Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.885 views

Wazirstan Utara, Surga Baru Bagi Pejuang Asing dan Taliban Pakistan

Islamabad (Voa-Islam.com) - Mereka tidak pernah ditaklukkan, tidak peduli apapun yang diklaim Pakistan bahwa mereka telah dikalahkan. Sebaliknya, para pejuang Taliban dan Al-Qaida hanya berpindah ketempat baru. Dan mereka masih berada didekat perbatasan Afghanistan.

Beberapa bulan setelah pasukan Pakistan mengusir mereka dari Waziristan Selatan, para pejuang Al-Qaeda dan Taliban ini telah membentuk basis baru jauh di utara, di bawah perlindungan seorang pemimpin pejuang yang telah memutuskan kesepakatan dengan tentara Pakistan, menurut laporan para warga, para militan dan dari koresponden Associated Press yang mengunjungi wilayah tersebut baru-baru ini .

Para pejuang tersebut- termasuk orang Arab, Chechen, dan Uzbek - berlalu-lalang melalui pasar-pasar, seringkali kerestoran dan sering menonton film-film jihad atau surfing web di kafe-kafe Internet, sedangkan senjata mereka bersandar diatas meja. Pasukan Pakistan melambaikan tangan mereka melalui pos-pos pemeriksaan meskipun mereka bersenjata dengan senapan serbu dan peluncur roket.

Ini adalah tempat VIP baru di wilayah Pakistan yang paling berbahaya, Waziristan Utara.

Gelombang dari para pejuang ini di Waziristan Utara dalam beberapa bulan terakhir menambah tekanan pada tentara untuk melancarkan serangan di sana, dan menimbulkan pertanyaan atas kebijakan pembuatan perjanjian dengan Gul Bahadur dan para komandan pejuang Muslim lainnya yang mengancam pasukan Amerika Serikat di Afghanistan, tetapi tidak menyerang sasaran-sasaran di Pakistan.

..Para pejuang tersebut- termasuk orang Arab, Chechen, dan Uzbek - berlalu-lalang melalui pasar-pasar, seringkali kerestoran dan sering menonton film-film jihad atau surfing web di kafe-kafe Internet, sedangkan senjata mereka bersandar diatas meja..

Bahadur setuju untuk tidak membantu sesama pejuang Muslim selama serangan tahun lalu di Waziristan Selatan sebagai bagian dari kesepamahaman yang dicapai dengan tentara. Sebagai gantinya, tentara tidak akan menyerang wilayahnya di utara. Sekarang tampak bahwa perjanjian ini telah menjadi bumerang pada tentara, memungkinkan para militan yang dianggap Pakistan sebagai ancaman terhadap keamanan untuk berkumpul kembali di tanah Bahadur.

Pihak militer mengatakan mereka tidak bergerak ke Waziristan Utara karena tidak memiliki cukup pasukan untuk melakukan serangan secara efektif. Namun para kritikus mengatakan pasukan Pakistan sedang menahan diri karena tidak ingin memutuskan aliansi dengan faksi pejuang yang berperang tepat di seberang perbatasan di Afghanistan, percaya bahwa para pejuang Muslim suatu hari akan melayani kepentingan Pakistan di sana.

Itu membuat Waziristan Utara suatu tujuan memikat bagi para pejuang, meskipun rudal Amerika secara teratur menghantam daerah tersebut. Semua kecuali dua dari 27 serangan rudal yang ditembakkan dari pesawat tanpa awak drone sejak Januari telah mencapai target di sebelah utara, menurut hitungan oleh AP.

Taliban Pakistan, para pejuang dari Arab dan Uzbek yang baru tiba dari Waziristan Selatan sekarang sering terlihat di kota-kota besar di utara, Mir Ali dan Miramshah, yang berada di bawah kendali Bahadur, menurut warga di sana dan dua wartawan AP di daerah tersebut.

Taliban Pakistan juga telah mendirikan pusat komando dan kontrol di pasar Mir Ali, di mana mereka berkomunikasi melalui radio dengan kelompok lain di daerah suku, para saksi mengatakan.

Menanggapi kedatangan "para tamu" dari Waziristan Selatan, salah seorang ajudan Bahadur mengatakan "Dalam adat suku dan tradisi, kita terikat untuk menjadi tuan rumah bagi saudara dari Waziristan Selatan. Kita seperti saudara dan kami saling mendukung," katanya. "Kami tidak punya kekhawatiran bahwa sikap kita terhadap Taliban Pakistan di daerah kami akan mengundang serangan tentara. Mengapa haru seperti ini? Baik Kami maupun orang-orang Taliban Pakistan telah menyebabkan masalah untuk tentara di Waziristan Utara."

Sebelum meluncurkan serangan di Waziristan Selatan, tentara Pakistan mengakui melanggar perjanjian dengan Bahadur.

