Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.603 views

Masyarakat & Politisi Barat Makin Geram dengan Jurnalisme Tak Beretika

London (voa-Islam) – Setelah Tabloid News of The World ditutup belum lama ini. Kini giliran Tabloid The Sun digugat para politisi dan banyak keluarga di Amerika Serikat. The Sun yang merupakan bagian dari News Corporation telah melakukan keburukan yang sama., yakni melakukan penyadapan telepon. Korbannya bukan hanya warga biasa, tapi juga politisi dan keluarga kerajaan.

Atas ulah media “spesialis skandal” ini membuat Parlemen Inggris geram terhadap konglomerat Yahudi Rupert Murdoch, menyusul skandal penyadapan telepon oleh sejumlah media miliknya di Inggris. Bisnis Murdoch di Amerika Serikat pun terancam.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rupert Murdoch, pemilik sindikat News Corporation, pekan lalu, menutup salah satu tabloidnya yang diterbitkan di Inggris, News of The World yang dituding menyadap percakapan telepon para kerabat tentara Inggris yang gugur di Afghanistan serta keluarga korban serangan teror bom di London pada Juli 2005.

Rupert Murdoch yang berambisi untuk membeli saham perusahaan media massa British Sky Broadcasting (BSkyB) nampaknya harus gigit jari. Saat ini taipan media massa berusia 80 tahun tersebut berupaya menguasai 61 persen saham BSkyB

Tidak main-main, Parlemen Inggris berupaya membatasi bisnis Murdoch dengan menentang rencana Murdoch membeli perusahaan penyiaran BSkyB. Tidak biasanya para anggota parlemen satu suara untuk sepakat mendukung gagasan Partai Buruh agar mendesak Murdoch menarik tawarannya mengambil alih BSkyB.

Perdana Menteri Inggris bersama partai pendukungnya pun menolak pemungutan suara di Parlemen, Rabu (13/7) untuk membahas rencana pembelian aset perusahaan media Ingris tersebut. Selain itu, rencana pembelian tersebut dianggap tidak sesuai dengan kepentingan nasional Ingris.

Murdoch juga diminta menghadap parlemen Inggris untuk menjawab pertanyaan terkait News Corporation, pekan depan. Bukan hanya Murdoch, panggilan juga dilayangkan kepada puteranya, James Murdoch, dan kepala eksekutif News Internationak, Rebekah Brooks.

Jurnalisme Tak Beretika

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris David Cameron berjanji membentuk dewan independent untuk membuat peraturan baru bagi organisasi-organisasi berita Inggris, yang menurutnya telah gagal menjalankan jurnalisme beretika.

Murdoch diingatkan untuk tidak melakukan praktik illegal, seperti penyadapan telepon. Ia diminta agar menghormati privasi warga Amerika. Politikus dari partai demokrat di AS khawatir, penyadapan telepon yang dilakukan News Corp juga akan dialami keluarga korban serangan 11 September 2011 atau warga Amerika lainnya.

Tekanan terhadap News Corp semakin keras setelah mantan Perdana Menteri Inggris  Gordon Brown menuding News International cabang News Corporation menggunakan “para kriminal dan penipu ulung” untuk melanggar privasi  banyak orang dan menyalahgunakan kekuasaan untuk keuntungan politik.

Brown rupanya juga menjadi korban penyadapan oleh The Sun, yang berulangkali mencoba mengakses pesan-pesan suara di telepon genggamnya, dan mencuri informasi dari berbagai sumber, mulai dari rekeningnya di bank hingga rekaman medis keluarganya. (Desastian/dbs)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X