Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.481 views

UEA Sewa Tentara Bayaran Asal AS untuk Bunuh Politisi, Ulama dan jihadis di Yaman

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Sebuah laporan mengungkap Uni Emirat Arab (UEA) menyewa sebuah perusahaan kontraktor keamanan atau dikenal sebagai tentara bayaran yang berasal dari AS untuk memulai program pembunuhan yang ditargetkan ala Israel di Yaman pada tahun 2015 terhadap sejumlah tokoh tidak diinginkan oleh Abu Dhabi.

Media outlet AS BuzzFeed memuat laporan itu pada hari Selasa (16/10/2018), mengidentifikasi perusahaan AS itu sebagai Spear Operation Group yang berkantor pusat di Delaware.

"Ada program pembunuhan yang ditargetkan di Yaman," kata Abraham Golan, pendiri kelompok yang berasal dari Hungaria-Israel.

“Saya menjalankannya. Kita melakukan itu. Itu disetujui oleh UEA dalam koalisi, ”tambahnya, mengacu pada koalisi pimpinan Arab Saudi, yang telah membantu pemerintah sah Yaman memerangi pemberontak Syi'ah Houtsi sejak Maret 2015.

Sebagai imbalan untuk melakukan pembunuhan yang ditargetkan tersebut, para tentara bayaran AS yang merupakan mantan pasukan komando dan Navy SEAL itu akan menerima $ 1,5 juta per bulan dan pembunuhan yang sukses akan diberi bonus yang dirahasiakan.

Kelompok ini diberi pengarahan oleh petugas berseragam Uni Emirat Arab yang telah memberi mereka daftar sasaran yang terdiri dari 23 orang, beberapa di antaranya diidentifikasi oleh peran mereka dalam politik Yaman.

UAE menetapkan target pertama kelompok itu sebagai Anssaf Ali Mayo, pemimpin lokal al-Islah, sebuah partai politik yang dicap oleh emirat sebagai "cabang politik organisasi teroris" - mengacu pada Ikhwanul Muslimin dan menggemakan sentimen dari UEA, yang, bersama dengan Arab Saudi, telah mencoba untuk menghancurkan gerakan tersebut di seluruh wilayah.

Mantan US Navy SEAL Isaac Gilmore, yang memimpin operasi bersama Golan, membenarkan beberapa yang disebut adalah anggota partai Islamis al-Islah Yaman, beberapa ulama yang terlibat dalam menyemangati jihad, dan beberapa "teroris murni (baca;jihadis)" - meskipun dia mengakui dia "tidak yakin sepenuhnya".

Al-Islah adalah salah satu sekutu utama Presiden Yaman Abdu Rabbo Mansour Hadi di selatan.

"Ini adalah serangan pertama," kata seorang juru bicara al-Islah kepada BuzzFeed, mengingat tanggal itu berlangsung pada 29 Desember 2015.

Rekaman yang direkam oleh pesawat pengintai telah menunjukkan saat terjadinyan serangan itu yang menyaksikan tim pembunuh memasang alat peledak ke pintu markas besar partai tersebut di kota pelabuhan Yaman, Aden.

Rekaman ini menunjukkan para tentara bayaran berlari ke kendaraan militer UEA, yang telah mengawal mereka, untuk kabur melarikan diri. Bom itu meledak dan kemudian satu lagi, "booby trapped" ke SUV mereka "untuk menyamarkan sumber ledakan pertama," diledakkan ketika kendaraan tersebut terlihat melaju keluar dari daerah itu.

Namun serangan itu gagal membunuh sang politisi, yang meninggalkan gedung 10 menit sebelumnya, kata seorang pejabat partai, yang menambahkan bahwa tidak ada yang tewas dalam serangan itu.

"Pemboman itu adalah rentetan pertama dalam serangkaian pembunuhan yang belum terpecahkan yang menewaskan lebih dari dua lusin pemimpin kelompok tersebut," kata BuzzFeed.

"Saat 2016 berkembang, mereka yang menyaksikan situasi yang memburuk di Yaman mulai memperhatikan bahwa para anggota al-Islah, dan ulama lainnya di Aden, tewas dengan kecepatan yang mengkhawatirkan," outlet itu melaporkan.

"Ada 25 hingga 30 pembunuhan," kata Gregory Johnsen, mantan penyelidik perang PBB Yaman.

Golan mengatakan ia mencontoh operasinya pada program pembunuhan yang ditargetkan yang dilakukan Zionis Israel, yang telah berlangsung sejak 1948.

"Dia berpendapat ada beberapa musuh jihadis yang begitu berbahaya dan keras kepala - dan begitu sulit untuk ditangkap - di mana pembunuhan adalah solusi terbaik," kata Buzzfeed.

UAE telah menjadi sekutu utama Arab Saudi dalam kampanye militer melawan Yaman.

Negara Teluk kaya tersebut, yang selama bertahun-tahun memiliki pengaruh besar di bagian selatan Yaman, telah banyak dituduh melakukan kejahatan perang.

Pada bulan Agustus, sebuah laporan yang diperoleh oleh Al Jazeera mengungkapkan Abu Dhabi mengoperasikan jaringan dari 27 penjara rahasia di Yaman selatan, di mana narapidana disiksa dengan teknik interogasi brutal.

Laporan tersebut menggambarkan contoh penyiksaan fisik dan psikologis serta adegan dari personil militer Emirat dan sekutu Yaman mereka yang melakukan pelecehan seksual. Para tahanan diperkosa dan diberi sengatan listrik di dada, ketiak dan alat kelamin, katanya, mencatat lebih dari 49 tewas sebagai akibat dari penyiksaan.

Pada bulan Juli, Kantor Hak Asasi Manusia PBB juga menegaskan bahwa tahanan Yaman telah disiksa dan dilecehkan secara seksual oleh tentara Emirat.

Para pejabat keamanan Yaman mengatakan pasukan lokal yang didukung oleh UEA memperluas jangkauan mereka di selatan negara itu, di mana mereka telah bentrok dengan pasukan yang setia kepada presiden yang diakui secara internasional.

Menteri Yaman Saleh al-Jabwani mengatakan UEA berusaha memecah-belah negara dengan menciptakan "tentara regional dan suku" yang terpisah di selatan. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X