Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.463 views

Presiden Mesir Nyatakan Keadaan Darurat di 3 Kota yang Dilanda Kerusuhan

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Presiden Mesir Mohammed Morsi menyatakan keadaan darurat di kota Port Said, Suez dan Ismailia di tengah bentrokan mematikan yang menewaskan puluhan orang, seraya menyerukan untuk dialog dengan oposisi.

Presiden Mesir Mohamed Morsi pada hari Ahad (27/1/2013) telah  mengumumkan keadaan  darurat selama 30 hari di Port Said, Suez dan Ismailia, tiga Kegubernuran yang telah menyaksikan bentrokan mematikan sejak tahun kedua dari revolusi Mesir pada 25 Januari

Selama pidato yang disiarkan di televisi negara, Morsi juga mengatakan jam malam akan diberlakukan di tiga kota sejak pukul 21:00-06:00 pagi selama durasi keadaan darurat dalam upaya untuk mengekang meningkatnya kekerasan.

Keputusan Presiden Mesir itu berlaku dari hari Senin.

"Saya selalu mengatakan saya menentang setiap tindakan yang luar biasa, tapi saya juga mengatakan saya mungkin mengambil jalam untuk langkah-langkah semacam ini jika aku harus melakukannya. Aku bahkan mungkin berbuat lebih banyak demi Mesir, itu tugas saya," Morsi menambahkan.

Morsi dikritik oleh lawan-lawannya untuk apa yang mereka klaim sebagai reaksi yang buruk untuk bentrokan nasional yang menewaskan puluhan orang ,termasuk lebih dari 30 di kota bergolak Port Said.

Kemarahan mendidih di kota pesisir tersebut atas putusan pengadilan yang menjatuhkan hukuman mati 21 penggemar sepak bola setelah mereka dihukum karena membunuh pendukung klub Ahly yang berbasis di Kairo dalam bencana terkenal tahun lalu di Port Said.

Bentrokan masih berlangsung di Port Said, dengan pengunjuk rasa yang marah dan pasukan polisi dilaporkan melepaskan tembakan satu sama lain. Tentara ditempatkan di Port Said dan Suez, kota lain yang merupakan adegan konfrontasi konstan, tetapi sejauh ini gagal untuk menahan kekerasan yang tumbuh.

"Saya menginstruksikan pejabat kementerian dalam negeri untuk secara ketat menghadapi siapa pun mengancam rakyat, lembaga-lembaga publik dan swasta. Semua orang harus menyadari bahwa lembaga-lembaga Mesir mampu mempertahankan negara ini terhadap ancaman," tambah Morsi.

Morsi, yang berasal dari Ikhwanul Muslimin, juga memberi hormat tentara dan polisi untuk "upaya mereka untuk melindungi negara".

"Tindakan-tindakan baru-baru ini tidak ada hubungannya dengan revolusi, mereka adalah melawan hukum dan dihasut oleh  Orang-orang Mesir kontra-revolusi yang menolak tindakan tersebut, yang dikutuk oleh kaum revolusioner terhormat," Katanya.

Dialog Nasional

Morsi juga menegaskan kembali seruan untuk dialog nasional, yang ia digambarkan sebagai diperlukan untuk mengatasi gejolak yang sedang berlangsung yang telah menjerumuskan Mesir ke krisis ekonomi dan politik yang mendalam.

"Kami tidak memiliki pilihan tetapi untuk terlibat dalam dialog, ini adalah satu-satunya cara untuk melewati tahap saat ini dan mencapai stabilitas," katanya.

"Saya memutuskan untuk mengundang tokoh-tokoh politik untuk dialog nasional besok."

Front Keselamatan Nasional, oposisi utama Mesir, membuat lima tuntutan yang mencakup membentuk pemerintah baru dan amandemen konstitusi yang menurut mereka menyimpang, yang telah disetujui oleh sekitar 64 persen dari pemilih Mesir dalam referendum nasional bulan lalu.

Oposisi mengklaim konstitusi baru itu tidak memenuhi tujuan dari revolusi karena "mengabaikan" hak-hak perempuan dan minoritas, termasuk Kristen yang membentuk sekitar 10% dari populasi Mesir.

Sementara pendukung Morsi percaya konstitusi baru tersebut menempatkan Mesir di jalan yang benar menuju demokrasi. (an/ahram)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X