Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.723 views

23 Kelompok Pejuang Oposisi Tolak Perjanjian Gencatan Senjata di Suriah

ALEPPO, SURIAH (voa-islam.com) - Setelah faksi tempur oposisi terbesar Suriah, Ahrar Al-Sham, menyatakan penolakan mereka atas gencatan senjata sepihak yang dimotori oleh As dan Rusia, dua puluh tiga kelompok pejuang oposisi lainnya telah menolak perjanjian gencatan senjata dengan rezim Suriah, yang mulai berlaku pada Senin sore.

Kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan cabang utara Tentara Pembebasan Suriah (FSA) dan pengumuman mereka menyoroti penolakan luas dari gencatan senjata yang ditengahi Rusia-AS oleh oposisi.

Di antara penandatangan pernyataan yang Jaisyul Islam, Jabhat Shamiya, Nouruddin al-Zinki, Islamic Union, dan Brigade Al-Fath.

Mereka mengatakan ketentuan perjanjian gencatan senjata tersebut mendukung rezim teroris Bashar Al-Assad. Mereka juga menolak dikesampingkannya Jabhat Fatah Al-Sham - sebelumnya Jabhat Nusra - dari kesepakatan itu.

Masyarakat internasional bungkam

23 kelompok yang menandatangani pernyataan bersama mengatakan mereka menolak usulan gencatan senjata berdasarkan "komitmen kami untuk meningkatkan kondisi kemanusiaan rakyat Suriah agar tidak merusak prinsip-prinsip dan kepentingan revolusi".

Mereka melihat gencatan senjata sebagai "keuntungan cepat" untuk memungkinkan beberapa bantuan masuk ke wilayah oposisi, namun mengatakan itu mempertaruhkan "masa depan revolusi dan posisi strategis terhadap rezim dan sekutunya".

Sudah ada laporan-laporan yang muncul tentang para milisi Syi'ah bayaran pro-rezim yang menuju ke Aleppo, yang warga sipil takut bisa dalam persiapan untuk serangan baru di kota tersebut.

Banyak pihak di oposisi memperkirakan Damaskus akan menggunakan waktu tenang gencatan senjata sebagai kesempatan untuk membangun pasukannya di daerah-daerah strategis, dan meluncurkan serangan di tempat-tempat seperti Aleppo ketika mereka mampu.

Inilah yang terjadi pada bulan Februari, ketika gencatan senjata serupa rusak setelah gelombang serangan udara di Aleppo oleh jet tempur Rusia memecah keheningan dan serangan darat oleh para petempur pro-rezim membawa kembali untuk perang habis-habisan.

Tidak ada tanggapan kemudian dari masyarakat internasional atas pelanggaran dari sekutu rezim Assad tersebut.

"Kepercayaan kami pada masyarakat internasional yang lemah telah hilang, sehingga satu-satunya solusi yang tertinggal adalah untuk terus memerangi rezim sampai napas terakhit," pernyataan hari Selasa (13/9/2016) terbaca.

"Perjanjian tersebut tidak termasuk jaminan nyata atau mekanisme dalam kasus rezim dan sekutunya melanggar gencatan senjata," point ke enam pernyataan itu terbaca.

"[Ini] akan mendorong [rezim] untuk mencari lebih banyak keuntungan strategis militer."

Tenang tapi tegang

Meskipun beberapa bagian dari negara itu menyaksikan kerusakan parsial dalam gencatan senjata, Aleppo adalah relatif tenang pada hari Selasa.

Selama akhir pekan, penduduk Aleppo menanggung beban dorongan menit-menit terakhir rezim untuk menghukum warga sipil sebelum gencatan senjata mulai berlaku, dengan gelombang demi gelombang serangan udara.

Kelompok oposisi mengatakan mereka ingin mengakhiri penderitaan warga sipil, tetapi mengatakan gencatan senjata hanya akan memperburuk situasi bagi mereka dalam jangka panjang.

"Kami menyambut baik masuknya bantuan ke daerah terkepung dan berjanji bekerjasama penuh dalam melindungi pekerja bantuan," kata pernyataan itu.

"Namun, [kami] menolak untuk mengaitkan bantuan tersebut dengan perjanjian politik, terutama yang mengadopsi pendekatan kelaparan untuk memaksa orang keluar dari rumah mereka."

Rezim Suriah telah memulai pembersihan skala besar bagian-bagian dari pinggiran kota Damaskus, dengan warga dan pejuang di Daraya terpaksa meninggalkan rumah mereka ke Idlib yang dikuasai oposisi. Wilayahterkepung Moadamiyeh tampaknya akan menjadi yang berikutnya.

Ada laporan bahwa para petempur milisi Syiah bayaran - sekarang bagian penting dari angkatan bersenjata rezim - dan keluarga mereka telah pindah ke rumah yang ditinggalkan Muslim Sunni di Daraya.

Apa yang banyak orang di oposisi sekarang takut adalah bahwa serangan kejutan intensif rezim pada Aleppo bisa mematahkan perlawanan dan memberikan Damaskus kota bekas pusat perdangangan di Suriah tersebut. serangan tersebut hampir pasti akan menandakan kemunduran fatal bagi para pejuang oposisi.

Kelompok pejuang oposisi utama di Aleppo Ahrar al-Sham menolak kesepakatan tersebut pada hari Ahad untuk alasan yang sama, dan kelompok-kelompok lain mungkin akan mengikuti.

AS dan Rusia tampak mengatur untuk mengkoordinasikan serangan bersama terhadap mantan afiliasi Al-Qaidah di Suriah, Jabhat Fatah al-Sham, yang kemungkinan bisa meluas ke kelompok Salafi-jihadi lainnya saat ini.

Pejuang oposisi di utara tahu bahwa Jahat Fatah al-Sham adalah kunci untuk memecahkan pengepungan timur Aleppo bulan lalu, dan jika mereka dieliminasi maka keseimbangan perang akan jatuh dalam mendukung Assad.

"Perjanjian tersebut tidak termasuk Fatah al-Sham sementara mengabaikan milisi (Syi'ah) asing sektarian yang berjuang bersama rezim, yang kami anggap standar ganda meragukan," kata pernyataan Selasa. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X