Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.341 views

Memalukan; Pasukan Afghan Kabur dan Bersembunyi Saat Diserang Taliban

WASHINGTON (voa-islam.com) - Ketika salah satu pertempuran paling mematikan dalam perang di Afghanistan berkecamuk, tentara Afghanistan justru kabur, bersembunyi dan bahkan mencuri barang-barang pribadi milik pasukan Amerika yang tengah berperang dan tewas di sebuah pos terpencil, laporan sebuah penyelidikan militer yang dilakukan AS pada Jum'at (10/06/2011) menyebutkan.

Baku tembak yang terjadi paa 3 Oktober 2009, di Pos pertempuran terdepan Keating menyebabkan 8 tentara AS tewas dan 22 lainnya terluka.

Dalam laporan itu, berdasarkan keterangan para saksi dilapangan yang diwawancara penyelidik AS setelah serangan terjadi, termasuk dari dua orang tentara latvia yang ditempatkan di pos Keating dan bertanggung jawab atas pendampingan tiga lusin pasukan Afghanistan di pangkalan di provinsi Nuristan pegunungan dekat perbatasan Pakistan. Prajurit Latvia mengatakan kepada penyidik AS bahwa tentara Afghanistan tidak memiliki "disiplin, motivasi dan inisiatif."

Hampir 300 pejuang Islam menyerang Keating pada waktu fajar dengan roket, mortir granat dan senjata. ketika kekacauan pertempuran  menyelimuti markas tersebut, para prajurit Latvia mengatakan mereka melihat tiga tentara Afghanistan di pos bantuan menunggu untuk dirawat karena goresan luka kecil. Seorang sersan pleton Afganistan berada di sudut pos, meringkuk ketakutan dalam posisi janin, mereka mengatakan kepada penyidik.

Kemudian, mereka membuka pintu ke salah satu bangunan dan menemukan beberapa prajurit dan penjaga keamanan Afghanistan duduk di atas tempat tidur "cemas menunggu." Tak satu pun dari mereka yang memiliki senjata dalam keadaan siap atau membuat gerakan agresif ketika pintu terbuka. Di bangunan lain, mereka menemukan tentara Afghanistan "sendirian dan berpasangan, bersembunyi di bawah selimut dalam posisi janin."

..Di bangunan lain, mereka menemukan tentara Afghanistan "sendirian dan berpasangan, bersembunyi di bawah selimut dalam posisi janin"..

Minuman Protein, kamera digital dan barang pribadi lainnya yang berasal dari tentara Amerika ditemukan di tas ransel tentara Afghanistan ketika mereka sedang dipindahkan ke markas lain menggunakan helikopter Angkatan Darat setelah pertempuran itu berakhir, penyidik ​​memberitahu. "Mayoritas ransel berisi bahan-bahan yang telah dijarah dari kamar barak tentara AS," ujar memo meringkas komentar mereka.

Sebuah ringkasan 19 halaman dari temuan penyelidikan mengatakan ada 20 tentara Afghanistan di pos Keating ketika serangan terjadi. Tapi tentara Latvia, yang bekerja erat dengan orang-orang Afghanistan, mengatakan ada 36 tentara. Setelah pertempuran, mereka dapat menjelaskan 21, dengan tiga diantara mereka telah tewas. Lima belas tentara Afghan lainnya hilang tanpa penjelasan, mereka mengatakan kepada penyidik.

Laporan penyelidikan tersebut juga menyalahkan para komandan AS dilapangan karena meninggalkan pasukan Amerika di posisi yang rentan.

Swan Guy, seorang jenderal Angkatan Darat yang memimpin penyelidikan, dalam ringkasan mengatakan para komandan lapangan AS telah meninggalkan Keating dalam posisi rentan tanpa dukungan yang memadai. Swan menyarankan memberikan ke empat perwira tersebut surat peringatan atau teguran.

AS telah menghabiskan miliaran dolar sejak tahun 2001 melatih dan dan memperlengkapi tentara dan polisi Afghanistan. Kemampuan pasukan keamanan Afghanistan mengalahkan para pejuang Islam merupakan unsur penting dalam rencana pemerintahan Obama untuk mulai menarik pasukan Amerika, dan pejabat keamanan nasional senior AS berbicara optimis atas kemajuan tersebut.

Namun laporan tangan pertama dari pertempuran di pos Keating berdasarkan laporan saksi dalam penyelidikan justru memberikan pandangan berbeda yang sangat kritis terhadap klaim perkembangan kemajuan sebagaimana yang dikatakan oleh para pejabat keamanan nasional senior AS. (aa/ap)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 30/04/2024 17:07

Ruh Islam