Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.693 views

Sudan Bantah Gunakan Tentara Bayaran Rusia untuk Tumpas Protes Nasional

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Sudan membantah laporan bahwa tentara bayaran Rusia membantu pemerintah menumpas protes nasional terhadap melambungnya harga dan ekonomi yang gagal.

Menteri Dalam Negeri Ahmed Bilal Osman mengatakan kepada The New Arab berbahasa Arab pada hari Jum'at (12/1/2019) bahwa laporan itu "sepenuhnya salah".

"Ini hanya rekayasa yang dirancang untuk menghina pemerintah. Jika ada orang Rusia di lapangan, para demonstran akan melaporkannya," kata Osman.

"Situasinya tidak begitu buruk sehingga tentara bayaran perlu turun tangan," tambahnya.

Harian Inggris The Times melaporkan pada hari Kamis bahwa tentara bayaran berbahasa Rusia telah dilihat dan difoto di ibukota Sudan Khartoum.

Mengutip sumber-sumber oposisi, surat kabar itu mengatakan para tentara bayaran itu disewa dari perusahaan keamanan swasta Rusia, Grup Wagner, untuk memberikan pelatihan strategis dan praktis kepada pasukan keamanan Sudan.

"Ratusan personel Wagner diyakini telah dikerahkan ke tetangga Sudan, Republik Afrika Tengah, tahun lalu untuk membantu melatih pasukan," kata laporan itu.

The Times menerbitkan gambar buram pria kulit putih berpakaian kamuflase yang diangkut dengan truk militer.

Pihak berwenang mengatakan protes telah menyebabkan 24 orang tewas, sementara Human Rights Watch telah menempatkan korban tewas di 40, termasuk anak-anak dan staf medis.

Penyelenggara protes telah menyerukan demonstrasi harian di seluruh negeri menyerukan penggulingan Presiden Omar al-Bashir, menyebutnya sebagai "Pekan Pemberontakan".

Polisi Sudan menembakkan gas air mata pada hari Ahad (13/1/2019) terhadap kerumunan demonstran anti-pemerintah di Khartoum dan wilayah Darfur yang dilanda perang barat setelah penyelenggara menyerukan unjuk rasa nasional terhadap Bashir.

Demonstrasi anti-pemerintah pertama kali meletus pada 19 Desember karena kenaikan harga roti di kota dan desa sebelum kemudian menyebar ke Khartoum.

Kelompok-kelompok HAM mengatakan lebih dari 1.000 orang telah ditangkap sejak protes dimulai, termasuk para pemimpin oposisi, aktivis dan jurnalis serta demonstran.

Tindakan keras itu menuai kritik internasional, dengan negara-negara seperti Inggris, Norwegia, Kanada, dan Amerika Serikat memperingatkan Khartoum bahwa tindakannya dapat "berdampak" pada hubungannya dengan pemerintah mereka. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X