Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.988 views

Tahanan Xinjiang Sekarang Lebih Dari 1500 Orang

Polisi China baru-baru ini menahan 319 orang sampai akhir bulan kerusuhan di Xinjiang, menurut laporan kantor berita negara.

Ini menunjukkan jumlah total orang yang telah di tahan mencapai lebih dari 1500 orang walaupun tidak jelas berapa banyak orang yang telah di lepaskan.

Kekerasan antara Suku Muslim Uighur dan Komunis China Han mengakibatkan 200 orang lebih tewas.

Sementara itu, Beijing mengklaim bahwa keluarga aktivis Uighur yang di asingkan, Rabiya Kadeer, telah menulis surat mengkritiknya terlibat dalam kerusuhan.

Beijing telah berulang kali menyalahkan Rabiya Kadeer, pemimpin Kongres Dunia Uighur, karena memicu kekerasan, sebuah klaim yang selalu di sangkalnya dengan keras.

Seorang juru bicara untuk kongres mengatakan surat tersebut palsu.

Kerusuhan Yang Membara.

Kerusuhan di Xinjiang merupakan kerusuhan entis terburuk yang terjadi di China pada dekade ini.

Kerusuhan di mulai pada 5 July selama  protes atas keributan di Selatan China dimana 2 orang Muslim Uighur tewas.

Pemerintah China mengatakan 197 orang tewas pada saat kerusuhan dan lebih dari 1700 orang terluka.


Pemerinta China mengatakan kebanyakan yang tewas adalah dari suku Han China. tetapi Kongres Dunia Uighur mengklaim bahwa lebih banyak Muslim Mighur yang terbunuh.


Kebanyakan yang di tahan baru-baru ini sebagai hasil dari sebuah introgasi dari masyarakat, kata Xinhua.

Setelah kerusuhan, media lokal mempublikasikan daftar orang-orang yang di cari dan orang mendesak masyarakat untuk menyerahkan tersangka yang masih bersembunyi.

Tidak jelas jumlah mereka yang di tahanan lebih banyak dari Muslim Uighur atau Han, atau jika di antara mereka telah di tahan atau di lepaskan.

Surat Anak-anak.

Sebagai Kepala Kongres Dunia Uighur, Rabiya Kadeer selalu di tuduh oleh pemerintah China biang kerusuhan di Xinjiang, dan di salahkan sebagai dalang kerusuhan July.

Menurut media China, anak lelaki dan perempuan Rabiya Kadeer, Khahar dan Roxingul, serta adik laki-laki mereka Memet telah menulis surat menyalahkan ibu mereka atas kerusuhan tersebut.

"Karena kamu, banyak orang tidak bersalah dari semua kelompok suku kehilangan hidup mereka di Urumqi pada 5 July, dengan kerusakan besar rumah, toko dan kendaraan," Xinhua mengutip yang di katakan sebuah surat.

"Kami ingin hidup aman dan damai, tolong pikirkan kebahagiaan kami dan cucu anda. Jangan rusak hidup bahagia kami di sini, jangan ikuti provokasi dari beberapa orang di negara-negara lain.

Sulit untuk membuktikan keaslian surat-surat tersebut, tetapi Dilxat Raxit, seorang juru bicara untuk Kongres Dunia Uighur yang berbasis di Jerman, denga cepat menolak itu sebagai fakta.

Tidak mungkin bahwa salah satu anggota keluarganya akan menulis surat seperti itu, katanya kepada wartawan.

5 dari 11 anak Rabiya Kadeer masih tinggal di Xinjiang, dan menurut kelompok hak asasi manusia mereka telah mengalami berbagai macam pelecehan di sebabkan aktivitas ibu mereka.

Anak tertuanya, Khahar, di laporkan di denda dan di paksa menutup bisnis ibunya dan dua orang anaknya yang lain telah di penjara, karena pajak, yang lainya karena kegiatannya untuk memisahkan diri dari China.(aa/bbc)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X