Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.352 views

Takut di Tangkap, Pejabat Israel Batalkan Kunjungan ke Inggris

DUbai - Wakil Perdana Menteri Isreal Moshe Yaalon membatalkan rencana kunjungannya ke Inggris karena khawatir akan ditangkap atas kemungkinan tuduhan kejahatan perang terhadap warga Palestina di Gaza, kata juru bicaranya pada hari Senin.

Yaalon, mantan 'kepala staf pasukan pertahanan, diperingatkan oleh penasihat hukumnya akan kemungkinan tuduhan atas keterlibatannya dalam pembunuhan pemimpin Hamas yang menewaskan 14 orang lainnya tahun 2002 dan ia membatalkan kunjungan ke London untuk menghadiri acara amal bulan depan.

Kampanye Solidaritas Palestina (PSC), organisasi terbesar di Inggris berkampanye untuk solidaritas bagi rakyat Palestina, menyambut keputusan Yaalon, mengungkapkan bahwa "penjahat perang sekarang gugup menginjak kakinya di wilayah Inggris.

"keputusan Yaalon adalah hasil dari kampanye 'tekad dalam upaya untuk membawa penjahat perang Israel ke pengadilan" Kata Sarah Colborne Direktur Kampanye dan Operasi di PSC.

Keputusan Yaalon datang setelah upaya oleh beberapa pengacara agar pengadilan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak awal pekan ini.

Dia mengatakan kepada Al Arabiya bahwa "PSC mengeluarkan pernyataan yang kemudian mengekspresikan keprihatinan mengenai surat tentang status khusus Ehud Barak yang tampaknya diberikan kepada seorang hakim untuk menghindari penangkapan sebelum tiba di Inggris" untuk sebuah konferensi Partai Buruh.

Dalam siaran pers PSC melaporkan bahwa "Barak diselamatkan dari penahanan setelah Kementerian Luar Negeri Inggris merubah kunjungannya dari pribadi menjadi 'status khusus' - yang memberinya kekebalan diplomatik dari dakwaan kejahatan perang."

Penjahat perang Israel tidak boleh dibiarkan untuk datang ke Inggris, dan berjalan bebas tanpa hukuman

"Penjahat perang Israel tidak boleh dibiarkan untuk datang ke Inggris, dan berjalan bebas tanpa hukuman. Kami berkomitmen untuk membawa mereka yang bertanggung jawab atas kejahatan perang terhadap orang-orang Palestina demi keadilan, "tambah Colborne.

Yuridiksi Universal

Beberapa pejabat Israel telah diancam dengan tindakan hukum di Inggris di bawah hukum "yurisdiksi universal," yang memungkinkan penuntutan para pelaku kejahatan terhadap kemanusiaan di mana pun mereka ditemukan.

Kelompok-kelompok pro-Palestina bahkan menggunakan the principle in Spain.

Pengacara untuk 16 orang Palestina meminta sebuah surat perintah penangkapan bagi Ehud Barak pada sebuah pengadilan Inggris  atas tuduhan kejahatan perang di Gaza tetapi hakim sebuah pengadilan di distrik kota Westminster menolak tuntutan mereka. Para Pengacara meminta surat perintah di bawah Undang-Undang Hukum Pidana tahun 1988 yang memberikan yuridiksi universal pada pengadilan di Inggris dan Wales  dalam kasus-kasus kejahatan perang.

Kelompok advokasi meminta penangkapan Barak atas perannya dalam serangan 22-hari di Gaza pada akhir tahun lalu, yang mengakibatkan kematian 1.400 orang Palestina dalam tiga minggu.

Serangan udara, darat, laut Israel untuk memiskinkan Gaza berulang kali dikecam oleh organisasi hak asasi manusia sebagai kejahatan perang dan yang terbaru adalah Goldstone Report, yang dikeluarkan oleh Komite Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, juga melabeli perang tersebut sebagai sebuah "ketidakadilan."

Israel secara konsisten menolak tuduhan pembunuhan sasaran sipil Palestina, tapi ancaman berulangkali tindakan hukum terhadap para pejabat-pejabatnya di Inggris cukup mengkhawatirkan

Israel secara konsisten menolak tuduhan pembunuhan sasaran sipil Palestina, tapi ancaman berulangkali tindakan hukum terhadap para pejabat-pejabatnya di Inggris cukup mengkhawatirkan hingga mendesak Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu mengangkat isu tersebut dengan Perdana Menteri Inggris Gordon Brown Agustus lalu.

"Ada berbagai macam jenis pengacara di negeri ini yang tertarik pada membawa tuduhan terhadap penjahat perang," Colborne menyimpulkan. (arby)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X