024 13:42

Generasi Enggan Menikah, Apa yang Salah?