Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.859 views

Interpol Hapus Nama Syaikh Yusuf Al-Qaradawi dari Daftar Buruan

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Interpol telah menghapus daftar dakwaan online Yusuf al-Qaradawi, salah satu pemimpin agama terkemuka di Timur Tengah, menurut Organisasi Hak Asasi Manusia Arab (AOHR) di Inggris.

Organisasi Kepolisian Internasional itu melakukan langkah tersebut setelah mereka menemukan bahwa kejahatan yang dituduhkan Qaradawi tidak lebih dari sebuah cover untuk penentangan "kejahatan politik" terhadap pihak berwenang di Mesir - negara yang meminta ulama tersebut dimasukkan dalam daftar buruan Interpol pada tahun 2014, AOHR mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Ahad (10/9/2017).

Qaradawi, seorang Mesir, tinggal di pengasingan di Qatar.

"Keputusan Interpol untuk menghapus nama al-Qaradawi dan nama lainnya dapat dianggap sebagai kekalahan bagi rezim Mesir," kata Mohamed Jamil, presiden AOHR.

"Rezim ini berfokus pada pembunuhan orang-orang Mesir, melaksanakan operasi penahanan berskala luas dan penghilangan paksa, mengeluarkan pengakuan dengan menggunakan penyiksaan, yang kemudian mereka gunakan terhadap para tahanan di pengadilan dan meminta pemberitahuan merah dari Interpol, dalam apa yang hanya bisa disebut penyalahgunaan murah teradap organisasi terhormat yang memiliki tujuan mulia memerangi kejahatan di seluruh dunia.

Interpol mengadakan beberapa diskusi dan pertukaran komunikasi dengan AOHR tentang Qaradawi, kata pernyataan tersebut.

Qaradawi, 91, ketua Persatuan Cendekiawan Internasional, terdaftar sebagai orang yang dicari untuk perampokan, pembakaran dan pembunuhan yang dilakukan setelah kudeta militer Mesir tahun 2013.

Semua dugaan kejahatan itu kemudian ditemukan dibuat saat terjadi selama ketidakhadirannya dari Mesir, dan tidak dapat dipercaya dilakukan oleh seseorang seusia dan reputasinya, kata AOHR.

"Banyak negara, termasuk yang lebih spesifik Uni Emirat Arab, berada di balik daftar al-Qaradawi dalam daftar (orang) yang diburu ini," kata Jamil.

"Ketika namanya diterbitkan, ada keadaan euforia umum di media Emirati yang diikuti oleh media Mesir, dan pihak lain yang selalu berusaha untuk membusukkan orang-orang yang menentang rezim Mesir," tambahnya.

"Namun, kebahagiaan ini tidak berlangsung lama, karena setelah beberapa saat kebenaran menjadi jelas dan segala sesuatunya akan kembali ke jalan yang benar."

Sistem yang salah

Jamil juga mengatakan bahwa Interpol terkadang menukar surat tuntutan tersebut dengan pemerintah secara langsung tanpa mempublikasikannya di situsnya.

"Ini digunakan secara luas oleh rezim diktator dalam eksploitasi sistem yang terang-terangan untuk menangkap individu yang diinginkan karena menentang rezim-rezim ini," katanya.

Jamil meminta Interpol untuk menghentikan praktik ini dan menerapkan kontrol ketat sehingga pemerintah tidak dapat lagi menggunakannya untuk mengejar lawan politik yang telah mereka ajukan untuk tuntutan pidana. (st/aje) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X