Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.933 views

Aktivis Ragukan Pengadilan Hosni Mubarak

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Hari Rabu (03/08/2011) rakyat Mesir berhasil mewujudkan impiannya mengadili mantan presidennya yang dituduh korup, Hosni Mubarak. Banyak spekulasi seputar kasus yang merupakan tes terpenting bagi para jendral yang mengambil-alih pemerintahan Mesir setelah jatuhnya Mubarak, demikian harian International Herald Tribune.

Banyak aktivis yang skeptis Dewan Militer yang diketuai sekutu Mubarak, Mohammed Hussein Tantawi, bisa mewujudkan janji reformasi demokrasi sebelum menyerahkan kekuasaan kepada pemerintah sipil. Mereka juga dikritik karena tidak berhasil mengenyahkan para pendukung Mubarak dari lingkungan kehakiman dan polisi.

Sebelumnya juga beredar spekulasi bahwa Mubarak tidak muncul di pengadilan karena alasan sakit. Isu mengatakan Dewan Militer berusaha mencegah agar Mubarak tidak dipermalukan di muka umum. Apabila sang mantan presiden batal datang ke pengadilan dicemaskan pecah demo masal di seluruh Mesir.

Beberapa hari sebelumnya para pengacara korban tewas sewaktu demo massal mengajukan protes ke hakim karena mereka tidak diijinkan untuk menghadiri sidang pertama. Selain itu mereka juga tidak diijinkan melihat berkas dan hasil penyelidikan sekitar Mubarak. Mereka bertekad untuk datang dan berdiri di depan pintu pengadilan sampai diijinkan masuk.

..Banyak aktivis yang skeptis Dewan Militer yang diketuai sekutu Mubarak, Mohammed Hussein Tantawi, bisa mewujudkan janji reformasi demokrasi sebelum menyerahkan kekuasaan kepada pemerintah sipil..

Ikuti sidang sambil berbaring

Hosni Mubarak sendiri akhirnya menghadiri sidang pertama dakwaan terhadap dirinya di pengadilan yang bertempat di Akademi kepolisian Kairo. Mubarak yang memakai kemeja berwarna putih dipadu celana putih tampak tekun mengikuti pengadilan pada Rabu sambil berbaring lantaran sakit.

Pengadilan yang terbuka untuk umum itu dimulai tepat pukul 10.00 waktu Kairo (15.00 WIB), sekitar 30 menit setelah helikopter Mubarak tiba di lapangan parkir pengadilan tersebut.

Mahkamah itu dibuka dengan peringatan dari ketua majelis hakim kepada hadirin untuk tenang, bila ada yang mengganggu maka segera ia akan ditangkap dan ditahan selama 24 jam.

Hosni Mubarak (sebelah kiri sambil berbaring) ditemani anaknya, Gamal dan Alaa, serta 9 mantan pejabat Mesir lainnya saat mengikuti sidang pertama mereka.

Bekas penguasa berusia 82 tahun itu bersama dua anaknya, Alaa dan Gamal, dan sembilan mantan pejabat termasuk mantan Menteri Dalam Negeri Habib Al Adly dihadapkan di pengadilan tersebut atas dakwaan pembunuhan 850 demonstran pada revolusi Januari dan Februari yang menumbangkan rezim Mubarak pada 11 Februari 2011.

Sesekali Alaa, putra tertua Mubarak yang duduk berdampingan, tampak membisiki telinga ayahnya.

Alaa dan Gamal berpisah dengan ayah mereka pada April silam, sejak ketiganya ditahan pihak berwenang.

Sejak itu, Mubarak dirawat di rumah sakit Sharm El Sheikh, sementara Alaa dan Gamal ditahan di penjara Torah, pinggiran kota Kairo.

Sementara itu, istri Mubrak, Suzanne Thabit, sempat ditahan, namun belakangan dibebaskan setelah mengembalikan sejunlah kekayaannya yang diduga hasil korupsi.

Mubarak dan 10 terdakwa lainnya di pengadilan itu ditempatkan di kerangkeng khusus terbuat dari besi.

Pengadilan yang ditunggu-tunggu rakyat Mesir ini dijuluki sebagai mahkamah bersejarah karena untuk pertama

Apabila terbukti bersalah maka Mubarak dan komplotannya bisa dijatuhkan hukuman mati. (by/rnw,ant)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X