Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.946 views

Boko Haram Bebaskan Lagi 82 Gadis Chibok yang Sebelumnya Mereka Culik Tiga Tahun Lalu

ABUJA, NIGERI (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Boko Haram telah membebaskan 82 siswi dari kelompok yang terdiri lebih dari 200 orang yang mereka culik dari kota Chibok di timur laut tiga tahun yang lalu dengan imbalan pertukaran napi, kata kepresidenan, Sabtu (6/5/2017).

Sekitar 270 anak perempuan diculik pada bulan April 2014 oleh kelompok Boko Haram. Lusinan telah meloloskan diri dalam huru-hara awal, namun lebih dari 200 orang hilang selama lebih dari dua tahun.

Nigeria mengucapkan terima kasih kepada Swiss dan Komite Palang Merah Internasional karena telah membantu menjamin pembebasan 82 anak perempuan tersebut setelah "perundingan panjang", kata kepresidenan dalam sebuah pernyataan.

Presiden Muhammadu Buhari akan menerima gadis-gadis itu pada hari Ahad siang di ibukota Abuja, katanya, tanpa mengatakan berapa banyak tersangka Boko Haram yang telah dibebasakan sebagai gantinya atau mengungkapkan rincian lainnya.

Seorang sumber militer mengatakan bahwa anak-anak tersebut dibawa pada hari Ahad pagi dari Banki dekat perbatasan Kamerun dengan Maiduguri, ibukota negara bagian Borno dimana pemberontakan dimulai.

Pelepasan anak perempuan tersebut dapat memberi dorongan kepada Buhari yang hampir tidak pernah hadir di depan umum sejak kembali dari Inggris pada bulan Maret untuk perawatan penyakit yang tidak ditentukan.

Dia diklaim berhasil menghancurkan pemberontakan sebagai pilar kampanye pemilihannya pada tahun 2015.

Tentara telah merebut kembali sebagian besar wilayah yang pada awalnya direbut BokoHaram namun serangan dan pemboman jibaku oleh kelompok tersebut telah membuat hampir tidak mungkin bagi orang-orang yang kehilangan tempat tinggal untuk kembali ke kampung-kampung mereka yang tertangkap.

"Presiden mengarahkan badan keamanan untuk terus bersungguh-sungguh sampai semua gadis Chibok telah dibebaskan dan dipertemukan kembali dengan keluarga mereka," kata kepresidenan tersebut.

Lebih dari 20 gadis dibebaskan Oktober lalu dalam sebuah kesepakatan yang ditengahi oleh Komite Internasional Palang Merah. Yang lain telah melarikan diri atau telah diselamatkan, namun 195 diyakini masih berada dalam penahanan.

Buhari mengatakan pada bulan lalu bahwa pemerintah sedang dalam pembicaraan untuk menjamin pembebasan tahanan yang tersisa.

Meskipun gadis Chibok adalah kasus yang paling terkenal, Boko Haram telah menculik ribuan orang dewasa dan anak-anak, banyak di antaranya yang kasusnya telah terbengkalai.

Meskipun tentara telah merebut kembali sebagian besar wilayah yang awalnya hilang dari Boko Haram, sebagian besar wilayah timur laut, terutama di negara bagian Borno, tetap mendapat ancaman dari afiliasi Islamic State (IS) tersebut. Bom jibaku dan serangan senjata telah meningkat di wilayah tersebut sejak akhir musim hujan akhir tahun lalu. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X