Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.617 views

Sumber Taliban Sebut Pasukan Asing di Afghanistan Akan Ditarik dalam Waktu 18 Bulan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Pejabat Taliban mengatakan negosiator AS pada hari Sabtu (26/1/2019) menyepakati rancangan pakta perdamaian yang menetapkan penarikan pasukan asing dari Afghanistan dalam waktu 18 bulan, yang berpotensi mengakhiri perang terpanjang Amerika Serikat.

Rincian rancangan itu diberikan kepada Reuters oleh sumber-sumber Taliban pada akhir perundingan  enam hari dengan utusan perdamaian khusus AS Zalmay Khalilzad di Qatar yang bertujuan mengakhiri perang, lebih dari 17 tahun sejak pasukan pimpinan Amerika menyerbu Afghanistan.

Ini menetapkan bahwa pasukan akan pergi dalam waktu 18 bulan sejak perjanjian ditandatangani.

Meskipun tidak ada pernyataan bersama yang dikeluarkan, Khalilzad mentweet kemudian bahwa pembicaraan telah membuat "kemajuan yang signifikan" dan akan segera dilanjutkan, menambahkan bahwa ia berencana untuk melakukan perjalanan ke Afghanistan untuk bertemu dengan pejabat pemerintah.

“Pertemuan di sini (di Qatar) lebih produktif daripada di masa lalu. Kami telah membuat kemajuan yang signifikan pada masalah-masalah vital, ”tulisnya, seraya menambahkan bahwa banyak masalah masih membutuhkan kerja.

"Tidak ada yang disepakati sampai semuanya disepakati dan semuanya harus mencakup dialog intra-Afghanistan dan gencatan senjata yang komprehensif," tulisnya dalam tweet.

Sekretaris Negara AS Mike Pompeo pada hari Sabtu menulis di Twitter bahwa ia telah menerima “berita yang menggembirakan” dari Khalilzad tentang pembicaraan tersebut.

"AS serius dalam mengejar perdamaian, mencegah #Afghanistan dari terus menjadi ruang bagi terorisme internasional & membawa pasukan pulang," tweet Pompeo. Dia tidak memberikan jadwal untuk potensi penarikan pasukan AS.

Pernyataan Taliban yang dikeluarkan kemudian juga mencatat kemajuan dalam penarikan pasukan dan masalah-masalah lain tetapi mengatakan diperlukan lebih banyak negosiasi dan konsultasi internal.

"Kebijakan Emirat Islam selama pembicaraan sangat jelas - sampai masalah penarikan pasukan asing dari Afghanistan disepakati, kemajuan dalam masalah lain tidak mungkin," kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid, menggunakan nama lain yang disebut kelompok itu.

Tidak jelas apakah rancangan yang dijelaskan oleh sumber-sumber Taliban dapat diterima oleh kedua belah pihak atau kapan itu dapat diselesaikan dan ditandatangani.

Musuh utama

Menurut sumber-sumber itu, kelompok Taliban memberi jaminan bahwa Afghanistan tidak akan diizinkan digunakan oleh pejuang Al-Qaidah dan Islamic State untuk menyerang Amerika Serikat dan sekutunya - permintaan awal kunci dari Washington.

Mereka mengatakan kesepakatan itu termasuk ketentuan gencatan senjata, tetapi mereka belum mengonfirmasi jadwal dan hanya akan membuka pembicaraan dengan perwakilan Afghanistan begitu gencatan senjata diterapkan.

Hingga sekarang, Taliban telah berulang kali menolak tawaran pemerintah Afghanistan untuk mengadakan pembicaraan, dan lebih memilih untuk berbicara langsung dengan pihak AS, yang dianggap sebagai musuh utamanya.

"Dalam 18 bulan, jika pasukan asing ditarik dan gencatan senjata diterapkan, maka aspek lain dari proses perdamaian dapat diterapkan," kata seorang sumber Taliban, mengutip dari sebagian rancangan.

Pembicaraan lebih lanjut tentang rancangan tersebut diharapkan pada bulan Februari, sekali lagi di ibukota Qatar Doha, kata sumber-sumber Taliban.

Mereka mengharapkan pihak mereka dipimpin oleh kepala politik baru Mullah Abdul Ghani Baradar, pendiri gerakan itu dan mantan komandan militer yang dibebaskan dari penjara di Pakistan tahun lalu.

Sementara mereka mengatakan pengangkatannya telah meningkatkan momentum untuk sebuah kesepakatan, tidak jelas apakah dia telah bergabung dalam pembicaraan.

Serangan hampir setiap hari

Berita kemajuan dalam kesepakatan muncul ketika Taliban terus melakukan serangan hampir setiap hari terhadap pemerintah Afghanistan yang didukung Barat dan pasukan keamanannya.

Meskipun ada kehadiran pasukan asing yang dipimpin AS, memberi nasihat dan membantu rekan-rekan Afghanistan mereka 17 tahun setelah Amerika Serikat memimpin invasi untuk menggulingkan mereka dari kekuasaan, Taliban mengendalikan hampir separuh Afghanistan.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan pekan lalu bahwa 45.000 anggota pasukan keamanan negara itu telah terbunuh sejak ia menjabat pada tahun 2014.

Amerika Serikat memiliki sekitar 14.000 tentara di Afghanistan sebagai bagian dari misi yang dipimpin NATO, yang dikenal sebagai Dukungan Tegas, serta misi kontra jihadis AS yang diarahkan pada kelompok-kelompok seperti Islamic State dan Al-Qaidah.

Meskipun ada laporan bulan lalu bahwa Amerika Serikat mempertimbangkan untuk menarik hampir setengah dari pasukannya, seorang juru bicara Gedung Putih mengatakan Presiden AS Donald Trump tidak mengeluarkan perintah untuk menarik pasukan. Namun, pemerintah belum membantah laporan itu, yang memicu kekhawatiran krisis pengungsi baru.

Sumber-sumber Taliban mengatakan klausul lain dalam rancangan tersebut termasuk perjanjian pertukaran dan pembebasan tahanan, penghapusan larangan perjalanan internasional terhadap beberapa pemimpin Taliban oleh Washington dan prospek pemerintah sementara Afghanistan setelah gencatan senjata dilakukan.

Saran untuk menunjuk pemerintah sementara di Afghanistan datang ketika politisi tingkat atas termasuk Ghani telah mengajukan nominasi mereka untuk pemilihan presiden pada bulan Juli. Ghani telah berulang kali menolak tawaran itu untuk menyetujui pembentukan pemerintahan sementara.

Sumber-sumber Taliban juga mengkonfirmasi ketetapan dalam rancangan yang memiliki implikasi lebih luas untuk hubungan Afghanistan dengan tetangga-tetangganya, terutama Pakistan, India dan Cina.

Mereka mengatakan kesepakatan itu mencakup ketentuan bahwa gerilyawan separatis dari Balochistan, provinsi Pakistan barat daya yang kaya sumber daya, tidak akan diizinkan menggunakan tanah Afghanistan untuk menargetkan Pakistan. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Kamis, 16/05/2024 10:20

Batas Akhir Visa Umrah 23 Mei 2024