Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.253 views

Muslim Malaysia Protes Pelarangan Adzan oleh Pengacara China

KUALA LUMPUR, (voa-islam.com) - Seorang pengacara China yang baru tinggal selama setahun tinggal di lingkungan mayoritas Muslim, menuntut sebuah Masjid di Malaysia, yang telah berdiri 30 tahun lalu, mematikan pengeras suara untuk mengumandangkan adzan karena merasa terganggu, padahal rumahnya berjarak 1 kilometer jauhnya dari masjid tersebut.

Umat Islam Malaysia hari ini akan mengadakan sebuah protes setelah shalat Jumat (14/01/2011) setelah klaim bahwa masjid di Malaysia telah ditekan untuk menghentikan penggunaan pengeras suara untuk menyerukan panggilan adzan bagi umat Muslim untuk melakukan shalat.

Sebelumnya telah beredar pesan teks selama beberapa hari terakhir yang isinya mendesak umat Islam untuk berkumpul di luar Masjid Al Kalsiah di Pantai Dalam, mengklaim bahwa "pengacara Cina" telah menyuruh masjid itu menghentikan kumandang "adzan."

"Apa hak yang dia harus menghentikan seruan untuk shalat? Pengacara China itu telah arogan menulis keberatan kepada perdana menteri dan mengutip hak asasi manusia untuk membenarkan permintaan tersebut," kata pesan teks tersebut.

"Seluruh anggota 'jamaah' diminta untuk menghadiri shalat Jum'at pada tanggal 14 Januari 2011 di Masjid Al Kalsiah Pantai Dalam dan untuk bergabung dalam protes terhadap pengacara China itu karena menuntut penghentian kumandang adzan untuk shalat," tambah pesan tersebut.

Pengacara itu, bagaimanapun, tidak disebutkan dalam isi pesan singkat.

..masjid tersebut, yang terletak di dekat area pembangunan komersial baru yang disebut Bangsar Selatan, pertama kali dibuka 30 tahun yang lalu, sedangkan sang pengacara China baru pindah ke lingkungan mayoritas Melayu itu sekitar setahun yang lalu

Pesan singkat itu menambahkan bahwa masjid tersebut, yang terletak di dekat area pembangunan komersial baru yang disebut Bangsar Selatan, pertama kali dibuka 30 tahun yang lalu, sedangkan sang pengacara China baru pindah ke lingkungan mayoritas Melayu itu sekitar setahun yang lalu.

Pantai Dalam dulu didominasi oleh para pendatang dan flat murah tapi telah melihat pembangunan dari apartemen mewah dan properti komersial dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, seorang pejabat dari kelompok kesejahteraan Muslim Pekida menegaskan bahwa kelompok tersebut akan memimpin protes di luar masjid setelah klaim bahwa masjid telah dipaksa untuk menonaktifkan loudspeaker selama dua minggu.

"kejadian tersebut sudah berlangsung selama dua minggu sejak masjid dipaksa untuk mematikan loudspeaker untuk mengumandangkan adzan dan warga bertanya-tanya apa yang terjadi. Kemudian mereka menemukan bahwa hal itu terjadi karena tekanan dari pengacara China," kata Rahimuddin Harun dari Majlis Pekida Ayahanda Kuala Lumpur atau dewan tetua.

"Hal ini seharusnya tidak terjadi karena rumahnya berjarak sekitar satu kilometer dari masjid, tetapi masjid dipaksa untuk menyerah pada permintaan tersebut, karena ia telah menulis surat kepada semua orang," katanya kepada The Malaysia Insider.

Panggilan adzan bagi Muslim untuk melaksanakan shalat lima waktu sehari pertama kali menjadi isu politik di tahun 2008, ketika Eksekutif Councillor Selangor Teresa Kok ditahan di bawah Internal Security Act (ISA) karena diduga meminta sebuah masjid Puchong untuk menghentikan panggilan adzan dari pengeras suara tersebut. (aa/TM)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X