Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.479 views

Titik Merah Jadi Simbol Perlawanan Warga Kashmir Terhadap India

NEW YORK (voa-islam.com) - Titik merah terkenal yang menandai kisah Kashmir yang dikelola India di media sosial muncul jauh sebelum India menghapuskan status khusus mayoritas wilayah Muslim tersebut.

Keputusan untuk mencabut Pasal 370 konstitusi India pada 5 Agustus didahului oleh peningkatan militer di lembah Himalaya, diikuti oleh kuncian yang melumpuhkan sekarang di hari ke-12, dan penangkapan ratusan pemimpin politik dan aktivis.

Di tengah krisis, sejumlah akun media sosial yang terkait dengan Kashmir, termasuk Stand With Kashmir, kelompok advokasi akar rumput di Amerika Serikat, membukukan titik merah di halaman media sosial mereka.

"Di situlah ide dengan warna merah dimulai melalui percakapan yang sangat informal," kata Hafsa Kanjwal, salah satu sukarelawan kelompok itu.

"Kami memutuskan untuk menggunakannya [titik merah] sebagai kampanye untuk mencoba setidaknya melakukan semacam pengorganisasian media sosial awal untuk membuat orang sadar."

Halaman Instagram dimulai awal tahun ini sebagai ruang online untuk warga Kashmir. Tetapi ketegangan terakhir di kawasan itu mengubah titik merah menjadi simbol perlawanan di media sosial terhadap kendali militer India.

Kanjwal mengatakan, pengikut akun Facebook meningkat dari 300 menjadi 10.000 dalam dua-tiga hari pertama kepindahan India.

Ratusan warga Kashmir dan pendukung mereka di Twitter dan Facebook juga mengubah gambar profil mereka menjadi titik merah.

Dalam serangkaian peristiwa yang ironis, para aktivis mengatakan tanggapan itu mengejutkan mereka dan membantu menjadikan Kashmir sebagai berita utama global, meskipun ada upaya India untuk menjauhkan warga Kashmir.

"Sebagian dari saya bertanya-tanya apakah mereka [India] benar-benar menembak dirinya sendiri sejak mereka menginternasionalkan masalah yang benar-benar belum diinternasionalisasi," katanya.

Kashmiri Mehroosh Tak yang bermarkas di Inggris, yang menghadiri protes menentang langkah India di London pekan lalu, setuju.

"Beberapa orang yang biasanya tidak keluar saat ini merasa bahwa India telah melewati batas," katanya dalam sebuah wawancara telepon dengan Al Jazeera. "Dalam arti tertentu, India telah menyatukan kita."

Antropolog Ather Zia dari Colorado mengatakan Kashmir selalu menjadi masalah internasional. "Apa yang baru adalah kecaman," katanya, merujuk pada berbagai editorial surat kabar yang mengutuk kebijakan India tentang Kashmir.

Kanjwal mengatakan kemarahan itu sangat kuat karena warga Kashmir di luar wilayah tersebut belum dapat menghubungi orang yang mereka cintai bahkan selama liburan Idul Adha.

Berbagai postingan di media sosial oleh warga Kashmir telah menjadi viral dalam sepekan terakhir, menceritakan cobaan mereka karena tidak dapat menghubungi anggota keluarga mereka, tentang ketidakmampuan mereka untuk melakukan perjalanan ke wilayah itu untuk sebuah perayaan keagamaan, atau wartawan yang tidak dapat melaporkan.

"Dengan pengekangan komunikasi seperti itu, sangat penting bagi warga Kashmir yang memiliki semacam konektivitas untuk mengeluarkan informasi dan meningkatkan kesadaran," kata seorang warga Kashmir, yang membantu mengorganisir protes di Berlin dengan syarat anonim karena takut akan pembalasan.

"Kami telah menggunakan platform media sosial untuk terhubung ke warga Kashmir lain dan mengatur aksi protes atau pertemuan."

Selama seminggu terakhir, berbagai protes telah diadakan di kota-kota AS di New York, Washington, Houston, Denver dan Boston, serta di seluruh dunia, termasuk ibu kota India, New Delhi.[aljz/fq/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X