Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.691 views

Jenderal Baru AS, Perang di Afghanistan Masuki Tahap Kritis

Kabul (Voa-Islam.com) - Sembilan tahun sudah invasi pasukan asing pimpinan AS terhadap pemerintahan sah Taliban di Afghanistan berlangsung, namun tanda-tanda kemenangan mereka terhadap para pejuang Islam tidak pernah nampak didepan mata. Kemenangan tersebut terkesan semakin menjauh seiring meningkatnya instenstas serangan dari para pejuang Islam terhadap pasukan asing dan sekutunya, sehingga memunculkan pernyataan dari komandan tertinggi AS dan NATO di Afgahnistan yang baru, Jenderal David Patraeus bahwa saat ini mereka tengah mengalami saat-saat yang kritis dalam perang menghadapi pejuang Islam di negara tersebut.

Perang sembilan tahun di Afghanistan telah mencapai tahap kritis, demikian Jenderal Amerika Serikat David Petraeus mengatakan pada hari Minggu, saat ia secara resmi mengambil alih komando 150.000 pasukan NATO memerangi pejuang Taliban yang meningkat.

"Kami terlibat dalam pertarungan keras. Setelah bertahun-tahun perang, kita telah tiba pada saat yang kritis," kata Petraeus kepada para tamu pada acara serah terima komando pimpinan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) NATO di markas pusat Kabul.

"Kita semua mengakui bahwa ancaman itu adalah Taleban, Al-Qaeda dan sekutu pejuang Islam terkait lainnya bagi negara ini, kawasan ini dan dunia," katanya.

Petraeus pekan lalu ditunjuk untuk memimpin semua pasukan asing di Afghanistan setelah pendahulunya, Jenderal Stanley McChrystal, dipecat karena komentarnya dan para pembantunya yang menghina pemerintah AS dalam wawancara sebuah majalah.

..Kita semua mengakui bahwa ancaman itu adalah Taliban, Al-Qaeda dan sekutu pejuang Islam terkait lainnya bagi negara ini, kawasan ini dan dunia,

Pergeseran ini datang pada saat Taliban berada dalam kondisi terkuat mereka sejak digulingkan dari memerintah Afghanistan tahun 2001, dan dengan korban ISAF yang meningkat setiap hari.

Petraeus, mengenakan seragam kamuflase dan berbicara dekat nisan marmer yang didedikasikan untuk pasukan ISAF yang tewas dalam kampanye perang Afghanistan, mengumumkan para komandan senior dan beberapa menteri Afghanistan yang dia angkat, mengisyaratkan perubahan dalam komando, bukan strategi.

Meskipun bulan kemarin adalah paling berdarah bagi pasukan internasional, dia mengatakan pencapaian sedang dilakukan dalam perang yang semakin sulit dan tekanan balik oleh kelompok perlawanan, dengan serangan besar oleh pasukan Amerika dan NATO di jantung markas Taliban di selatan negara tersebut

"Tidak ada yang mudah di Afghanistan," katanya. "Namun, kita semua dapat mengambil semangat dari kemajuan yang telah dibuat di bagian depan keamanan dan seterusnya," kata Patraeus.

Petraeus mendarat di Kabul hari Jumat setelah pengangkatannya dikonfirmasi oleh Senat AS dan Dewan Perwakilan AS yang menyetujui pendanaan sebesar $ 33 miliar (-+ Rp, 300 trilyun) untuk gelombang pasukan tambahan yang ia harapkan akan mengubah keadaan perang.

..Kita harus menunjukkan kepada orang-orang Afghanistan dan kepada dunia bahwa Taliban, Al-Qaeda dan jaringan sekutu pejuang Islam lainnya tidak akan diizinkan untuk sekali lagi mendirikan negara di Afghanistan..

Gelombang tersebut akan menjadikan jumlah pasukan asing di Afghanistan mencapai 150.000 orang.

"Kita harus menunjukkan kepada orang-orang Afghanistan dan kepada dunia bahwa Taliban, Al-Qaeda dan jaringan sekutu pejuang Islam lainnya tidak akan diizinkan untuk sekali lagi mendirikan negara di Afghanistan," kata Petraeus, menyerukan lagi untuk kesatuan antara pemerintah dan pasukan internasional.

Petraeus menerima bendera komando ISAF dan Amerika pada sebuah lapangan rumput kecil dan di bawah pengamanan sangat ketat, yang diawasi oleh penembak jitu dari puncak gedung dan dengan beberapa komandan tinggi yang tiba dengan sebuah konvoi helikopter untuk upacara penting yang diadakan tepat pada Hari Kemerdekaan Amerika.

Janji-Nya bisa menjadi perjudian terakhir bagi Washington untuk mengakhiri konflik yang semakin mahal yang menguras anggaran Barat yang muncul dari salah satu resesi global terburuk dalam sejarah.

Ia bertanggung jawab tidak hanya memenangkan perang melawan pejuang Taliban yang semakin meningkat, tetapi juga dengan memulai penarikan pasukan AS yang dijanjikan mulai Juli tahun depan katika pasukan keamanan Afghanistan memikul kontrol yang lebih besar di negeri itu. (aa/an)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X