Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.694 views

1 Pasukan Khusus AS Tewas 2 Terluka saat Serbu Markas Al-Shabaab di Barat Mogadishu

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Seorang anggota pasukan khusus NAVY SEAL AS tewas dan dua tentara Amerika lainnya terluka dalam sebuah serangan di sebuah kompleks pejuang Al-Shabaab di Somalia, pejabat AS mengatakan pada hari Jum'at (5/5/2017), dalam apa yang tampaknya merupakan kematian AS pertama di negara Afrika sejak bencana "Black Hawk Down".

Gedung Putih telah memberi wewenang yang lebih luas pada militer AS untuk melakukan serangan di Somalia melawan Al-Shabaab yang terkait dengan Al-Qaidah, tanda terbaru Presiden Donald Trump meningkatkan keterlibatan militer AS di wilayah tersebut.

Namun, partisipasi AS dalam serangan yang dipimpin oleh Somalia dilakukan di bawah wewenang di tempat selama bertahun-tahun, kata Pentagon. Sasarannya adalah pejuang Al-Shabaab yang terkait dengan berbagai serangan.

"Tujuannya adalah sebuah majelis dan sekelompok orang ... terkait dengan serangan terhadap pasukan AS, Somalia dan AMISOM," kata juru bicara Pentagon Kapten Jeff Davis, merujuk pada pasukan pejaga perdamaian Misi Uni Afrika di Somalia.

Komando Afrika AS mengaku seorang anggota layanan terbunuh oleh tembakan senjata ringan pada hari Kamis sementara pasukan AS sedang membantu operasi Tentara Nasional Somalia di Barii sekitar 60 km barat ibukota Mogadishu.

Pejabat AS yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan bahwa orang yang terbunuh itu adalah pasukan khusus Navy SEAL. Tidak segera jelas apakah yang terluka juga berasal dari satuan militer elit tersebut.

Seorang penerjemah Amerika-Somalia juga terluka, kata pejabat tersebut.

Pasukan AS memburu seorang komandan Al-Shabaab di dekat sungai Shabelle didampingi pasukan khusus Somalia, sebuah sumber keamanan Mogadishu mengatakan kepada Reuters. Tidak ada korban dari pihak Somalia.

Serangan tersebut terjadi di desa Darusalam, tempat Abdirahman Mohamed Warsame, yang dikenal sebagai Mahad Karate, diyakini berada, kata seorang sumber keamanan lainnya. Warsame adalah wakil pemimpin Al-Shabaab dan otoritas AS telah menawarkan $ 5 juta untuk informasi yang membawanya ke pengadilan.

"Warsame memainkan peran kunci di Amniyat, sayap al-Shabaab yang bertanggung jawab atas pembunuhan dan serangan 2 April 2015 di Garissa University College yang mengakibatkan kematian 150 orang," kata sebuah pernyataan di situs Rewards for Justice yang dikelola oleh AS. Departemen Luar Negeri.

Belum jelas apakah Warsame menjadi sasaran serangan tersebut, kata sumber keamanan tersebut.

Juru bicara Al-Shabaab mengatakan bahwa pasukan AS telah menyerang salah satu basis mereka.

Komando Afrika AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "pasukan AS membantu pasukan mitra untuk melawan Al-Shabaab di Somalia untuk menurunkan kemampuan afiliasi Al-Qaidah tersebut untuk merekrut, melatih dan merencanakan serangan teror eksternal di seluruh wilayah dan di Amerika".

Somalia telah hancur oleh perang sipil yang dimulai ketika panglima perang berbasis klan menggulingkan seorang diktator pada tahun 1991 kemudian saling mengarahkan senjatanya satu samalain.

Intervensi militer AS. pada tahun 1993 berakhir setelah insiden "Black Hawk Down", ketika 18 tentara A.S. terbunuh saat pejuang Somalia menembak jatuh dua helikopter di Mogadishu.

Pasukan AMISOM telah berada di Somalia sejak 2007, secara bertahap diperluas untuk mengamankan ibukota dan mendorong ke kota-kota besar. Sementara penasehat militer AS sendiri diam-diam beroperasi di sana sejak sekitar tahun 2007. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X