Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.808 views

AS Tetapkan Jabhat Al-Nusrah Sebagai Organisasi Teroris

WASHINGTON (voa-islam.com) - Amerika Serikat telah secara resmi menetapkan Jabhat Al Nusrah, sebuah kelompok mujahidin baru yang belum pernah sama sekali menyerang kepentingan AS dan hanya terlibat memerangi rezim pemerintah Suriah, sebagai organisasi teroris asing.

Langkah tersebut, yang ditujukan untuk membangun dukungan "telat" Barat terhadap pemberontakan melawan pemerintah Presiden Bashar al-Assad, diharapkan Barat akan memadamkan kekhawatiran mereka bahwa uang dan senjata yang mereka janjikan untuk pemberontak akan mengalir ke kelompok jihad.

Penunjukan tersebut diungkapkan pada hari Senin (10/12/2012) di Federal Register, tepat sebelum pertemuan diplomatik penting tentang transisi politik jika Assad tergusur dari kekuasaan, yang berlangsung hari Rabu di Maroko. Pemberitahuan dalam register berisi daftar Jabhat Al Nusra sebagai salah satu dari "alias" Al-Qaidah di Irak.

Dalam istilah praktis, penunjukan tersebut melarang warga Amerika dari memiliki transaksi keuangan dengan kelompok itu dan membekukan aset-aset kelompok itu di AS. Hal ini juga dimaksudkan untuk meminta sanksi serupa oleh negara-negara lain, dan untuk mengatasi kekhawatiran tentang sebuah kelompok yang dapat menggoyahkan Suriah di masa depan dan yang terpenting, membahayakan kepentingan Barat.

"Kelompok-kelompok ekstremis seperti Jabhat al-Nusra adalah masalah, sebuah hambatan untuk menemukan solusi politik yang Suriah akan butuhkan," tuduh Duta Besar Amerika untuk Suriah, Robert Ford, dalam penampilan pekan lalu yang diselenggarakan oleh Yayasan untuk Pertahanan Demokrasi, sebuah kelompok non-pemerintah.

Keputusan untuk menunjuk kelompok tersebut, register mencatat, dibuat oleh Menteri Luar Negeri AS Hillary Rodham Clinton pada 20 November, dengan berkonsultasi bersama Jaksa Agung Eric H. Holder Jr, dan Menteri Keuangan Timothy F. Geithner.

Departemen Luar Negeri tampaknya menunda penerbitan keputusan tersebut untuk melakukan sinkronisasi dengan pengumuman di Maroko bahwa Amerika Serikat secara resmi, "meski telat" akan mengakui oposisi Suriah.

Jabhat Al-Nusrah hanya merupakan sebagian kecil dari para pejuang pemberontak Suriah, tetapi kelompok itu terdiri dari para pejuang pemberontak Suriah yang paling keras dan efektif dalam pertempuran.

Jabhat Al-Nusrah telah menorehkan namanya awal tahun ini dengan serangkaian bom jibaku, sebuah taktik yang terus digunakan oleh kelompok itu. Dibantu oleh para mujahidin dari luar negeri dan Suriah yang telah kembali dari perang lain di Timur Tengah, kelompok itu juga memimpin pertempuran ke sejumlah pangkalan militer dan telah mendapatkan serangkaian kemenangan baru-baru ini. Bersama dengan kelompok-kelompok jihad sekutu, mereka merebut pangkalan militer Syekh Suleiman di barat dari Aleppo Ahad (9/12/2012) pagi, dan juga menghancurkan infrastruktur rezim Suriah di ibukota Damaskus.

Meskipun Jabhat al-Nusrah terpisah dan tidak pernah berada di bawah bendera Tentara Pembebasan Suriah (FSA), banyak pemimpin FSA kini mengakui kekuatan mereka dan memerintahkan pasukannya untuk bekerja sama dengan Jabhat Al-Nusrah.

Para pejuang Suriah sendiri banyak yang menganggap Jabhat Al-Nusrah sebagai sekutu kunci karena keberanian para pejuangnya serta pasokan uang dan senjata. (by/nyt, tlgrp)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X