Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.757 views

Taliban dan Al-Qaeda Porak-porandakan Pasukan Afghan di Laghman

Afghanistan (Voa-Islam.com) - Taliban dan Al-Qaeda berhasil memporak-porandakan dan memukul mundur serangan yang dilakukan oleh batalion dari Angkatan Darat Afghanistan di sepanjang perbatasan Pakistan di provinsi Laghman timur, dan menimbulkan banyak korban jiwa pada unit pasukan Afghanistan.

Pertempuran itu dimulai pada 4 Agustus, ketika sekitar 300 orang dari batalyon Brigade Pertama, 201 Korps Angkatan Darat Afghanistan melancarkan serangan di Badpakh di Laghman. Serangan tersebut terjadi di daerah yang berbatasan dengan provinsi Kunar, sebuah tempat yang dikenal aman bagi pejuang Al-Qaeda dan Taliban.

Tentara Afganistan tidak bergantung pada AS atau pasukan koalisi untuk mendukung serangan yang berukuran batalion, yang meliputi unsur serangan udara di garis belakang Taliban. Menurut The New York Times, Taliban telah mendapatkan informasi mengenai operasi tersebut dan memasang serangan perangkap terhadap pasukan utama batalion. Serangan Taliban menimbulkan korban hebat pada pasukan utama sementara tim serangan udara terputus karena helikopter Angkatan Udara Afghanistan sedang dikandangkan karena masalah cuaca. Pada satu titik dalam pertempuran itu, Korps markas besar Angkatan Darat Afghanistan kehilangan komunikasi dengan batalionnya.

..Taliban telah mendapatkan informasi mengenai operasi tersebut dan memasang serangan perangkap terhadap pasukan utama batalion.

Salah satu kompi pasukan Afghanistan dikatakan telah hancur lebur, dengan 13 tentara tewas dan lebih dari 20 pasukan hilang, menurut laporan dari Pajhwok Afghanistan News dan The New York Times. Dua polisi juga dilaporkan tewas dan empat lagi dikatakan hilang.

Taliban mengklaim telah membunuh 27 tentara Afghanistan dan menangkap lebih dari 25 tentara. Taliban sendiri mengatakan telah kehilangan 20 pejuangnya selama bentrokan terjadi. Korban di kedua belah pihak belum dapat di konfirmasi kembali karena pertempuran masih berlangsung. Kedua belah pihak, serta tetua suku, meminta Palang Merah dan Bulan Sabit Merah untuk campur tangan untuk membantu mengeluarkan mayat dari medan perang. Sementara pasukan AS dan Perancis telah dipanggil untuk membantu batalion Angkatan Darat Afghanistan yang terkepung.

Taliban juga merampas dan menghancurkan puluhan truk pickup Angkatan Darat dan polisi. Seorang komandan Taliban bernama Mullah Qahir dikatakan mengemudikan salah satu truk pickup polisi tersebut.

Pasukan Bayangan Al-Qaeda terlibat dalam pertempuran


Taliban di Laghman yang memporak-porandakan dan mengusir serangan Tentara Afghanistan diduga telah dibantu oleh Lashkar Al-Zil atau Tentara Bayangan, sayap militer dari Al-Qaeda yang terdiri dari Taliban Afghanistan dan Pakistan, serta orang-orang Arab, dan orang-orang Pakistan dan kelompok-kelompok jihad Asia Tengah, kata seorang pejabat intelijen senior militer Amerika Serikat kepada The Long War Journal. Laskhar Al-Zil juga dikenal sebagai Jaish Al-Usrah, atau Tentara Pelindung. Lashkar Al-Zil mengoperasikan enam brigade di daerah perbatasan Afghanistan-Pakistan, termasuk Brigade 055, formasi asli militer Al-Qaeda yang diciptakan pada masa pemerintahan Taliban pada 1990-an. Unit tersebut juga telah dibentuk di Yaman dan Somalia.

"Kemampuan mereka untuk mengalahkan satu batalion pasukan terorganisir, bahkan Tentara Afghanistan, dengan cara yang terjadi di Laghman, adalah tugas yang mudah," kata pejabat itu kepada The Long War Journal. "Kekuatan Taliban berhadapan langsung dengan batalion tentara, dan memukul mundur mereka."

..Kemampuan mereka untuk mengalahkan satu batalion pasukan terorganisir, bahkan Tentara Afghanistan, dengan cara yang terjadi di Laghman, adalah tugas yang mudah..

Bukti keterlibatan mujahidin asing dilaporkan dalam pers Afghanistan. Satu mujahidin Arab dan Satu mujahidin Chechnya gugur dalam pertempuran di Laghman selama 24 jam terakhir, menurut Radio Berita Khost. Seorang juru bicara gubernur provinsi mengklaim menangkap empat pejuang asing, tetapi ia tidak mengungkapkan kewarganegaraan mereka.

Lashkar Al-zil telah terlibat dalam banyak serangan kompleks tingkat tinggi di Afghanistan selama beberapa tahun terakhir, termasuk serangan terhadap sebuah pos Amerika Serikat di Wanat, Nuristan pada bulan Juli 2008, penyergapan mematikan terhadap batalion pasukan Perancis di provinsi Kabul pada Agustus 2008, serangan pada dua pos tempur di Kamdesh, Nuristan pada bulan Oktober 2009, dan yang paling terbaru, serangan berkelanjutan di distrik Barg-e-Matal di Nuristan pada bulan Juli 2010.

Taliban dan Al-Qaeda telah meningkatkan serangannya di Afghanistan timur ketika pasukan ISAF dan Afghanistan fokus meredam pejuang Taliban di Kandahar dan Helmand di selatan, menurut Jenderal Mohammad Zaman Mamozai, komandan Polisi Perbatasan Afghanistan di timur. Taliban Afghanistan "didukung oleh pejuang Muslim lainnya termasuk dari Al-Qaeda, orang-orang Tajikistan, Chechnya, dan Pakistan Taliban serta pejuang Taliban dari Waziristan," kata Mamozai kepada Larawbar dan BBC Urdu. (aa/TLWJ

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X