Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.400 views

Wawancara Ahli Kontraterorisme: Al-Qaidah 3:0 Lebih Berbahaya dari Pendahulunya

WASHINGTON (voa-islam.com) - Pensiunan veteran CIA Bruce Riedel, seorang ahli kontraterorisme di Brookings Institution, think tank yang telah memberi masukan empat presiden AS, berbicara kepada AFP tentang evolusi Al-Qaidah sejak tahun 2001 hingga kini.

Riedel menceritakan bagaimana Al-Qaidah, yang disebutnya telah beregenerasi menjadi yang ketiga hingga saat ini, telah berubah menjadi kelompok yang lebih berbahaya dibandingkan para pendahulu mereka. Riedel juga menyatakan bahwa diplomasi merupakan upaya untuk mengatasi masalah yang menjadi bahan bakar kemarahan para anggota kelompok tersebut.

Q: Bagaimana keadaan Al-Qaidah sejak serangan 11 September 2001?

A: "Kita hari ini sedang menyaksikan  evolusi generasi ketiga dari Al-Qaidah Atau apa yang saya sebut sebagai Al-Qaeda 3.0.

"Generasi pertama adalah generasi yang menciptakan Al-Qaidah, sampai ke serangan 11 September 2001. Generasi kedua tertanggal kira-kira dari jatuhnya negara Islam Afghanistan yang dipimpin Taliban sampai gugurnya Syaikh Usamah bin Ladin dan kebangkitan dunia Arab.

"Generasi ketiga adalah apa yang kita dihadapi sekarang. Generasi ini dalam banyak hal lebih berbahaya daripada sebelumnya karena Al-Qaidah, yang tidak menjadi penyebab Musim Semi Arab tidak juga mngharapkan hal itu, telah mengambil keuntungan dari pemberontakan rakyat tersebut.

"Dan khususnya, generasi ini telah mengambil keuntungan dari penciptaan besar ruang tak berpemerintahan, tanpa hukum, seperti di bagian timur Libya, Mali utara, semenanjung Sinai dan bagian yang semakin signifikan dari Suriah, untuk mendirikan surga aman dan tempat-tempat perlindungan lainnya.

..Generasi ketiga adalah apa yang kita dihadapi sekarang. Generasi ini dalam banyak hal lebih berbahaya daripada sebelumnya..

"Jadi pada dasarnya, generasi ketiga dari Al-Qaidah sekarang memiliki lebih banyak ruang untuk operasional, kegiatan pelatihan, perencanaan, dibanding Al-Qaidah yang kita lihat sejak jatuhnya pemerintahan Taliban pada tahun 2001."

Q
: Mengingat evolusi itu, apa yang seharusnya menjadi strategi negara-negara Barat untuk melawan ancaman ini?

A: "Tidak ada solusi yang cocok untuk semua ini. Harus ada penyesuaian pendekatan untuk setiap kasus. Maka di Mali, itu lebih dari Mali. Ini adalah Mali, Libya, Aljazair. Akan ada strategi pertama untuk menghancurkan surga aman itu, dimana militer Perancis kini memulai melakukannya di Mali. Dan kemudian mengisi ruang-ruang tersebut dengan pemerintahan baru. Itu mudah untuk mengatakan dan sangat sulit untuk dilakukan.

"Banyak tempat-tempat ini tidak pernah memiliki pemerintahan yang baik. Mali Utara, timur Libya, Suriah -.. Mereka telah memerintah sebagai polisi negara selama beberapa dekade Dan kita tentu tidak ingin mengganti negara polisi lama dengan yang baru ... Tapi jika kita meninggalkan dunia Muslim dengan serangkaian ruang tak berpemerintahan dari Afrika Utara ke Asia Selatan, Al-Qaidah akan mengisi ruang-ruang tersebut dan akan membuat tempat-tempat perlindungan yang akan mengancam Amerika Utara dan Eropa. "

Q. Bagaimana Anda menilai ancaman itu oleh Al-Qaidah di Maghreb Islam?

A: "Al-Qaeda di Maghreb Islam adalah yang paling cepat berkembang dari cabang kelompok ini. Cabang ini memiliki surga aman yang besar di Mali. Dan kelompok itu semakin jelas memiliki safe-haven lainnya di Libya. Cabang ini juga didanai dari... uang tebusan yang dibayarkan selama dekade terakhir penculikan dan sangat dipersenjatai dengan baik dari persenjataan sisa rezim Kadhafi.

"Dan itu menarik para mujahid dari seluruh dunia, dari Pakistan, juga dari seluruh dunia Arab, dan semakin meningkat dari negara-negara Sahara Afrika selatan, seperti Nigeria.

"Meskipun fokus terdekatnya adalah lokal, AQIM terus memiliki fokus menyerang apa yang mereka sebut perang entitas salib Zionis. Dan bagi Al-Qaeda di Maghreb Islam, bagian atas daftar sasaran mereka adalah Perancis.."

..Barat memiliki kepentingan dalam menangani aspirasi warga Palestina, bukan hanya karena itu adalah hal yang secara moral benar untuk dilakukan, tapi karena itu untuk kepentingan keamanan nasional kita sendiri..

Q: Apakah penyanderaan di pabrik gas Aljazair merupakan sebuah taktik baru atau ini tidak ada yang benar-benar baru?

A: "Teroris dan Al-Qaidah khususnya sering dipengaruhi oleh apa yang mereka lihat teroris lain lakukan. Dan gagasan mengambil sandera dan tawar-menawar merupakan taktik lama teroris. Apa yang baru di Aljazair bulan ini menargetkan fasilitas gas alam besar semacam itu.

"Dalam beberapa tahun teror jihad di Aljazair, kami belum melihat serangan terhadap fasilitas sebesar ini, kecanggihan serangan ini, dengan teroris yang terlibat dari begitu banyak tempat yang berbeda .... Itu adalah operasi yang sangat canggih. Dan Saya takut bahwa itu hanya pertanda lebih lagi yang akan datang dari Al-Qaidah di Maghreb Islam. "

Q: Pendekatan AS telah menekankan banyak pembunuhan tokoh senior di Al-Qaidah. Apakah pendekatan itu harus berubah?

A:. "Target pejabat senior seperti Syaikh Usama bin Ladin merupakan bagian penting dari strategi, tetapi itu tidak bisa menjadi seluruh strategi (...) Harus ada pembangunan bangsa dan harus ada, di atas semua, diplomasi, yang berusaha untuk mengatasi masalah yang menciptakan frustrasi tersebut.

"Jika Anda ingin untuk akhirnya mengalahkan Al-Qaidah, Anda harus mengatasi masalah yang menghasilkan begitu banyak kemarahan yang menjadi bahan bakar para relawan dari Al-Qaidah. Dan di bagian teratas daftar itu, tidak mengherankan, adalah masalah Palestina.

"Barat memiliki kepentingan dalam menangani aspirasi warga Palestina, bukan hanya karena itu adalah hal yang secara moral benar untuk dilakukan, tapi karena itu untuk kepentingan keamanan nasional kita sendiri." (an/AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X