Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.769 views

Ethiopia Bersiap Tarik Mundur Pasukan dari Somalia

ADDIS ABABA, ETHIOPIA (voa-islam.com) - Ethiopia akan menarik pasukannya dari Somalia segera, perdana menteri mengatakan pada hari Selasa, menyuarakan frustrasi terhadap pemerintah Mogadishu dan pasukan perdamaian Uni Afrika  yang juga memerangi pejuang Islam di sana.

Setelah melancarkan perang naas di Somalia pada tahun 2006-2009, Ethiopia pada tahun 2011 sekali lagi mengerahkan pasukan ke Somalia untuk memerangi sekutu Al-Qaidah di wilayah itu, Al Shabaab, membuka front ketiga bersama pasukan Kenya dan misi Uni Afrika.

Pada saat itu Ethiopia berjanji untuk tinggal di negara yang dilanda perang tersebut sampai pemerintah Somalia bisa meratifikasi sebuah konstitusi baru dan militer lemah Somalia mampu menangkis ancaman pejuang Islam sendiri.

Namun, pasukan Ethiopia bulan lalu tiba-tiba mundur dari Hudur, ibukota provinsi Bakool dekat perbatasan Ethiopia, memungkinkan Al-Shabaab merebut kembali kota berdebu tersebut.

Hailemariam Desalegn, yang menggantikan Perdana Menteri Ethiopia yang lama menjabat Meles Zenawi pada bulan September, tidak sampai pada mengumumkan sebuah penarikan penuh tetapi menyuarakan keprihatinan dengan kecepatan kemajuan di Somalia, pulih dari dua dekade perang sipil.

"Setahun sudah mereka (pasukan penjaga perdamaian Afrika dan Somalia) membuat janji dan mereka berulang kali meyakinkan kita setiap bulan tetapi gagal untuk mengirimkan pasukan sehingga kita menarik keluar," kata Hailemariam, mengacu pada janji oleh pasukan Uni Afrika AMISOM untuk menggantikan pasukan Ethiopia.

"Masalah utama sekarang adalah untuk mempercepat penarikan pasukan kami sepenuhnya menuju perbatasan kita. Ini adalah apa yang kami penuhi," katanya kepada parlemen Ethiopia.

Isu keuangan dan ketegangan dengan Mogadishu dan AMISOM

Hailemariam mengatakan Addis Ababa telah mengeluarkan uang dari kas sendiri untuk misi militer nya di Somalia dan diplomat Barat mengatakan isu-isu keuangan adalah salah satu satu alasan utama di balik ketidakpuasan Ethiopia, bersama dengan hubungan yang tegang dengan Mogadishu dan Amisom.

Negara-negara Afrika yang mengirim pasukan ke Somalia di bawah bendera Amisom dikompensasi oleh Uni Afrika tetapi pasukan Ethiopia tidak beroperasi dalam kerangka kerja itu.

Tetapi analis mengatakan mereka meragukan Ethiopia bersiap untuk penarikan penuh dan Hailemariam menunjukkan Ethiopia bisa melanjutkan perangnya terhadap al Shabaab, tetapi di bagian lain dari Somalia.

"Somalia adalah salah satu zona kepentingan keamanan utama Ethiopia, jadi saya tidak berpikir mereka akan mengubah kebijakan secara drastis," kata seorang diplomat Barat yang berbasis di Nairobi.

"Ada dalam kepentingan Ethiopia sendiri bahwa Somalia tetap utuh dan bahwa keuntungan yang dicapai tidak hilang sekali lagi seperti pada tahun 2009 lalu." (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X