Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.754 views

Komandan Puncak MNLF Lolos dari Kepungan Militer Filipina

ZAMBOANGA CITY, FILIPINA SELATAN (voa-islam.com) - Seorang komandan puncak  Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) Khabir Malik, yang memimpin pasukan pejuang Moro dalam serangan di Kota Zamboanga, kemungkin sudah lolos dari kepungan militer dan bergabung kembali dengan pasukannya di Filipina selatan, salah satu sumber intelijen mengatakan kepada surat kabar daerah Mindanao Examiner.

Malik, seorang pembantu terpercaya pemimpin MNLF Nur Misuari, memimpin sekitar 200 pejuang Moro menyerbu Zamboanga pada 9 September untuk menggunakan hak mereka untuk menentukan nasib sendiri. Dia dilaporkan meloloskan diri dengan speedboat dengan orang-orang terpercaya-nya.

Tidak segera diketahui apakah Malik - yang menghadapi tuduhan pemberontakan bersama dengan anak buahnya - telah kembali ke provinsi Sulu atau mencari perlindungan yang aman di provinsi Basilan. Laporan ini tidak dapat secara independen dikonfirmasi, namun pejabat keamanan, mengutip mantan sandera yang dibebaskan oleh pejuang MNLF mengatakan Malik terperangkap di desa Santa Catalina Zamboanga.

Malik, pejuang veteran MNLF, sebelumnya telah menyandera lebih dari selusin prajurit, termasuk Jendral Marinir Benjamin Dolorfino pada tahun 2007 di provinsi Sulu.

Pasukan pejuang Moro di bawah Malik dan Khaid Ajibun menahan Dolorfino dan wakil Sekretaris Pertahanan Ramon Santos dan 23 tentara dan staf penasehat perdamaian Presiden, Sekretaris Jesus Dureza dan menuntut pembebasan Misuari, yang saat itu ditahan di Manila atas tuduhan pemberontakan.

Misuari menandatangani perjanjian perdamaian dengan pemerintah Filipina pada bulan September 1996, mengakhiri lebih dari 20 tahun pertempuran berdarah di Mindanao.

Setelah perjanjian damai ditandatangani, Misuari menjadi gubernur wilayah otonomi Muslim. Tapi mantan pejuang Moro banyak yang tidak puas dengan kesepakatan itu, mengatakan, pemerintah gagal memenuhi beberapa ketentuan dan mengangkat standar hidup mereka.

Mereka menuduh pemerintah gagal untuk mengembangkan daerah yang dilanda perang di Selatan, yang tetap terperosok dalam kemiskinan, dijaga ketat militer dan bergantung secara finansial pada Manila.

Pada bulan November 2001, pada malam pemilihan di daerah otonom, Misuari menuduh Pemerintah mengingkari perjanjian damai, dan para pengikutnya meluncurkan pemberontakan baru di Sulu dan Zamboanga City, dimana lebih dari 100 orang tewas.

Misuari meloloskan diri dengan perahu ke Malaysia, tapi ditangkap di sana dan dideportasi ke Filipina. Dia akhirnya dibebaskan pada 2008 setelah Manila mencabut semua tuduhan terhadap dirinya karena kurangnya cukup bukti.

Dia terakhir dilaporkan bergerak dari satu pulau ke pulau lain di kepulauan Sulu untuk menghindari deteksi oleh pasukan keamanan dan telah bersembunyi sejak bulan lalu setelah polisi mengancam akan menempatkan tuduhan penghasutan terhadap dirinya.

Bentrokan sporadis masih berlanjut di Kota Zamboanga dengan otoritas mengatakan para pejuang MNLF sekarang kekurangan  makanan dan amunisi setelah tentara merebut beberapa posisi penting di desa Santa Barbara yang telah sebelumnya dikuasai oleh pasukan MNLF.

Pihak militer mengatakan sedikitnya 78 pejuang MNLF telah gugur dan lebih dari 130 orang lain entah ditangkap atau menyerah sejak pertempuran dimulai. Lima belas tentara dan polisi juga tewas dalam bentrokan dan setidaknya 126 lainnya terluka. (ab/me)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X