Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.129 views

Aktivis: Tentara Assad dan Militan Syi'ah Hizbullah Hancurkan 80 Persen Lebih Kota Qushair

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Alih-alih mendapatkan kemenangan melawan pasukan oposisi Suriah dalam perebutan kota strategis Qushair di provinsi Homs, pasukan rezim Bashar Al-Assad yang didukung oleh militan Syi'ah bersenjata Libanon, Hizbullah malah menghancurkan 80 persen kota tersebut dengan bombardir serampangan mereka.

Seorang aktivis di Qushair, Sami mengatakan kepada The Daily Star bahwa pasukan pemerintah yang didukung oleh militan Syi'ah Hizbullah menghancurkan lebih dari 80 persen dari kota, bukan menguasainya. Tapi wilayah yang dihancurkan itu banyak lingkungan di utara, sementara wilayah selatan dan barat tetap di tangan oposisi.

Sebelumnya sebuah sumber yang dekat dengan gerakan Syi'ah Hizbullah Libanon mengatakan pada Ahad (26/5/2013) bahwa pasukan rezim Suriah yang didukung oleh militan Syi'ah Hizbullah mengklaim menguasai 80 persen kota strategis Qusair.

"Kami masih harus mengambil lagi 20 persen dari Qusair, sejak kami mengambil 10 persen pada hari Ahad dan sisanya sudah di tangan kita," kata sumber itu, yang menolak disebutkan namanya.

Selain itu, "jalan utama antara Baalbek dan Homs telah diamankan," klaimnya, mengacu pada arteri vital di mana gerakan Syi'ah bersenjata tersebut mengirimkan petempur dan peralatan untuk Suriah.

Pasukan yang setia kepada Presiden Suriah Bashar Al-Assad didukung oleh militan Syi'ah Hizbullah melancarkan serangan ke Qusair sepekan yang lalu tetapi masih mendapat perlawanan keras oleh pejuang oposisi Suriah.

Dua puluh dua petempur Syi'ah Hizbullah tewas dalam pertempuran Qusair pada hari Sabtu saja, sumber yang dekat dengan kelompok Syi'ah bersenjata Libanon itu mengatakan. "Ada 22 petempur tewas pada hari Sabtu. Sembilan mayat dipulangkan hari yang sama dan sisanya pada hari Ahad, "kata sumber itu.

Pertempuran sengit berkecamuk Ahad malam di utara kota, TV Al-Manar yang dikelola Hizbullah melaporkan.

Sementara televisi pemerintah Suriah SANA melaporkan Tentara menghancurkan terowongan menahann senjata pejuang oposisi dan membongkar sejumlah alat peledak di selatan Qusair.

Tentara Suriah mengatakan Sabtu pasukannya telah menyusup ke bandara militer Dabaa, sebuah posisi pejuang Suriah di utara Qusair, sepekan setelah ofensif untuk merebut kembali kota dekat perbatasan Libanon tersebut.

"Pertempuran terjadi di dalam bandara setelah mereka memecahkan garis pertahanan pemberontak," kata satu sumber militer.

Sementara di desa Ras Al-Ain dekat perbatasan Suriah dengan Turki, bentrokan sengit terjadi antara militan Kurdi dan pejuang oposisi pada Ahad, sehari setelah bentrokan mematikan yang menewaskan 11 gerilyawan, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang pro-oposisi melaporkan.

Pertempuran di Ras al-Ain mengadu gerilyawan dari Komite Perlindungan Rakyat (YPG) - sebuah kelompok bersenjata utama  Partai Uni Demokrasi (PYD) Kurdi - melawan mujahidin Jabhat Al-Nusrah, kata Observatorium.

"Bentrokan itu terjadi setelah serangan diluncurkan semalam [Sabtu] oleh Jabhat Al-Nusra terhadap posisi YPG dan penculikan oleh militan Kurdi terhadap para mujahidin," kata Observatorium dalam sebuah pernyataan. (an/tds)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X