Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.517 views

Mungkinkah Hukum Syariah Dimasukkan dalam Sistem Hukum Denmark?

KOPENHAGEN (voa-islam.com): Kaum Muslimin di Denmark melakukan nikah, thalaq, dan menjalani kehidupan mereka dengan hukum, budaya dan tradisi yang diatur khusus dengan hukum Syariah.

Sistem hukum di Denmark harus lebih mempertimbangkan hal tersebut, kata tiga orang profesor dalam bidang hukum dan Islam, yang memberikan kontribusi tulisan mereka pada sebuah buku berbahasa Inggris baru mengenai persepsi "Syariah di Eropa" - sebuah buku yang berpendapat mengenai solusi itu.

"Itu masalah keadilan dasar. Jika fleksibilitas hukum tidak dilakukan dari kasus ke kasus, di mana budaya masyarakat, agama dan tradisi - termasuk elemen dari Syariah juga diperhitungkan, maka beberapa orang akan dikecualikan dalam masyarakat dari hak yang sama terhadap sistem peradilan "kata Jørgen S. Nielsen, profesor dari Universitas Islam di Kopenhagen.

Sebagai contoh, ia mengatakan bahwa banyak muslim hanya menikah dengan perkawinan Islam, pernikahan mereka hanya disahkan secara agama dan tidak diakui oleh otoritas Denmark. Jika si wanita dalam perkawinannya kemudian ingin bercerai, dia tidak dapat mengharapkan bantuan dari pihak berwenang.

...banyak muslim hanya menikah dengan perkawinan Islam, pernikahan mereka hanya disahkan secara agama dan tidak diakui oleh otoritas Denmark...

Kemudian dia terjebak dengan hal itu, kata Jørgen Nielsen S. Pengadilan harus melihatnya seperti kemitraan lain dan menangani kasus perceraian seperti ini dengan cara yang lebih. Jika tidak, itu hanya jadi sanksi penindasan perempuan - yang sama sekali bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar Denmark.

Tetapi jika hukum Denmark tidak mengakui pernikahannya, apa yang mencegah dia dari hanya pergi begitu saja meninggalkan suaminya?

Aspek budaya ikut bermain di sini. Jika dia hanya meninggalkan suaminya, ia menghadapi sendiri risiko yaitu dikucilkan dan kehilangan lingkaran sosial. Yang paling penting, dia tidak mungkin untuk menemukan suami lain dalam komunitas sendiri, karena mereka masih akan melihat ia masih sah dinikahi, jelas Jørgen S. Nielsen.

Sistem hukum Denmark juga dapat mengambil perbedaan budaya dan agama lebih ke pertimbangan di bidang kompensasi. Jika seseorang, misalnya, menuduh istrinya tidak perawan di pernikahan mereka, itu penghinaan yang lebih besar bagi wanita Muslim daripada seorang wanita Denmark Kristen. Dan itu harus tercermin dalam kompensasi untuk kasus pencemaran nama baik, kata Jørgen S. Nielsen, yang menambahkan bahwa itulah kenapa hukum keluarga, khususnya di mana sistem pengadilan yang lebih fleksibel diperlukan.

Itu tidak berarti bahwa Syariah harus dimasukkan sebagai suatu sistem, atau harus ada pengadilan khusus keluarga muslim. Budaya dan agama harus diberikan pertimbangan dalam sistem hukum yang ada, dia menekankan.

Hanne Petersen, profesor budaya hukum di Universitas Kopenhagen, dan Lisbet Christoffersen, profesor agama, hukum dan masyarakat di Universitas Roskilde dan profesor Gereja dan hukum agama di Universitas Kopenhagen, setuju dengan pendapat Jørgen S. Nielsen tersebut.

"Ini bukan tentang kami memperkenalkan KUHP Syariah dengan hukum rajam. Tetapi kita harus menghadapi kenyataan bahwa ada orang yang tinggal di samping sistem hukum Denmark, yang hidup dengan peraturan dan norma-norma yang berasal dari Syariah," Kata Lisbet Christoffersen.

Jadi, mungkinkah hukum Islam disisipkan dalam sistem hukum Denmark? [za/Kristeligt-Dagblad]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X