Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.313 views

Pasukan Keamanan Serbu Madrasah di Thailand Selatan

Pasukan keamanan berkekuatan 200 orang menyerbu madrasah untuk mencari puluhan pelajar dan guru berkaitan dengan bahan bom di wilayah bergolak Thailand selatan pada Senin, kata pejabat tentara.

Sekitar 200 anggota angkatan bersenjata melakukan penggeledahan di daerah Bacho di propinsi Narathiwat pada Senin dinihari sebelum menahan satu guru, kata kapten angkatan laut Naruemit Suksmitti, yang terlibat dalam gerakan itu.

"Empatpuluh delapan siswa dan satu guru digelandang untuk bahan bom," katanya.

"Petugas menahan guru itu sesudah menemukan bahan bom padanya. Buku tentang bom jibaku juga ditemukan di rumahnya. Para siswa itu dibebaskan," tambahnya.

Propinsi berpenduduk sebagian besar suku Melayu di selatan --Narathiwat, Pattani, Yala dan beberapa bagian Songkhla-- sejak Januari 2004 dilanda perlawanan berdarah pimpinan pejuang Melayu bayang-bayang, yang tidak pernah mengumumkan tujuan mereka.

Mereka sering menyerang dengan penembakan dan pemboman.

Pada Selasa lalu, serangan senjata, granat dan bom mobil kuat di dua rumahmakan dan satu hotel di kota perbatasan Narathiwat menewaskan lima orang dan melukai lebih dari 35 lagi.

Lebih dari 3.900 orang tewas dalam lima tahun belakangan di daerah itu, yang merupakan kesultanan mandiri Melayu sampai 1902.

Wilayah itu kemudian dicaplok Thailand, yang berpenduduk sebagian besar suku Siam, memicu berdasawarsa ketegangan.

Laporan dari kelompok pemikir International Crisis Group pada awal tahun ini menyatakan pejuang Thailand selatan membibit dan menggarangkan pemuda Melayu dari madrasah.

Lebih dari 30.000 tentara ditempatkan di wilayah selatan itu, tidak melakukan gerakan untuk menghancurkan gerilyawan bayangan tersebut sampai gerakan Senin tersebut.


Guru sering menjadi sasaran di wilayah itu, karena dianggap gerilyawan Melayu sebagai bagian dari usaha pemerintah pusat di Bangkok untuk menerapkan kebudayaan Siam.

Wilayah berbatasan dengan Malaysia itu hanya beberapa jam dengan mobil dari beberapa pantai Thailand, yang terkenal di kalangan wisatawan.

Kekerasan meningkat saat suku Melayu berjuang mendapatkan swatantra dari Thailand.

Sebagian besar penduduk Melayu setempat menentang kehadiran puluhribuan polisi, tentara dan pengawal Siam bersenjata milik negara di wilayah kaya karet itu.

Pejuang Melayu berjuang melawan pemerintah pada 1970-an dan 1980-an, namun berhenti dengan pengampunan bagi pejuang.

Tidak satu pun kelompok menyatakan bertanggungjawab atas setiap serangan itu.

Pejuang Melayu bayang-bayang, yang belum pernah mengumumkan tujuan mereka, menyasar warga Melayu dan Siam, baik penduduk maupun anggota pasukan keamanan, termasuk relawan pertahanan.

Relawan pertahanan dilatih dan dipersenjatai oleh negara untuk melindungi penduduk dari pejuang.

Mereka biasa menyerang dengan senapan dan bom, tapi juga menggunakan cara mengerikan, seperti, pengayauan dan penyaliban.

Kekerasan meningkat selama bulan puasa Ramadan tahun ini di propinsi bergolak Thailand selatan itu, tapi serangan turun secara singkat selama liburan Idul Fitri.

Wakil perdana menteri Thailand, Suthep Thaugsuban, ke Yala pada Senin bersama pemimpin tentara Anupong Paochinda untuk menyampaikan rencana pemerintah membangun wilayah selatan itu.

Kelompok bersenjata membunuh tiga warga Melayu dalam serangan terpisah di daerah bergolak Thailand selatan, kata polisi setempat pada Senin.

[voa-islam/EBaru]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 14/05/2024 09:10

Runtuhkan Zionis, Rebut Baitul Maqdis!