Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.176 views

Militer Pakistan Akan 'Melakukan Apa Saja' Untuk Mendukung Orang-orang di Kashmir

KASHMIR, PAKISTAN (voa-islam.com) - Wilayah Kashmir yang dikelola Pakistan tegang pada hari Selasa (6/8/2019) dengan sedikitnya enam orang terluka dalam protes sporadis di tengah penguncian keamanan besar-besaran menyusul keputusan India untuk mencabut status otonomnya setelah lebih dari 70 tahun.

Militer Pakistan akan "melakukan apa saja" untuk mendukung orang-orang di Kashmir, kepala militernya mengatakan pada hari Selasa, ketika India mempertahankan pemutusan telekomunikasi untuk hari kedua untuk mencegah protes atas penghapusan status khusus untuk wilayah tersebut.

Dalam upaya untuk memperketat cengkeramannya di wilayah Himalaya, Kashmir yang juga diklaim oleh Pakistan, India menjatuhkan ketentuan konstitusional yang memungkinkan satu-satunya wilayah mayoritas Muslim di negara itu untuk membuat undang-undang sendiri.

Setelah pertemuan dengan komandan tinggi di kota Rawalpindi, panglima militer Pakistan menyatakan dukungannya kepada rakyat Kashmir, dan perdana menteri mengatakan ia mempertimbangkan pendekatan Dewan Keamanan PBB.

"Militer Pakistan dengan kuat mendukung warga Kashmir dalam perjuangan mereka sampai akhir," kata Jenderal Qamar Javed Bajwa. "Kami siap dan akan melakukan apa pun untuk memenuhi kewajiban kami dalam hal ini."

Negara bertetangga bersenjata nuklir itu telah berperang dua dari tiga perang mereka di wilayah itu, dan terlibat dalam bentrokan udara pada Februari setelah sebuah kelompok jihadis yang bermarkas di Pakistan menyatakan bertanggung jawab atas serangan terhadap konvoi militer India.

Gambar video oleh mitra Reuters ANI menunjukkan jalan-jalan sepi pada hari Selasa di Srinagar, kota utama wilayah itu di jantung pemberontakan bersenjata yang hampir 30 tahun yang India tuduh dibantu Pakistan.

Sebagai tanggapan, Islamabad mengatakan mereka hanya memberikan dukungan moral dan diplomatik kepada rakyat Kashmir dalam perjuangan mereka untuk penentuan nasib sendiri.

“Kami akan melawannya di setiap forum. Kami sedang memikirkan bagaimana kami dapat membawanya ke Pengadilan Internasional (Keadilan) ... ke Dewan Keamanan PBB, "Perdana Menteri Imran Khan mengatakan kepada parlemen Pakistan.

Beberapa jam sebelum berita Senin, pihak berwenang India telah memutus layanan komunikasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di Kashmir, menangkap para pemimpinnya, termasuk dua mantan menteri kepala negara.

Meskipun para pemimpin telah memperingatkan bahwa perubahan, yang membebaskan tanah untuk dibeli oleh bukan penduduk, akan memicu kerusuhan, pemadaman listrik dan pengerahan pasukan yang besar, termasuk puluhan ribu tentara tambahan, telah membantu mengekang agitasi.

Namun, reaksi terhadap keputusan New Delhi untuk memperketat kendali atas wilayah itu sudah dekat, karena banyak yang melihat tindakan itu sebagai pelanggaran kepercayaan, kata Shah Faesal, pemimpin Gerakan Rakyat Jammu dan Kashmir.

"Kami mungkin melihat letusan ketika penjaga turun," katanya kepada Reuters. "Orang-orang menganggapnya sebagai tindakan penghinaan."

Politisi daerah Kashmir mengatakan mereka tidak mengetahui tentang langkah itu dan takut tindakan keras yang lebih luas. Tiga pemimpin ditemui Reuters pada hari Senin di rumah mereka di Srinagar memiliki sedikit pengetahuan tentang situasi di luar.

"Ini akan sulit - sulit bagi orang-orang, sulit bagi partai politik," kata Rafi Ahmed Mir, juru bicara Partai Demokrat Rakyat, yang merupakan bagian dari koalisi BJP yang memerintah negara hingga tahun lalu.

Keluarga yang terbagi

Polisi bersenjata pada hari Selasa berpatroli setiap beberapa ratus meter di Srinagar, tempat larangan pertemuan publik lebih dari empat orang tetap berlaku. Institusi pendidikan dan sebagian besar toko di lingkungan perumahan ditutup.

Beberapa pemilik toko mengatakan stok habis setelah berhari-hari panik membeli.

"Tidak ada barang yang tersisa di toko saya, dan tidak ada persediaan baru datang," kata pemilik toko kelontong Jehangir Ahmad.

Di rumah sakit Srinagar yang dilanda tindakan keras pada komunikasi telepon, televisi dan internet, staf bekerja lembur, dengan ambulans dikirim untuk mendatangkan dokter dan perawat.

"Kami sedang mengelola untuk saat ini," kata seorang pejabat senior di rumah sakit Lal Ded yang memiliki 500 tempat tidur yang tidak mau disebutkan namanya karena ia tidak berwenang berbicara kepada media.

Pasukan keamanan menembakkan gas air mata dan pelet untuk membubarkan protes sporadis pada hari Senin, kata seorang pejabat polisi yang menolak disebutkan namanya.

"Ada pelemparan batu di beberapa bagian kota," tambahnya.

Di Muzaffarabad, ibukota Kashmir yang diperintah Pakistan sekitar 45 km dari perbatasan yang diperebutkan tetangga, protes memasuki hari kedua, dengan ratusan orang, termasuk anak-anak, meneriakkan slogan-slogan anti-India.

Di Lembah Neelum di dekatnya, tempat kedua belah pihak saling baku tembak dalam beberapa pekan terakhir, semua toko dan bisnis tutup sebagai protes.

Banyak warga Kashmir memiliki kerabat di kedua sisi perbatasan, tetapi mereka yang berada di pihak Pakistan mengatakan mereka tidak dapat menjangkau orang-orang di India selama berhari-hari.

Tanveer-ul-Islam, yang bermigrasi ke Muzaffarabad pada 1990, mengatakan ia kehilangan kontak dengan ibunya di Kashmir India sejak Ahad.

"Anda bahkan tidak bisa membayangkan rasa sakit saya," tambahnya. "Kami tidak tahu tentang keselamatan siapa pun di seluruh jurang pemisah ini."

Di Dhaka, ibukota negara tetangga Bangladesh, ratusan orang memprotes di luar masjid nasional setelah sholat subuh, meneriakkan slogan-slogan seperti "Pergilah ke neraka, Hindustan. Pergilah ke neraka, pemerintah Modi. Semoga Kashmir bebas." (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X