Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.661 views

41 Warga Sipil Tewas, 21.000 Mengungsi Akibat Bombardir Rezim Teroris Assad di Idlib dan Hama

IDLIB, SURIAH (voa-islam.com) - Rezim teroris Suriah telah mengintensifkan bombardir serampangan di provinsi utara Idlib, menggusur lebih dari 21.000 orang, di tengah meningkatnya bukti kehancuran perjanjian gencatan senjata Sochi.

Setidaknya 41 warga sipil, termasuk sekitar 13 anak-anak, telah terbunuh oleh pemboman rezim sejak 9 Februari, dengan serangan udara yang menargetkan puluhan lingkungan sipil di kota-kota di selatan Idlib dan kegubernuran Hama yang bertetangga.

Pada hari Jum'at, enam anak tewas di Maarrat Al-Numan setelah pasukan rezim menghantam kota itu dengan bom curah. Beberapa penembakan terberat juga menghantam kota Khan Sheikhoun, tempat serangan kimia mematikan pada 2017 yang menewaskan lebih dari 80 orang. Setidaknya 20 warga setempat telah terbunuh dalam sepuluh hari terakhir, dengan lusinan lagi mendapatkan perawatan karena cedera.

Kelompok pertahanan sipil White Helmet telah bekerja di wilayah yang dikuasai oposisi, membawa yang terluka ke rumah sakit dan menyelamatkan warga sipil yang terjebak oleh puing-puing rumah mereka yang hancur.

Pekan lalu, bombardir rezim teroris Assad juga menghancurkan toko roti terbesar di kota, membakar sekitar 80.000 ton tepung dan menghentikan produksi seluruhnya, toko roti sebelumnya memenuhi kebutuhan sekitar 10.000 keluarga.

Puluhan ribu orang telah meninggalkan rumah mereka, mendorong lebih jauh ke utara menuju Idlib dalam upaya untuk menghindari kekerasan.

Masuknya pengungsi baru telah mendorong pasukan oposisi untuk melakukan pembalasan dengan penembakan artileri pada posisi militer pemerintah dari pedesaan Hama, dengan pemboman terus berlangsung hari ini sebelumnya.

Meningkatnya kekerasan telah mempertanyakan umur panjang dari perjanjian gencatan senjata yang dimediasi oleh Turki, Rusia dan Iran di Sochi September lalu.

Ini menetapkan penciptaan zona penyangga sedalam 15 kilometer di sekitar wilayah idlib dan Hama dan sekitarnya Aleppo, sebagai imbalan atas penarikan persenjataan berat oleh oposisi.

Faksi Hay'at Tahrir Al-Shaam (HTS) mengkonsolidasikan kontrol mereka atas provinsi, mendorong keluar Front Pembebasan Nasional (NLF) yang didukung Turki dari berbagai kota strategis.

Awal bulan ini, Ankara dan Moskow mengumumkan perjanjian untuk mengambil "langkah tegas" untuk menstabilkan Idlib, kemudian mengumumkan dimulainya patroli bersama di sekitar provinsi itu dalam upaya untuk meredakan ketegangan.

Pekan lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan bahwa "kemajuan signifikan" telah dibuat di Turki dalam masalah Idlib dan bahwa pembicaraan sedang berlangsung.

"Setidaknya setengah juta warga Suriah sedang menunggu pengamanan wilayah ini untuk kembali ke sana," kata Erdogan sebuah unjuk rasa di provinsi Kahramanmars Turki selatan.

Namun, Turki sebagian besar disibukkan dengan kehadiran kelompok milisi Kurdi di sebelah timur Eufrat, dengan rencana untuk melancarkan serangan, dengan dukungan kelompok oposisi sekutu Suriah di lapangan, masih dalam pertimbangan.

PBB dan organisasi bantuan telah berulang kali memperingatkan bahwa ofensif ke Idlib yang penuh sesak dengan pengungsi dapat memicu bencana kemanusiaan terburuk dari perang saudara di negara itu sejauh ini. (st/MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X