Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.273 views

Dua Guru Dibunuh, 465 Sekolah di Thailand Selatan Ditutup 3 Hari

Narathiwat (Voa-Islam.com) - 465 sekolah pemerintah yang ada di provinsi perbatasan selatan, seperti Patani, Yala dan Narathiwat akan ditutup selama tiga hari mulai hari ini (07/09), karena permintaan guru dan sebagai bentuk protes kepada Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva untuk lebih memperhatikan kekerasan di Selatan dalam mengikuti penembakan fatal dari dua rekan mereka kemarin (06/09).
 
Penyerang dengan sepeda motor menembakkan sebuah senapan serbu M16 kepada guru - Wilas Promphan, 54, dan istrinya Khomkham, 52 - pada pukul  06:00 pagi ketika mereka dalam perjalanan mereka ke pasar.

Wilas tewas seketika dan Khomkham meninggal kemudian di rumah sakit setempat.

Kematian mereka menambah jumlah guru yang dibunuh di wilayah Selatan yang bergolak itu menjadi 135 sejak kekerasan muncul di kawasan mayoritas tersebut Muslim awal tahun 2004.

"Kami telah setuju untuk menutup semua sekolah untuk sementara waktu," kata Ketua Konfederasi Guru Narathiwat, Sanguan Intarak setelah rapat para guru yang diadakan dalam menanggapi pembunuhan terbaru tersebut.

Dia mengatakan serangan terbaru terhadap kedua guru itu telah meruntuhkan moral dari semua staf pengajar lokal.

Tindak kekerasan meletus di wilayah itu lebih dari enam tahun yang lalu namun pemerintah yang berkuasa berturut-turut gagal menemukan cara untuk mengatasinya. Pemerintah saat ini tampaknya memberikan perhatian yang kecil untuk masalah ini, kata Sanguan.

"Kecuali Perdana Menteri Abhisit turun ke Selatan, konfederasi guru tidak akan mengkremasi mayat kedua guru tersebut," katanya.

..Kekerasan dan aksi saling balas terus berlangsung di wilayah ini pada hampir setiap hari, tapi tidak ada klaim tanggung jawab atas serangan-serangan tersebut..

Gubernur Narathiwat Thanon Vejjakornkanont mengatakan lembaga-lembaga diperlukan untuk menemukan langkah-langkah segera untuk melindungi kehidupan para guru di wilayah bermasalah.

"Kami mungkin perlu rencana keamanan baru," katanya. "Aku diberitahu sekolah [di Narathiwat] akan ditutup selama tiga hari."

Kekerasan dan aksi saling balas terus berlangsung di wilayah ini pada hampir setiap hari, tapi tidak ada klaim tanggung jawab atas serangan-serangan tersebut.

Dalam insiden lain, Saree Bueraheng, 36, asisten ke kepala desa, terluka parah Senin (06/09) malam ketika sejumlah orang bersenjata tak dikenal dalam pickup menembaki kendaraannya.

Pada Minggu malam, serangkaian serangan pembakaran terjadi di banyak lokasi di Narathiwat. Polisi menduga para pejuang Patani menembaki sebuah kantor pemerintah daerah dan membakar menara transmisi telepon seluler dan bilik telepon umum di enam distrik di provinsi perbatasan selatan yang bergolak, tapi tidak ada laporan tentang korban.

Dalam penanganan kekerasan pekan ini, pasukan paramiliter, tentara dan marinir bersama-sama menggerebek sebuah kamp pejuang Patani di sebuah gunung di distrik Rangae Narathiwat pagi kemarin (06/09).

Namun, tidak ada penangkapan dilakukan karena kamp itu kosong saat pasukan keamanan Thailand tiba pukul 9:30 pagi. Kamp itu tersembunyi di sebuah gunung sekitar 2 kilometer dari desa Buajae di Tambon Bongor. (pn)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X