Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.409 views

PM Israel Benyamin Netanyahu Ditanyai untuk Ke-12 Kalinya Atas 2 Kasus Korupsi

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu hari Jum'at (5/10/2018) ini sedang ditanyai untuk ke-12 kalinya atas dua kasus korupsi.

Pertanyaan hari ini terkait dengan dua kasus yang dijuluki Kasus 1000 dan Case 2000. Dalam Kasus 1000, Netanyahu dituduh menerima hadiah mewah dari dua pengusaha berpengaruh sebagai imbalan atas undang-undang yang menguntungkan dan bantuan pribadi. Dalam Kasus 2000, Netanyahu sedang diselidiki karena menjanjikan Arnon Mozes - pemilik surat kabar Israel Yedioth Aronoth - bahwa dia akan membatasi sirkulasi Israel Hayom, publikasi pesaing utama Mozes, sebagai imbalan atas liputan yang menguntungkan dari dirinya dan kebijakannya.

Pagi ini, para penyelidik dari polisi Israel Lahav 433 - unit anti-penipuan yang mirip dengan FBI AS - tiba di kediaman resmi Netanyahu di Yerusalem. Banyak pengunjuk rasa berkumpul di luar kediaman dengan spanduk bertuliskan wajah Netanyahu dan kata-kata "menteri kejahatan", lapor Ynet.

Meskipun Netanyahu telah ditanyai mengenai dua kasus ini dalam berbagai kesempatan, hari ini menandai pertama kalinya sejak mantan orang kepercayaannya Nir Hefetz setuju untuk membantu polisi Israel dengan penyelidikan mereka, Haaretz melaporkan. Hefetz juga memberikan bukti untuk digunakan dalam Kasus 4000, penyelidikan lain di mana Netanyahu diduga memberikan manfaat peraturan kepada Shaul Elovitch, pemilik raksasa telekomunikasi Bezeq, sebagai imbalan atas liputan yang menguntungkan di situs berita Walla Elovitch.

Haaretz menambahkan bahwa, meskipun ketiga kasus tersebut sebelumnya sedang dilakukan sebagai penyelidikan terpisah, awal tahun ini Jaksa Agung Israel Avichai Mendelblit memutuskan untuk menyatukan ketiga penyelidikan “mengingat kesamaan antara kasus, […] saksi timbal balik dan garis waktu yang tumpang tindih. ”

Pertanyaan hari ini diharapkan menjadi yang terakhir kalinya perdana menteri akan ditanyai mengenai kasus 1000 dan 2000. Polisi Israel telah merekomendasikan bahwa Netanyahu didakwa melakukan penyuapan, tetapi rekomendasi ini tidak perlu diterjemahkan ke dalam dakwaan atau mengakhiri masa jabatannya di kantor. Kasus 4000 tetap luar biasa.

Tuduhan korupsi telah menjangkiti tidak hanya Netanyahu sendiri tetapi juga istrinya Sara dan putranya Yair. Pada bulan Agustus terungkap bahwa baik Sara dan Yair juga sedang diselidiki untuk kasus suap sehubungan dengan Kasus 4000, dengan kedua orang itu diduga bertindak sebagai utusan Netanyahu ke Shaul Elovitch. Jika dugaan itu terbukti benar, keduanya dapat dituduh melakukan suap meskipun mereka bukan pejabat publik.

Pada bulan Juni, Sara Netanyahu didakwa karena secara curang memperoleh lebih dari $ 100.000 untuk ratusan makanan yang disediakan oleh restoran ke kediaman resmi PM, melewati peraturan yang melarang praktik jika seorang juru masak dipekerjakan. Dia dituduh melakukan penipuan, pelanggaran kepercayaan dan memperburuk penipuan penerimaan barang, menurut dakwaan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kehakiman Israel. Jika terbukti, dia bisa menghadapi lima tahun penjara.

Benjamin Netanyahu bukan perdana menteri Israel pertama yang dituduh korupsi. Ehud Olmert, yang menjabat dari 2006 hingga 2009, terlibat dalam serangkaian penyelidikan korupsi sebelum dakwaan dilayangkan terhadapnya pada 2009. Dakwaan itu termasuk jumlah penipuan, pelanggaran kepercayaan, pemalsuan dokumen perusahaan dan penghindaran pajak. Beberapa dakwaan lain menyusul sebelum Olmert akhirnya mulai menjalani hukuman penjara pada tahun 2016 dan dibebaskan pada bulan Juli 2017. (st/MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X