Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.241 views

OKI Janji Gelontorkan Bantuan 350 Juta Dolar Bagi Somalia

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Negara-negara Organisasi Konferensi Islam (OKI) menjanjikan bantuan 350 juta dolar bagi Somalia pada pertemuan puncak darurat di Istanbul, kata Sekretaris Jendral OKI Ekmeleddin Ihsanoglu, Rabu.

Sekitar 3,7 juta orang Somalia saat ini terancam kelaparan, dan Ihsanoglu berharap bantuan akan itu segera meningkat menjadi 500 juta dolar dan mendesak negara-negara donor memperbaiki keamanan pangan jangka panjang bagi Somalia dengan membantu negara itu membangun kembali prasarana dan pertanian.

"Kami menjanjikan bantuan 350 juta dolar. Kami berharap akan menaikkan komitmen itu menjadi 500 juta dolar dalam waktu dekat," katanya pada jumpa pers pada akhir pertemuan puncak itu, lapor Reuters.

Perdana Menteri Turki Tayyip Erdogan menyerukan bantuan bagi Somalia dan mengecam para milyarder yang mengendarai mobil-mobil mewah dan "arogansi dunia Barat karena mengabaikan penderitaan kaum miskin".

Dalam pidato yang mengecam kapitalisme Barat, Erdogan mengatakan, kelaparan Somalia merupakan "uji lakmus" tidak saja bagi muslim namun juga seluruh umat manusia.

"Jika anda mengendarai mobil mewah, anda harus bermurah hati kepada orang-orang yang berjuang mengatasi kelaparan," katanya kepada para menteri luar negeri OIC yang beranggotakan 57 negara pada pertemuan puncak darurat di Istanbul untuk menggalang bantuan bagi Somalia dan kawasan tetangganya yang juga dilanda kekeringan.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengatkaan pekan lalu, negaranya akan memberikan bantuan tambahan 17 juta dolar untuk mengatasi kelaparan di kawasan Tanduk Afrika, termasuk 12 juta dolar untuk membantu rakyat Somalia -- sehingga jumlah bantuan kemanusiaan AS untuk kawasan itu mencapai lebih dari 580 juta dolar tahun ini.

OIC mengubah namanya belum lama ini dari Organisasi Konferensi Islam menjadi Organisasi Kerja Sama Islam.

..Kami menjanjikan bantuan 350 juta dolar. Kami berharap akan menaikkan komitmen itu menjadi 500 juta dolar dalam waktu dekat..

Presiden Somalia Sheikh Sharif Ahmed mengatakan, negaranya tidak mampu mencukupi kebutuhan pangan serta ternak dan menghadapi serangan-serangan pejuang Islam Somalia. Kawasan yang paling parah adalah yang dikuasai pejuang Al-Shabaab.

PBB telah mengumumkan Mogadishu dan empat wilayah Somalia selatan sebagai zona kelaparan serta memperingatkan bahwa kelaparan bisa meluas ke seluruh penjuru negara itu.

Kondisi itu diperumit oleh bentrokan-bentrokan yang terus terjadi antara pasukan Somalia serta Uni Afrika sekutunya dan gerilyawan Al-Shabaab.

Bentrokan-bentrokan itu berlangsung ketika badan-badan bantuan internasional berusaha mencari cara untuk menyerahkan bantuan makanan kepada penduduk yang tinggal di kawasan yang dilanda kelaparan, khususnya daerah-daerah Somalia selatan yang dikuasai kelompok Al-Shabaab yang terkait dengan Al-Qaeda.

Badan-badan bantuan menarik diri dari Somalia selatan pada awal 2010 setelah ancaman terhadap staf mereka dan aturan semakin keras yang diberlakukan terhadap aktivitas mereka oleh Al-Shabaab, yang dimasukkan ke dalam daftar kelompok teror oleh Washington.

Al-Shabaab pada Juli mengatakan, kelompok bantuan asing bisa kembali lagi ke wilayah itu, namun seorang juru bicara Al-Shabaab mengatakan kemudian bahwa larangan operasi terhadap mereka masih tetap diberlakukan.

Al-Shabaab mengobarkan perang selama empat tahun ini dalam upaya menumbangkan pemerintah sementara Somalia dukungan PBB untuk menegakkan hukum syariah di negara tanduk Afrika tersebut yang mempunyai kekuasaan di sebagian wilayah di Mogadishu. (by/ant)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X