Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.389 views

Saudi Beri Anak-anak Jamal Khashoggi Rumah dan Uang Sebagai Kompensasi Pembunuhan Ayah Mereka

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi telah memberi keempat anak jurnalis yang dibunuh Jamal Khashoggi "rumah bernilai jutaan dolar" dan "pembayaran bulanan lima digit" sebagai kompensasi atas pembunuhan ayah mereka, lapor Washington Post.

Kerajaan itu sedang berusaha mencapai kesepakatan jangka panjang dengan anggota keluarga Khashoggi untuk mendorong mereka untuk terus menahan diri dari melakukan kritik sehubungan dengan pembunuhan ayah mereka oleh agen-agen Saudi, surat kabar itu melaporkan.

Pembayaran yang lebih besar "mungkin puluhan juta dolar untuk masing-masing" sebagai bagian dari perundingan "uang darah" dapat ditawarkan dalam beberapa bulan mendatang, kata surat kabar itu, menurut cerita dari pejabat saat ini dan mantan pejabat Saudi serta orang-orang yang dekat dengan keluarga, Washington Post melaporkan.

Negosiasi mengenai pembayaran lebih lanjut diperkirakan akan dilakukan setelah pengadilan terhadap para terdawa pembunuh Khashoggi, menurut para pejabat dan lainnya yang berbicara kepada surat kabar tersebut dengan syarat anonimitas.

Agen-agen Saudi membunuh Khashoggi, kontributor Washington Post yang tinggal di Amerika Serikat, pada 2 Oktober 2018, di konsulat Saudi di Istanbul, tempat ia pergi untuk mengambil dokumen untuk pernikahan yang direncanakannya.

Seorang kritikus dari pemerintah Saudi dan putra mahkota, Khashoggi telah menolak tekanan dari Riyadh untuk kembali ke rumah.

'Ketidakadilan besar'

Jenazah Khashoggi belum ditemukan.

Anak-anaknya, dua putri dan dua putra, belum mengkritik kerajaan, meskipun ada kecaman dari seluruh dunia atas pembunuhan ayah mereka.

Raja Saudi Salman menyetujui "pengiriman rumah dan pembayaran bulanan $ 10.000 atau lebih untuk masing-masing dari mereka" pada tahun 2018 sebagai pengakuan bahwa "ketidakadilan besar yang telah dilakukan" dan tawaran "untuk membuat kesalahan, benar", Washington Post mengutip kata seorang mantan pejabat.

Seorang pejabat Saudi mengatakan pembayaran itu sejalan dengan kebiasaan lama Saudi dalam memberikan bantuan keuangan kepada para korban kejahatan.

"Dukungan semacam itu adalah bagian dari kebiasaan dan budaya kami," kata pejabat itu, menurut Washington Post.

"Itu tidak melekat pada hal lain," katanya tampaknya menolak tuduhan bahwa pembayaran tersebut digunakan untuk membeli kebisuan keluarga.

Sejauh ini anak-anak Khashoggi dilaporkan masing-masing menerima rumah senilai 4 juta dolar di Jeddah, di sebuah kompleks tempat tinggal saudara laki-laki tertua mereka, Salah. Tiga anak lainnya tinggal di AS dan "diperkirakan akan menjual properti Saudi baru mereka," kata laporan itu. Rumah-rumah tersebut tampaknya merupakan bagian dari pemukiman awal.

Salah Khashoggi berencana untuk tetap di Arab Saudi, yang mungkin menjadi salah satu alasan para saudara kandungnya tidak berbicara menentang kerajaan.

'Bukan pembangkang'

Kedua saudara perempuannya, Norah dan Razan Jamal menulis bahwa ayah mereka "bukan pembangkang" dalam opini Washington Post November lalu, yang tidak membahas siapa yang membunuhnya atau mengapa.

Salah tidak mengomentari diskusi keuangan ketika dihubungi oleh koran tersebut pada hari Senin (1/4/2019). Dia tampaknya negosiator utama untuk keluarga Khashoggi. Saudara laki-laki Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) dan Duta Besar Saudi untuk Khalid bin Salman yang dikabarkan dilaporkan mewakili Saudi dalam masalah ini.

Saudi telah berulang kali membantah bahwa putra mahkota memiliki keterlibatan dalam pembunuhan. Badan-badan intelijen AS menyimpulkan dengan "keyakinan sedang hingga tinggi" bahwa pembunuhan itu diperintahkan MBS.

Pejabat Saudi menggambarkan pembunuhan itu sebagai operasi jahat yang dilakukan oleh tim yang bermaksud mengembalikan Khashoggi ke Riyadh.

Ajudan terkemuka MBS Saud al-Qatani adalah bagian dari tim dan diberhentikan segera setelah pembunuhan Khashoggi, meskipun putra mahkota dilaporkan terus menerima saran darinya baru-baru ini pada bulan Januari.

Jaksa penuntut umum Saudi mendakwa 11 tersangka yang tidak disebutkan namanya pada bulan November, termasuk lima yang dapat menghadapi hukuman mati dengan tuduhan "memerintahkan dan melakukan kejahatan".

Jika para pria itu dihukum, itu bisa membuka jalan bagi anggota keluarga Khashoggi untuk menerima kompensasi finansial sebagai hukuman alternatif. Tidak jelas apakah mereka harus mengampuni para pembunuh untuk mendapatkan uang.

Perjanjian semacam itu juga dapat menutup kasus di bawah hukum Saudi, tanpa MBS, atau pembantu senior yang diyakini terlibat dalam pembunuhan, menghadapi persidangan.

Proses pengadilan telah dirahasiakan dan tidak memenuhi standar internasional, kata pakar hak asasi manusia PBB. (st/Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X