Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.074 views

Turki Usir 40.000 Pengungsi dari Istabul

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Turki mengatakan pada hari Jum'at (15/11/2019)  bahwa mereka telah mengusir lebih dari 40.000 pengungsi yang tinggal di Istanbul dan mengirim mereka kembali ke provinsi di mana mereka awalnya terdaftar.

Pengungsi Suriah yang tinggal di kota terbesar Turki tanpa izin yang sah diberikan waktu sampai akhir Oktober untuk pergi secara sukarela.

Ditujukan bagi mereka yang tidak memiliki status perlindungan sementara - penunjukan hukum Turki untuk warga Suriah tanpa adanya status pengungsi resmi - yang terdaftar di Istanbul, ultimatum tersebut awalnya memberi waktu hingga pertengahan Agustus kepada penduduk Suriah yang tinggal di kota itu untuk pergi.

Batas waktu tersebut ditunda di tengah meningkatnya pengawasan internasional dan tuduhan bahwa Ankara telah mendeportasi warga Suriah yang rentan ke zona perang aktif.

Turki menampung sekitar 3,6 juta pengungsi Suriah - lebih banyak dari negara lain mana pun.

Di bawah sistem perlindungan sementara, mereka harus tetap berada di provinsi tempat mereka ditempatkan, dan hanya dapat mengunjungi kota-kota lain dengan izin jangka pendek.

Ribuan warga Suriah yang tiba dalam beberapa tahun terakhir tidak dapat mendaftar di bawah sistem itu akan ditempatkan ke provinsi di luar Istanbul, kata pihak berwenang.

Kantor gubernur Istanbul mengatakan pada hari Jumat bahwa 42.888 pengungsi telah ditangkap oleh polisi dan dikirim kembali ke provinsi yang ditunjuk antara Juli hingga Oktober, tanpa menentukan kebangsaan mereka.

Dikatakan pada bulan Juli bahwa 547.000 warga Suriah secara resmi terdaftar di Istanbul, dan tidak ada pendaftaran baru yang diterima.

Intoleransi dan rasisme terhadap pengungsi Suriah telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir seiring berlanjutnya konflik.

Terlihat pada awalnya sebagai kehadiran sementara di Turki, warga Suriah telah menderita konsekuensi dari penurunan ekonomi yang tajam yang telah meningkatkan ketegangan antara warga Turki dan pengungsi.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan dia berencana untuk memulangkan pengungsi Suriah ke "zona aman" di timur laut Suriah, bahkan berjanji untuk membangun ribuan rumah baru di sana.

Sebanyak tiga juta warga Suriah dapat dikembalikan ke zona penyangga, katanya pada bulan September.

Kelompok-kelompok HAM telah meragukan kelayakan finansial dari rencana tersebut dan kemungkinan ilegalitasnya. Para kritikus juga menuduh rencana itu bisa merupakan rekayasa demografis, dengan penduduk lokal Kurdi yang dipindahkan oleh kekerasan digantikan oleh warga Arab Suriah.

Ankara awal tahun ini dituduh melanggar prinsip non-refoulement, prinsip utama hukum internasional, dengan diduga mendeportasi ribuan warga Suriah ke provinsi Idlib yang dilanda perang.

Turki bersikeras mereka kembali secara sukarela, tetapi kelompok-kelompok hak asasi manusia menuduh bahwa para pengungsi dipaksa untuk menandatangani dokumen yang mengklaim bahwa deportasi mereka "sukarela".

Pihak berwenang Turki mengklaim lebih dari 300.000 warga Suriah telah secara sukarela kembali ke negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

"Klaim Turki bahwa pengungsi dari Suriah memilih untuk berjalan langsung kembali ke konflik adalah berbahaya dan tidak jujur. Sebaliknya, penelitian kami menunjukkan bahwa orang-orang itu ditipu atau dipaksa untuk kembali," Anna Shea, Peneliti tentang Pengungsi dan Hak Migran di Amnesty International, kata dalam sebuah pernyataan bulan lalu.

"Turki layak mendapat pengakuan karena menampung lebih dari 3,6 juta wanita, pria dan anak-anak dari Suriah selama lebih dari delapan tahun, tetapi Turki tidak dapat menggunakan kedermawanan ini sebagai alasan untuk mengabaikan hukum internasional dan domestik dengan mendeportasi orang ke zona konflik aktif." (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X