Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.716 views

Pasukan AS Bom Jihadis Afiliasi Al-Qaidah di Idlib Suriah, 40 Orang Tewas

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Pasukan AS menyerang para pemimpin jihadis di Suriah pada hari Sabtu (31/8/2019), kata Pentagon, dalam apa yang oleh pemantau medan perang disebut serangan rudal yang menewaskan sedikitnya 40 orang.

Departemen Pertahanan AS mengatakan serangan itu menargetkan para pemimpin Al-Qaidah di Idlib, Suriah utara. Tidak disebutkan jenis senjata apa yang digunakan atau memberikan perincian.

Rudal itu menargetkan para pemimpin kelompok jihadis dan faksi sekutu dekat Idlib, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR).

Serangan udara rezim Suriah di wilayah Idlib yang dikelola oposisi telah berhenti pada hari Sabtu, setelah rezim menyetujui gencatan senjata yang didukung Rusia setelah empat bulan pemboman mematikan, kata monitor itu.

Tetapi "serangan rudal menargetkan pertemuan yang diadakan oleh para pemimpin Hurrasa Deen, Ansar al-Tauhid dan kelompok sekutu lainnya di dalam kamp pelatihan" di dekat kota Idlib, "kata Rami Abdel Rahman, kepala Observatory.

Serangan itu menewaskan sedikitnya 40 pemimpin, klain monitor yang berbasis di Inggris.

Komando Pusat AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan itu menargetkan para pemimpin Al-Qaidah di Suriah (AQ-S) "bertanggung jawab atas serangan yang mengancam warga AS, mitra kami dan warga sipil tak berdosa. Selain itu, penghapusan fasilitas ini akan semakin menurunkan kemampuan mereka. untuk melakukan serangan di masa depan dan menggoyahkan kawasan. "

Seorang koresponden AFP melihat awan asap hitam membubung ke atas daerah itu setelah ledakan mengguncang kubu jihadis tersebut.

Ambulans bergegas ke lokasi serangan, yang ditutup untuk wartawan, katanya.

Tidak segera jelas apakah rudal diluncurkan dari pesawat perang atau posisi di tanah, kata monitor.

CENTCOM menolak untuk mengatakan senjata apa yang digunakan.

Berbagai aktor eksternal

Gencatan senjata yang mulai berlaku pada hari Sabtu adalah perjanjian kedua antara rezim Suriah dan Turki sejak kesepakatan gencatan senjata 1 Agustus yang meliputi wilayah Idlib yang hancur hanya beberapa hari setelah diberlakukan.

Pasukan rezim yang didukung Rusia telah melakukan serangan terhadap kubu oposisi utama di Idlib sejak April.

Namun Rusia dan Damaskus bukan satu-satunya pemain dengan sejarah aktivitas serangan udara di daerah tersebut.

Pada 1 Juli, Amerika Serikat mengatakan telah melakukan serangan terhadap Hurrasa Deen di Suriah barat laut, dalam operasi pertamanya di sana dalam dua tahun.

Hurrasa Deen yang terkait dengan Al-Qaeda didirikan pada Februari 2018 dan memiliki sekitar 1.800 pejuang, termasuk non-Suriah, menurut Observatory.

Kelompok itu dan sekutunya, Ansar al-Tawhid, keduanya beroperasi di wilayah Idlib dan merupakan anggota dari ruang operasi gabungan jihadis yang juga termasuk Hayat Tahrir al-Sham.

Sebagian besar provinsi Idlib dan sebagian provinsi Aleppo dan Latakia yang berdekatan dikontrol oleh HTS.

Kantor berita negara Suriah SANA pada hari Sabtu mengatakan pemerintah menyetujui perjanjian gencatan senjata Idlib, yang Rusia katakan bertujuan "untuk menstabilkan situasi" di benteng anti-pemerintah.

Tetapi tentara "memiliki hak untuk menanggapi pelanggaran" oleh para jihadis dan kelompok pemberontak sekutu, SANA menambahkan, mengutip sumber militer Suriah.

Wilayah Idlib adalah rumah bagi sekitar tiga juta orang, hampir setengah dari mereka telah mengungsi dari bagian lain Suriah.

Serangan udara oleh Damaskus dan Rusia telah menewaskan lebih dari 950 warga sipil sejak akhir April, menurut Observatory.

PBB mengatakan kekerasan itu juga telah membuat lebih dari 400.000 orang terlantar.

Wilayah Idlib seharusnya dilindungi dari serangan besar-besaran pemerintah oleh kesepakatan Turki-Rusia pada September 2018 yang tidak pernah sepenuhnya dilaksanakan karena pasukan pemerintah terus melakukan serangan.

Turki mendukung pejuang oposisi di Suriah barat laut.

"Rusia dan pemerintah Suriah mungkin bersedia memberi Turki kesempatan lagi untuk menerapkan ketentuan perjanjian bilateral September 2018 dengan Rusia," kata Sam Heller dari International Crisis Group.

"Bergantian, gencatan senjata ini mungkin hanya jeda operasional untuk Damaskus dan Moskow untuk mengkonsolidasikan keuntungan teritorial mereka dan mempersiapkan fase serangan berikutnya," tambah pakar Suriah itu.

Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang pasukannya menguasai sekitar 60 persen wilayah, telah bersumpah untuk merebut kembali seluruh negara, termasuk Idlib. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X