Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.347 views

Tak Ada Lafaz ''Cerai Talak Tiga'' dalam Bai'at PAS

Kuala Lumpur, Malaysia (Voa Islam) – Partai Islam Malaysia (PAS) mengeluarkan siaran pers tadi pagi (13/11), bahwa bai’at (sumpah setia) anggota legislatif dengan lafaz “akan menceraikan istri-istri mereka jika mereka keluar dari partai,” bukanlah lafaz resmi partai itu.

Klarifikasi dibuat oleh Sekretaris Pusat PAS, Datuk Mustafa Ali, setelah menyelidiki tuduhan tersebut, seperti yang diperintahkan Presiden Pas Datuk Seri Tuan Guru Hj. Abdul Hadi Awang. Menurutnya, seluruh provinsi mengucapkan sumpah setia dengan lafaz resmi PAS, meski ada perbedaan sedikit, khusus bagi wakil rakyat mereka di Selangor.

"Presiden menegaskan, ‘sumpah talak tiga’ ini tidak berlaku dan dia minta saya menyelidiki semua provinsi. Semua provinsi mengikut kebijakan pusat kecuali Selangor, ada perbedaan sedikit." jelasnya.

Bai’at yang dilakukan PAS itu sekadar mekanisme untuk mengikat  para anggota legislatif partai agar mereka tidak mengkhianati amanah partai dan perjuangan partai yaitu Islam...

Dalam siaran pers tersebut, Mustafa turut mempublikasikan beberapa salinan sumpah resmi PAS yang digunakan Abdul Hadi, beliau sendiri dan Mohammad Sabu.

Semuanya adalah sama dan sama sekali tidak menyebutkan 'cerai talak tiga' kecuali yang ada hanya lafazh laknat jika mengkhianati partai.

"Wallohi wa billahi wa tallohi. Bahwa saya, Hj. Mustafa bin Ali yang diamanahkan oleh Partai Islam Se-Malaysia (PAS) untuk maju dalam PEMILU ke-12 dalam kawasan DUN N17 Alor Limbat, bersumpah dengan nama Allah, baik saya menang atau kalah di dalam PEMILU ini, saya tidak akan mengkhianati partai dan perjuangan partai ini, yaitu Islam. Jika saya mengkhianati partai dan perjuangan ini (yaitu Islam), maka saya akan dilaknat oleh Allah, para Malaikat dan para pelaknat, " inilah lafazh bai'at resmi yang dibaca di hadapan wartawan.

Bai’at yang dilakukan PAS itu sekadar mekanisme biasa untuk mengikat dan memastikan para anggota legislatif partai agar mereka tidak mengkhianati amanah partai. "Oleh karena PAS memperjuangkan Islam, maka menggunakan bai’at, sama seperti BN sendiri. Wakil rakyat yang menang diminta tandatangan satu surat tanpa tanggal yang ditujukan kepada juru bicara (Dun dan Parlemen), yang berisi pemberitahuan bahwa dia meletakkan jabatan. Jadi, Surat itu digunakan jika wakil rakyat pindah partai,” jelasnya.

“Perbedaan bai’at PAS Selangor dengan provinsi lain, mungkin disebabkan kekhawatiran para wakil rakyat agar dibeli BN di kemudian hari,” tambahnya. "Ada kebimbangan akan ada wakil rakyat pindah partai sebab yang beli biasa partai pemerintah (Umno dan BN)."

Kepada para pemimpin PAS yang menggunakan media untuk mengulas isu “bai’at talak tiga”, Mustafa meminta agar tidak memperkeruh keadaan lagi.

Beliau juga meminta media agar tidak memanjangkan isu tersebut, setelah mendengar penjelasannya hari ini. (av/voa-islam/source: hd)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 15/05/2024 17:07

Punya Musuh