Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
786 views

Protes Pecah di Kota-kota Seluruh AS Menyusul Kematian Warga Kulit Hitam Oleh Opsir Kulit Putih

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Demonstrasi pecah di kota-kota di seluruh Amerika Serikat menyerukan keadilan menyusul kematian George Floyd dalam tahanan polisi ketika seorang opsir kulit putih di Minneapolis menekan lututnya ke leher pria kulit hitam tak bersenjata selama beberapa menit.

Dalam adegan damai dan kekerasan di seluruh negeri, ribuan demonstran pada hari Jum'at meneriakkan "tidak ada keadilan, tidak ada perdamaian" dan "sebutkan namanya. George Floyd." Mereka mengangkat plakat bertuliskan: "Dia bilang aku tidak bisa bernapas. Keadilan untuk George."

Demonstrasi datang ketika Derek Chauvin, petugas yang terlibat dalam kematian Floyd, ditangkap dan didakwa dengan satu tuduhan masing-masing atas pembunuhan tingkat tiga dan pembunuhan tingkat dua.

Cuplikan video grafis yang diambil pada ponsel para penonton dan beredar luas di internet menunjukkan Floyd - dengan lutut Chauvin menekan lehernya - terengah-engah, dan berulang kali mengerang, "Tolong, saya tidak bisa bernapas," sementara kerumunan orang di sekitar berteriak kepada polisi untuk membiarkannya.

Video itu menyulut kembali amarah yang menurut aktivis hak-hak sipil telah lama membara di Minneapolis, kota terbesar di negara bagian Minnesota, dan kota-kota lain di seluruh negeri karena bias rasial yang terus-menerus dalam sistem peradilan pidana AS dan kematian orang Kulit Hitam dalam tahanan polisi.

Tuduhan yang dibawa oleh jaksa distirk Hennepin datang setelah malam ketiga protes di mana pengunjuk rasa membakar kantor polisi, dan Garda Nasional dikerahkan untuk membantu memulihkan ketertiban di Minneapolis.

Pihak berwenang berharap penangkapan Chauvin akan menghilangkan kemarahan publik dan mencegah kerusuhan yang berkelanjutan. Namun menentang jam malam pukul 8 malam yang diberlakukan oleh Walikota Jacob Frey, ribuan orang turun ke jalan untuk malam keempat. Sebuah kontingen besar Garda Nasional, polisi negara bagian dan polisi bergerak masuk, beberapa berjalan kaki dan beberapa di kendaraan.

"Kami melihat konfrontasi antara sejumlah demonstran dan polisi negara ... [yang] berakhir dengan gas air mata," John Hendren dari Al Jazeera, melaporkan dari Minneapolis.

Pengunjukrasa Naeema Jakes mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa dia harus berada di jalan sehingga dia bisa secara verbal menghadapi petugas.

"Aku ingin kamu melihat mataku dan merasakanku," kata Jakes. "Ini sakit, ini sakit."

Beberapa mobil dibakar di lingkungan yang tersebar, sementara sepasang restoran dan cabang Wells Fargo juga dibakar.

Di antara kota-kota dengan protes yang lebih besar pada hari Jum'at adalah Atlanta, Denver, Detroit, Houston, Los Angeles dan Louisville.

Setelah berjam-jam protes damai di Atlanta tengah, beberapa demonstran berubah menjadi kekerasan, menghancurkan mobil-mobil polisi, membakarnya, menyemprotkan logo pada markas CNN dan membobol sebuah restoran. Kerumunan melempari petugas dengan botol, meneriakkan "keluar dari pekerjaan Anda".

Walikota Keisha Lance Bottoms memohon kepada orang banyak untuk pulang.

"Ini bukan protes," katanya. "Kau mempermalukan kota kami. Kau mempermalukan kehidupan George Floyd dan setiap orang yang terbunuh di negara ini. Kami lebih baik dari ini."

Tetapi kekerasan terus berlanjut, mendorong Gubernur Georgia Brian Kemp untuk menyatakan keadaan darurat untuk "melindungi orang & properti di Atlanta".

