Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.423 views

Analis:Terpilihnya Ismail Haniyeh Membawa Era Baru bagi Kelompok Hamas Palestina

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Pemilihan Ismail Haniyeh sebagai kepala baru biro politik Hamas mengantar era baru bagi kelompok perlawanan Palestina tersebut, para analis meyakini.

Haniyeh, mantan perdana menteri, terpilih sebagai pemimpin kelompok itu dalam pemungutan suara yang diadakan Sabtu di Jalur Gaza dan Qatar secara bersamaan melalui konferensi video.

Dia akan menggantikan Khaled Meshaal, yang telah menjadi pemimpin Hamas sejak 1996.

Pemilu sendiri dilakukan beberapa hari setelah Hamas mengumumkan sebuah anggaran dasar yang direvisi yang membuang janjinya untuk menghancurkan Israel dan menerima sebuah negara Palestina di sepanjang perbatasan yang ditetapkan sebelum Israel menduduki Tepi Barat dan Gaza selama perang Arab-Israel 1967.

"Haniyeh adalah sosok yang karismatik dan populer di dalam dan luar negeri," kata Mukhemar Abu Saada, seorang profesor ilmu politik di Universitas Al-Azhar yang berbasis di Gaza, kepada Anadolu Agency Senin (8/5/2017).

"Dia juga seorang politisi moderat," katanya, berharap pemimpin baru Hamas tersebut akan berusaha untuk memperkuat hubungan kelompok itu dengan negara-negara Arab Sunni.

Haniyeh kelahiran Gaza, 54, membawa Hamas meraih kemenangannya dalam pemilihan parlemen Palestina 2006.

Dia ditunjuk sebagai perdana menteri setelah kemenangan pemilihan kelompok tersebut, namun kemudian dipecat oleh Presiden Mahmoud Abbas setelah Hamas menguasai Gaza setelah melakukan pertikaian berdarah dengan kelompok saingan Fatah.

Anggaran dasar yang telah direvisi

Sementara itu Mustafa Ibrahim, seorang analis politik, melihat tantangan terbesar bagi Haniyeh akan memasarkan anggaran dasar Hamas yang direvisi.

"Label terorisme adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Hamas, yang berusaha, melalui piagamnya, untuk memberi tahu dunia bahwa ini adalah kelompok nasionalis," katanya.

"Hamas juga menjauhkan diri dari Ikhwanul Muslimin, yang ditargetkan di banyak negara," kata Ibrahim.

Analis tersebut mencatat pendudukan Israel selama beberapa dekade dan rekonsiliasi antar-Palestina sebagai salah satu tantangan yang dihadapi pemimpin Hamas yang baru.

Abu Saada menggemakan pendapat yang sama.

"Kami dapat melihat upaya Haniyeh untuk mendekati Mesir dan negara-negara Arab lainnya dalam upaya untuk memasarkan anggaran dasar baru Hamas," katanya.

Namun demikian, dia mengesampingkan terobosan apa pun dalam hal menghapus Hamas dari daftar teror oleh Barat.

"Hamas bisa berhasil menyingkirkan sayap politiknya, bukan sayap militer, dari daftar teror," katanya.

Hamas diklasifikasikan sebagai organisasi teroris oleh AS, EU dan Israel.

"Hamas secara historis tidak diklasifikasikan sebagai kelompok teroris sampai intifada Palestina ke-2 pada tahun 2000 ketika kelompok tersebut melakukan serangan terhadap warga sipil Israel," Abu Saada mengatakan.


Tidak ada perubahan kebijakan

Analis politik Mustafa al-Sawwaf, untuk bagiannya, mengesampingkan perubahan kebijakan di bawah Haniyeh.

"Pemimpin Hamas tidak bisa melanggar keputusan oleh institusi dan pimpinan kelompok tersebut," katanya. "Mereka hanya alat untuk menerapkan keputusan kelompok."

Namun analis politik Hamza Abu Shanab memperkirakan Hamas akan lebih terbuka terhadap kelompok saingan Fatah dalam hal rekonsiliasi antar-Palestina.

"Memperkuat hubungan antara Hamas dan Mesir dan Iran juga akan menjadi prioritas," katanya.

Hubungan Hamas dengan Mesir telah tegang menyusul kudeta tahun 2013 melawan presiden Mesir dan pemimpin Ikhwanul Muslimin, Muhammad Mursi.

Hubungan antara Hamas dan Iran juga menukik tajam menyusul dukungan kelompok tersebut untuk revolusi Suriah melawan rezim teroris Bashar Al-Assad, yang didukung oleh Syi'ah Iran. (st/aa)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News

MUI

Must Read!
X

Jum'at, 13/05/2022 12:26

Panggung untuk Kaum Pelangi, Hempaskan!