Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.413 views

Pejuang Oposisi: Rusia dan Suriah Berusahan Rebut Kendali 2 Jalan Raya Utama Antara Idlib dan Hama

IDLIB, SURIAH (voa-islam.com) - Pejuang oposisi Suriah yang didukung oleh Turki mengatakan pada hari Senin (6/5/2019) bahwa Moskow dan sekutunya pemerintah Suriah berusaha untuk merebut kendali atas dua jalan raya utama di daerah kantong terakhir mereka di barat laut negara itu dalam upaya untuk menopang ekonomi Suriah yang terkena sanksi, Reuters melaporkan.

Hari keenam kampanye oleh pasukan pemerintah menyaksikan serangan udara berat yang menargetkan lingkungan sipil dan fasilitas medis di kota Jisr al-Shughour dan dataran al-Ghab, serta kota-kota al-Latamenah dan Maarat al-Numan di selatan provinsi Idlib.

Mengambil daerah-daerah itu akan membawa Presiden Bashar al-Assad dekat untuk mendapatkan kembali kendali atas jalan raya M5 dan M4 yang strategis dari Aleppo ke Hama dan Latakia di pantai Mediterania, dua arteri pra-perang terpenting Suriah, kata pejuang oposisi.

Beberapa dari hari pertama serangan itu melanda kota-kota di Hama utara dan provinsi Idlib selatan di dalam zona penyangga yang disepakati pada September antara Rusia dan Turki sebagai bagian dari kesepakatan yang mencegah serangan besar-besaran di wilayah itu, pijakan utama terakhir oposisi Suriah .

Rusia dan tentara Suriah mengklaim mereka menanggapi peningkatan serangan oleh para jihadis di daerah-daerah yang dikuasai pemerintah dan tidak mau mengakui melakukan serangan serampangna yang menurut para petugas medis dan penyelamat telah menewaskan puluhan warga sipil dalam beberapa hari terakhir, merobohkan setidaknya lima pusat medis, dan melumpuhkan kehidupan hari demi hari.

PBB mengatakan serangan itu termasuk penggunaan bom barel terburuk oleh tentara Suriah dalam 15 bulan. Dikatakan sekitar 323.000 orang telah mengungsi di Suriah barat laut sejak September tahun lalu.

Penduduk mengatakan puluhan ribu telah meninggalkan rumah mereka, banyak dari mereka ke kamp-kamp di perbatasan Turki, sejak serangan terbaru dimulai. Beberapa yang gagal mencapai kamp-kamp itu mencari perlindungan di kebun zaitun, kata penduduk dan saksi.

"Serangan dan serangan udara telah meningkat dalam intensitas dan keganasan dan daerah yang dihantam semakin melebar," kata Naji Mustafa dari kelompok oposisi Front Pembebasan Nasional (NLF) yang didukung Turki kepada Reuters.

Rusia mengatakan Turki belum berbuat cukup banyak untuk mengusir para jihadis dari zona penyangga atau untuk membuka jalan raya M5 dan M4 yang menghubungkan kota-kota yang dipegang oleh pemerintah dan membentang dari ujung selatan Suriah di dekat perbatasan dengan Yordania ke perbatasan utara dengan Turki.

Membuka rute komersial dan penumpang melalui provinsi Idlib akan menegaskan kembali kendali negara atas ekonomi yang terpecah-pecah selama delapan tahun konflik dan sekarang menghadapi sanksi AS dan UE, kata para pakar ekonomi.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pekan lalu bahwa ia tidak mengesampingkan serangan skala penuh terhadap oposisi di provinsi Idlib, setelah para pejabat Rusia secara terbuka mempertanyakan seberapa jauh mereka akan terus menoleransi kontrol jihadis.

Oposisi Suriah yang berusaha untuk menjatuhkan Assad menuduh Moskow menggunakan para jihadis sebagai alasan untuk meningkatkan serangan terhadap wilayah sipil dan menekan Turki.

“Sudah lama ada tujuan Rusia untuk menangkap jalan raya ini. Ini ditolak sebagai prinsip revolusi kami dan itu berarti pemindahan puluhan ribu orang yang tinggal di daerah tersebut dan menolak untuk berada di bawah Rusia (pemerintahan), ”Mayor Yousef Hamoud, juru bicara Angkatan Darat Nasional yang didukung Turki , kepada Reuters.

Hilangnya kontrol oposisi atas jalan raya akan berarti hilangnya aset keuangan untuk pemberontak, serta menjadi tanda melemahnya cengkeraman mereka di kantong terakhir mereka.

Ini juga akan merusak lingkup pengaruh yang telah digali Turki dalam beberapa tahun terakhir di Suriah. (st/MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X