Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.726 views

Dubes Suriah untuk Irak Membelot ke Oposisi

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Sebuah pukulan telak kembali menghantam rezim Suriah, setelah salah seorang teman dekat dan merupakan lingkaran inti dari presiden Bashar Al-Assad melarikan diri dari Damaskus, kini seorang diplomat senior Suriah yang telah bertugas selama 30 tahun sebagai duta besar di Irak, Nawaf al-Fares ikut membelot ke pihak oposisi dan berjanji akan menarik lebih banyak diplomat lain mengikuti jejaknya.

Polisi di Baghdad mengepung kedutaan besar Suriah pada Rabu (11/7/2012) malam setelah kelompok oposisi mengklaim bahwa utusan Suriah ke Irak telah membelot sebagai protes atas tindakan keras rezim.

Dewan Nasional Suriah mengatakan Nawaf al-Fares, duta besar pertama Damaskus untuk Baghdad dalam lebih dari 30 tahun, telah bergabung dengan oposisi dan berjanji bahwa lebih banyak diplomat dibawah pimpinannya akan segera mengikuti.

Jika dikonfirmasi, pembelotan Fares akan menjadi yang pertama dari setiap diplomat senior Suriah sejak pemberontakan itu dimulai 16 bulan lalu. Para pejabat Irak mengatakan mereka tidak punya pengetahuan tentang keberadaan Fares dan tak dapat mengkonfirmasi apakah ia masih di Baghdad. Seorang politisi senior Irak, Iyad Allawi, mentweet Rabu malam: "sumber terpercaya telah memberitahu saya tentang pembelotan Nawaf al-Fares, duta besar Suriah untuk Irak."

Sebelumnya, anggota SNC Muhammad Sermini mengatakan kepada Reuters: "Ini hanyalah awal dari serangkaian pembelotan pada tingkat diplomatik. Kami berhubungan dengan beberapa duta besar.."

Fares telah menjadi anggota terkemuka korps diplomatik Suriah dan sebuah kehadiran berwibawa di antara negara-negara elit Sunni. Dia berasal dari Abu Kamal di wilayah timur Suriah, yang berbatasan dengan provinsi Anbar Irak.

Suku-suku di Anbar dan mereka yang dari padang pasir terpencil Suriah timur berasal dari keluarga yang sama dan diduga semakin aktif dalam pemberontakan yang dipimpin Sunni di bagian timur negara itu.

..Konfirmasi kepergian Fares itu akan menandai pembelotan profil tinggi kedua dari jantung rezim dalam waktu kurang dari sepekan. Kamis lalu Brigadir Jenderal Manaf Tlass, teman dari Presiden Bashar al-Assad, melarikan diri dari Damaskus bersama keluarganya..

Konfirmasi kepergian Fares itu akan menandai pembelotan profil tinggi kedua dari jantung rezim dalam waktu kurang dari sepekan. Kamis lalu Brigadir Jenderal Manaf Tlass, teman dari Presiden Bashar al-Assad, melarikan diri dari Damaskus bersama keluarganya- pembelotan pertama dari lingkungan inti. Ia diduga berada di Paris.

Dalam sebuah pukulan lain terhadap rezim, yang sejauh ini tidak melihat sejumlah besar pejabat penting meninggalkan jajarannya, dua jenderal dari badan intelijen negara itu diyakini telah ditangkap pekan lalu oleh gerilyawan oposisi. Mayjen Faraj al-maket dan Jenderal Munair al-Ahmed Shlaybi, dari intelijen militer Cabang Palestina, yang ditampilkan pada video online mengklaim bahwa mereka telah ditangkap pada akhir Juni.

Cabang Palestina adalah satu dari dua organisasi intelijen utama Suriah dan telah menjadi pusat tindakan keras rezim pada perbedaan pendapat, yang dimulai Maret lalu dan kini telah tumbuh menjadi pemberontakan besar-besaran yang dipimpin oleh gerakan oposisi yang didominasi oleh Sunni.

SNC telah selama enam bulan terakhir telah berusaha untuk menarik perhatian tokoh-tokoh rezim yang jauh dari Damaskus yang dipercaya berpotensi memulai efek domino dari pejabat lainnya.

Nawaf al-Fares dan Brigadir Jenderal Manaf Tlass adalah anggota terkemuka dan terpercaya kehadiran Sunni yang bekerja erat dengan kepemimpinan Suriah yang berbasis Syi'ah Alawit. Fares dianggap sangat berpengaruh di antara kelompok suku di timur Suriah, dimana pasukan rezim telah menghadapi kekuatan gerilya yang semakin terorganisir sejak akhir musim semi. (by/guardian)

Ket: Nawaf al-Fares, duta besar Suriah untuk Irak. / foto.Reuters

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 30/04/2024 17:07

Ruh Islam