..kita terikat untuk menjadi tuan rumah bagi saudara dari Waziristan Selatan. Kita seperti saudara dan kami saling mendukung," katanya.

Pada hari Rabu, jurubicara militer Pakistan Mayor Jenderal Athar Abbas membantah tentara punya kesepakatan yang sedang berlangsung dengan Bahadur untuk tidak menyerang wilayah itu, dan mengatakan pemerintah daerah mungkin memiliki pengaturan dengan para pemimpin suku di wilayah itu untuk menjamin perdamaian di sana.

Tapi analis keamanan dan para penduduk membantah hal ini, mengatakan jelas ada gencatan senjata sejenis di wilayah ini.

Abbas berkeras tentara tidak menyerahkan utara kepada militan, mengatakan tentara yang berjumlah sekitar 25.000 pasukan ditempatkan di sana yang melakukan operasi skala kecil, target operasi terhadap para pemberontak.

Setiap operasi tersebut jarang dilaporkan.

Taliban Pakistan menyebarkan selebaran dua bulan lalu memanggil para pejuang mereka untuk menghindari aktivitas "kriminal" dan campur tangan dalam urusan internal daerah.

Tentara mulai beroperasi di Waziristan Selatan pada bulan Oktober melawan Taliban Pakistan, kelompok pejuang Muslim yang mengaku bertanggung jawab atas banyak ratusan bom bunuh diri yang menimpa negara tersebut selama dua tahun terakhir.

Operasi ini merebut kembali daerah tersebut dalam waktu sekitar dua bulan, namun sebagian besar pejuang dapat selamat dan tidak ada seorangpun dari para komandan mereka yang ditangkap atau dibunuh.

Di Washington, seorang pejabat senior militer mengkonfirmasi bahwa para pejuang menyebar dari Waziristan Selatan, termasuk beberapa di utara dan yang lainnya ke Afghanistan. Mereka termasuk pejuang asing, katanya pada kondisi namanya rahasiakan karena melibatkan intelijen.

Militer sejak diluncurkan operasi udara dan darat di daerah kesukuan Orakzai, di mana ia mengatakan banyak dari mereka yang melarikan diri Waziristan Selatan telah tewas. Tetapi beberapa analis mengatakan mereka meyakini bahwa Waziristan Utara juga merupakan rumah bagi sebagian besar pejuang, termasuk para pemimpin mereka.

..dia dan sekutunya para pemimpin pejuang Muslim lain di utara, di antara mereka Jalaluddin Haqqani, secara teratur mengirimkan orang untuk melawan Amerika Serikat dan pasukan NATO di Afghanistan..

"Taliban menerima deklarasi perlindungan dan tempat tinggal di Waziristan Utara. Masalahnya sekarang untuk berapa lama ini dapat dipertahankan," kata Imtiaz Gul, direktur Pusat Penelitian dan Studi Keamanan di Islamabad. "Jika Anda melihat menigkatnya tindakan antara Pakistan dan militer AS, akan sulit bagi Gul Bahadur untuk menjaga orang-orang tersebut dan tidak diganggu."

Bahadur, yang pasukan tidak melakukan serangan di Pakistan, dianggap sebagai "Taliban yang baik" oleh badan-badan keamanan Pakistan. Tapi dia dan sekutunya para pemimpin pejuang Muslim lain di utara, di antara mereka Jalaluddin Haqqani, secara teratur mengirimkan orang untuk melawan Amerika Serikat dan pasukan NATO di Afghanistan.

Tapi sebuah uptick dalam pemboman dalam beberapa pekan terakhir di kota-kota Pakistan setelah tiga bulan yang relatif tenang akan menambah panggilan untuk tindakan di utara.

"Serangan selama beberapa hari terakhir ini berarti Taliban telah tertata kembali," kata Mahmood Shah, seorang mantan kepala keamanan untuk wilayah kesukuan Pakistan. "Saya memahami kompleksitas meluncurkan operasi di Waziristan Utara, tapi saya pikir ini akan menjadi suatu keharusan."

Beberapa warga mengatakan mereka melihat tanda-tanda bahwa serangan militer bisa datang - dari tentara memperbaiki pos-pos pemeriksaan di jalan-jalan yang sebelumnya ditinggalkan, untuk pejuang Taliban Pakistan yang menggunakan wilayah utara sebagai markas.

"Setelah operasi militer di Waziristan Selatan kami telah melihat orang-orang Arab, Uzbek dan Taliban Pakistan di pasar Miran Shah," kata seorang guru sekolah di kota dekat perbatasan Afghanistan. "Saya senang dengan kesepakatan antara Gul Bahadur dan Pakistan, tapi saya takut operasi militer lain di daerah kami ketika aku melihat orang-orang ini bebas berkeliaran." (dawn)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X