Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.255 views

Dewan KotaTolak Rencana Jemaah Tabligh Bangun Masjid Terbesar di Inggris

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Entah karena memang lokasinya tak seseuai peruntukan atau takut nantinya setelah jadi akan melampaui besar dari gereja Katedral St Paul, rencana pembangunan sebuah mega mesjid kontroversial oleh kelompok Jamaah Tabligh di salah satu wilayah di London ditolak oleh para anggota dewan kota tersebut.

Dailymail melaporkan (6/12/2012) bahwa rencana kelompok Jamaah Tabligh untuk membangun sebuah mega-masjid dengan kapasitas empat kali gereja Katedral St Paul, di bekas lahan industri Abbey Mills di kota London ditolak oleh para anggota dari dewan setempat.

Kelompok Jamaah Tabligh yang mengurus rencana mereka untuk membangun tempat berkapasitas 9.000 orang di West Ham, London timur, ditolak oleh anggota Newham Borough Council pada sebuah pertemuan perencanaan.

Jamaah Tabligh saat ini menggunakan bagian dari enam hektar situs Mills Abbey tersebut untuk rumah Markaz London, juga disebut sebagai Masjid-e-Ilyas, pusat sementara yang dapat menampung hingga 2.500 orang.

Tapi dewan mengabulkan rekomendasi dari para petugas dewan untuk menolak ekspansi pada bekas lahan industri tersebut, di tengah penentangan yang kuat dan kekhawatiran tentang proyek itu.

Setelah pertemuan, Conor McAuley, anggota eksekutif Dewan Newham untuk perencanaan dan regenerasi strategis beralasan, mengatakan bahwa: "Bangunan masjid yang diusulkan terlalu besar dan akan berdampak pada bangunan bersejarah yang penting di dekatnya."

Dia mengklaim dewan telah mempertimbangkan aplikasi tersebut 'panjang lebar dan dengan hati-hati' sebelum menolaknya.

"Dewan melakukan konsultasi ketat dan ekstensif tentang usulan tersebut selama beberapa waktu sampai dengan keputusan ini," tambahnya.

"Kebijakan perencanaan kami mempromosikan pengembangan situs Mills Abbey untuk penggunaan campuran dari perumahan, pekerjaan dan masyarakat, untuk membantu menciptakan pusat lokal baru dekat stasiun West Ham dan regenerasi daerah.

..Jika izin telah diberikan, Masjid Abbey Mills - juga dikenal sebagai Pusat Riverine - akan menjadi salah satu pusat Islam terbesar di Inggris dan Eropa Barat..

"Penciptaan rumah baru dan pekerjaan merupakan prioritas bagi Newham Council.

Berdiri di bawah bayang-bayang Olympic Park 2012 di Stratford, rencana masjid baru tersebut akan mencakup sebuah ruang shalat yang berkapasitas hingga 7.440 pria dan fasilitas terpisah untuk hampir 2.000 jemaah wanita.

Masjid itu rencananya akan dihiasi dengan menara setinggi 40 kaki, sebuah perpustakaan Islam, fasilitas olah raga dan delapan flat untuk kunjungan para ulama.

Menurut laporan, masjid baru tersebut akan melebihi tiga kali luas ruang lantai Katedral St Paul dan disesuaikan dengan bangunan Islam terbesar di Inggris - Baitul Futuh di Morden, London selatan.

Jika izin telah diberikan, Masjid Abbey Mills - juga dikenal sebagai Pusat Riverine - akan menjadi salah satu pusat Islam terbesar di Inggris dan Eropa Barat.

Sejak Jamaah Tabligh pindah ke situs Mills Abbey pada tahun 1996, kelompok tersebut telah terlibat dalam serangkaian sengketa aplikasi dan penegakan hukuman dengan Newham Council.

Kelompok tersebut, telah dituduh di masa lalu meradikalisasi para pemuda Muslim.

Pada tahun 2008, dewan Newham dan calon Pilihan Kristen untuk walikota London, Alan Craig, mengeluh ia telah dicegah oleh BBC dari menggambarkan kelompok tersebut sebagai 'kelompok Islam separatis' dalam siaran partai politiknya.

Kelompok itu sendiri mengatakan 'menahan diri dari kegiatan-kegiatan politik atau kontroversial dan berdiri untuk demokrasi dan kebebasan' dan bahwa mereka 'mempromosikan integrasi sosial dan keagamaan'. (st/dm)

Ket: Desain dari mega masjid yang rencananya akan dibangun di London timur yang diperkirakan dapat menampung hingga 10.000 jemaah

Dailymail melaporkan (6/12/2012).

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X