Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.324 views

RPK : ISA Hanya Alat Untuk Menakuti Masyarakat

London (Voa-Islam.com) - Dua kali-ditahan tanpa tuduhan atau pengadilan di bawah Internal Security Act (ISA), blogger kontroversial asal Malaysia Raja Petra Kamarudin mengatakan kemarin bahwa hukum itu (ISA-Red) telah hidup lebih lama daripada manfaatnya.

Menggambarkan bagaimana hukum itu diajukan oleh wakil perdana menteri waktu itu, Tun Abdul Razak Hussein pada tahun 1960 untuk memerangi teroris komunis (CT), ia menambahkan bahwa sekarang ISA hanyalah alat politik yang digunakan oleh pemerintah Barisan Nasional, partai yang berkuasa di Malaysia saat ini.

Raja Petra, yang menulis untuk portal web Malaysia Today, menegaskan bahwa gagasan bahwa ISA adalah peninggalan dari pemerintah kolonial Inggris itu adalah sebuah mitos.

"Partai berkuasa bertanya mengapa kita mengeluh ketika ISA yang memperkenalkan adalah Inggris?. Namun, ISA diajukan pada tahun 1960 dan Malaysia telah merdeka pada tahun 1957, "kata blogger yang dikenal secara luas dengan inisial namanya RPK, di ruang pertemuan BPP Law School saat menjadi tamu pembicara atas undangan dari Pengacara 'Kelompok Hak Asasi Manusia Internasional (SIHRG).

..sekarang ISA hanyalah alat politik yang digunakan oleh pemerintah Barisan Nasional, partai yang berkuasa di Malaysia saat ini..

Dalam penampilan publik pertama sejak pengasingannya dirinya yang dipaksakan lebih dari setahun yang lalu, ia menggambarkan bagaimana anggota parlemen oposisi saat itu bahkan telah mendukung rancangan undang-undang tersebut setelah jaminan dari Abdul Razak, yang juga menteri dalam negeri, bahwa ISA hanya akan digunakan untuk memerangi pemberontakan komunis .

"Tapi setelah perjanjian 1989 di Haadyai, partai komunis tidak ada lagi. Situasi darurat tidak ada lagi. Tapi kita masih resmi di bawah situasi darurat karena ISA adalah sebuah hukum darurat dan pemerintah masih dapat menggunakannya meskipun itu melanggar konstitusi, "katanya, merujuk pada pasal-pasal yang memberikan peradilan yang adil untuk warga negara Malaysia.

Berpendapat bahwa ISA sekarang hanya digunakan untuk membungkam para pengkritik dan untuk menyimpan rahasia, dia mengutip perdana menteri waktu itu, Tun Dr Mahathir Mohamed ketika menyatakan bahwa serangan teroris pada 11 September 2001 tidak akan terjadi jika AS memiliki undang-undang seperti ISA sebagaimana itu akan mencegah berbagai kejahatan.

"Anda menggunakannya untuk menahan orang-orang sebelum mereka melakukan kejahatan. Kami menahan mereka sementara mereka memikirkan hal itu. Jadi itu mencegah Anda dari berpikir (melakukan sesuatu-red).

"Sebelumnya, ISA mencegah Anda dari menembak dan pemboman. Hari ini, ISA mencegah anda Anda memiliki pikiran. Jadi Anda memiliki sebuah bangsa robot, "tambahnya.

Dia menggambarkan bagaimana ketika ia berbicara dengan banyak orang Malaysia, mereka akan mengatakan bahwa pemerintah itu "mengerikan" tetapi ketika diminta untuk memilih oposisi, mereka akan menjawab, "Nanti kena ISA (kami akan ditangkap di bawah ISA)."

..dalam penahanan ISA selama 60-hari, seseorang akan dibuat untuk mengakui kejahatan, untuk menunjukkan kerjasama, kemudian menjalani proses penyiksaan, "merubah" dan "meninggalkan kasus Anda..

Blogger buronan, yang melarikan diri dari persidangan pidana hasutan dan pencemaran nama baik serta pengajuan banding  pemerintah terhadap pembebasan ISA dirinya, yang ia klaim tidak didengar secara wajar, mengatakan ISA telah efektif ditanam "politik ketakutan" pada orang-orang Malaysia.

Bahkan dia menambahkan bahwa pengadilan-pengadilan di Malaysia dari waktu ke waktu  menyatakan bahwa ISA telah hidup lebih lama dibanding manfaatnya, termasuk tulisan suksesnya dari corpus habeas terhadap penahanan dirinya pada tahun 2001.

Raja Petra lebih lanjut menggambarkan bagaimana dalam penahanan ISA selama 60-hari, seseorang akan dibuat untuk mengakui kejahatan, untuk menunjukkan kerjasama, kemudian menjalani proses penyiksaan, "merubah" dan "meninggalkan kasus Anda."

"Kami mengakui segala sesuatu - termasuk pembunuhan Kennedy," candanya, merujuk pada pembunuhan mantan presiden AS John F. Kennedy pada tahun 1963.

Dia mengatakan bahwa beberapa dari mereka yang "berubah" akan  menjadi kuda Troya, menyinggung secara khusus Anggota Parlemen PKR Zulkifli Noordin, yang baru-baru ini dipecat, sering berselisih dengan pemimpin Pakatan Rakyat lainnya.

"Mereka di sana untuk menciptakan kontroversi dan tetap menjadi duri dalam daging oposisi," katanya. (tmi)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X