Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.483 views

Forum Pemuda Islam Ingatkan Kembali Insiden Pembantaian Khojaly

ANKARA (voa-islam.com) - Forum Pemuda Konferensi Islam Muslim menyerukan adanya kampanye internasional untuk pengakuan yang lebih besar terhadap insiden pembantaian Khojaly tahun 1992.

Taha Ayhan, ketua Forum Pemuda Konferensi Islam (ICYF), menyatakan hal itu pada peringatan ke-27 para korban pembantaian, yang menyebabkan lebih dari 1.000 korban, termasuk banyak perempuan dan anak-anak, dalam sebuah program yang diselenggarakan oleh forum dan kedutaan besar Azerbaijan untuk Turki.

"Saya ingin menyampaikan harapan saya agar dunia Muslim tidak pernah lagi menyaksikan pembantaian yang begitu mengerikan terhadap warganya, yang sebagian besar adalah orang muda," kata Ayhan.

Dia juga menyuarakan dukungannya untuk kampanye "Keadilan untuk Khojaly" sejak diluncurkan pada 2008, yang dipelopori oleh Leyla Aliyeva, putri Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, untuk meningkatkan kesadaran di seluruh dunia tentang apa yang terjadi di negara itu sekitar tiga dekade lalu.

"Kami mencatat bahwa hingga saat ini, lebih dari 12.000 orang dan 115 organisasi telah bergabung dalam kampanye ini, yang berfungsi dengan sukses di banyak negara," tambahnya.

Ayhan juga mengatakan: "Mereka yang menghormati dan mendukung kedaulatan, integritas wilayah, dan kemakmuran masa depan negara mereka sendiri, serta supremasi hukum internasional, juga akan mendukung sikap adil Azerbaijan."

Yonet Can Tezel, seorang pejabat tinggi di Kementerian Luar Negeri Turki, mengatakan bahwa Turki berdiri dalam solidaritas dengan "teman-teman Azerbaijannya," menambahkan bahwa pembantaian Khojaly adalah salah satu kejahatan paling kejam dalam sejarah politik.

"Kami berdiri bersama saudara dan saudari Azerbaijan kami, kami berbagi kepedihan," katanya.

Tezel menekankan bahwa Turki akan terus menuntut keadilan bagi Khojaly dari sisi kebenaran sejarah.

Necdet Unuvar, mantan ketua Kelompok Persahabatan Parlemen Turki-Azerbaijan, mengatakan tentang pembantaian itu: "Kita tidak boleh melupakan Khojaly dan tidak membiarkannya dilupakan."

Dia mengatakan bahwa peringatan pembantaian itu penting bagi umat manusia untuk tidak pernah lagi membiarkan tragedi semacam itu terjadi lagi.

Khazar Ibrahim, duta besar Azerbaijan untuk Turki, mengatakan bahwa orang-orang di Ankara, dan juga di seluruh dunia, memperingati semua "yang binasa" dalam pembantaian itu.

"Untuk semua warga Azerbaijan, kami selalu menjalani rasa sakit ini di hati kami," tambahnya.

Ibrahim mengatakan bahwa penting bagi orang-orang untuk mengangkat suara mereka dan memberi tahu komunitas internasional apa yang terjadi 27 tahun yang lalu di kota Khojaly di wilayah Karabakh, Azerbaijan.

"Komunitas internasional harus mengambil sikap moral terhadap masalah-masalah yang menyangkut kehidupan manusia," katanya.

Mengatakan bahwa Azerbaijan mencari keadilan dan perdamaian, Ibrahim menambahkan bahwa ia percaya bahwa jika pembantaian seperti Khojaly berlanjut, sistem internasional saat ini tidak dapat lagi bertahan.

"Saya percaya tidak ada yang akan aman kecuali adanya keadilan," tambahnya.

Program peringatan dimulai dengan pembacaan ayat-ayat dari Quran, diikuti dengan presentasi video tentang pembantaian Khojaly.

Para duta besar dan perwakilan dari sejumlah kedutaan, kementerian, dan kantor pemerintah juga menghadiri acara tersebut, lapor Anadolu.

Pembantaian Khojaly

Pembantaian 26 Februari 1992 dipandang sebagai salah satu insiden perang paling berdarah antara Armenia dan Azerbaijan untuk menguasai wilayah Karabakh Atas yang sekarang diduduki.

Karena pembubaran Uni Soviet, pasukan Armenia mengambil alih kota Khojaly di Karabakh pada 26 Februari 1992, setelah menghantamnya dengan artileri berat dan tank, dibantu oleh resimen infantri.

Ketika pembantaian itu terjadi, penduduk kota itu lebih dari 11.000.

Serangan dua jam itu menewaskan 613 orang Azeri, termasuk 116 wanita dan 63 anak-anak, dan juga melukai 487 lainnya, menurut hitungan Azerbaijan.

Sekitar 150 dari 1.275 orang Azerbaijan yang ditangkap orang Armenia selama pembantaian masih hilang sampai hari ini.

Karabakh - wilayah yang disengketakan antara Azerbaijan dan Armenia - memisahkan diri dari Azerbaijan pada tahun 1991 dengan dukungan militer dari negara tetangganya, Armenia, dan proses perdamaian belum dilaksanakan. 

Tiga resolusi Dewan Keamanan PBB dan dua resolusi Majelis Umum PBB menyebut Karabakh sebagai bagian dari Azerbaijan, dan Majelis Parlemen Dewan Eropa menyebut kawasan itu ditempati oleh pasukan Armenia. 

Pendudukan Armenia atas Karabakh menyebabkan penutupan perbatasan dengan Turki, yang berpihak pada Baku dalam perselisihan.[fq/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X