Kemp mengatakan 500 anggota Garda Nasional negara bagian akan dikerahkan untuk memadamkan kerusuhan.

Para pengunjuk rasa juga berkumpul di luar Gedung Putih, dengan Presiden Donald Trump di dalam, dan beberapa berusaha menembus rintangan yang didirikan oleh Dinas Rahasia AS di sepanjang Pennsylvania Avenue.

Di New York City, sebuah demonstrasi yang awalnya damai berubah menjadi kekacauan saat malam tiba. Para pemrotes berselisih dengan petugas, menghancurkan kendaraan polisi dan membakar.

Di Brooklyn, para aktivis yang berbaris dari Manhattan meneriakkan slogan-slogan menentang kebrutalan polisi dan melempari para opsir yang berbaris di luar Barclays Center dengan botol-botol air. Polisi menyemprotkan bahan kimia yang mengganggu mata ke kerumunan yang sangat beragam beberapa kali, lalu membersihkan plaza.

Banyak orang ditangkap dan polisi membawa bus untuk membawa mereka pergi.

"Kita memiliki malam yang panjang di depan kita di Brooklyn," tulis Walikota Bill de Blasio. "Satu-satunya fokus kami adalah mengurangi situasi ini dan membuat orang aman di rumah. Akan ada tinjauan lengkap tentang apa yang terjadi malam ini. Kami tidak pernah ingin melihat malam lain seperti ini."

Di Houston, tempat Floyd tumbuh, beberapa ribu orang berkumpul di depan City Hall. Di antara mereka adalah Jimmy Ohaz yang berusia 19 tahun, yang datang dari kota terdekat Richmond, Texas.

"Pertanyaan saya adalah berapa banyak lagi, berapa banyak lagi? Saya hanya ingin hidup di masa depan di mana kita semua hidup dalam harmoni dan kita tidak tertindas," katanya kepada kantor berita The Associated Press.

Di Detroit, seorang pria berusia 19 tahun tewas setelah seseorang di dalam kendaraan melepaskan tembakan ke kerumunan orang yang memprotes kematian Floyd. Polisi mengatakan seorang petugas tidak terlibat dalam penembakan itu dan tersangka berhenti di Dodge Durango dan menembaki para pemrotes.

Ketegangan juga meningkat di beberapa kota di pantai barat AS ketika malam tiba dan pengunjuk rasa memblokir jalan raya di Los Angeles dan Oakland. Demonstran di Los Angeles sesekali bentrok dengan polisi, dengan beberapa pengunjuk rasa ditangkap dan satu petugas menerima perawatan medis, kata polisi.

Kerusuhan itu adalah yang terburuk yang pernah dialami AS selama bertahun-tahun. Kantor berita AP, mengutip tiga sumber anonim mengatakan Pentagon memerintahkan tentara untuk menempatkan unit polisi militer dalam keadaan siaga untuk pergi ke Minneapolis dengan pemberitahuan singkat atas permintaan Trump.

Trump mengatakan pada hari Jum'at bahwa ia telah berbicara dengan keluarga Floyd dan "menyatakan kesedihan saya".

Dia menyebut video penangkapan itu "hanya hal yang mengerikan untuk disaksikan dan ditonton. Sepertinya tidak ada alasan untuk itu".

Sebelumnya pada hari itu, Jaksa Wilayah Hennepin Mike Freeman mengatakan bukti kunci dalam kasus terhadap Chauvin adalah klip video yang menunjukkan Floyd berbaring telungkup di jalan, dengan sang opsir berlutut di belakang leher Floyd - Chauvin berlutut Leher Floyd selama hampir sembilan menit, menurut laporan otopsi.

"Kami memiliki bukti, kami memiliki video kamera warga negara, hal mengerikan, mengerikan, mengerikan yang kita semua lihat berulang kali," kata Freeman.

Dia menambahkan penyelidikan terhadap Chauvin, yang menghadapi 25 tahun penjara jika terbukti bersalah, sedang berlangsung dan dia mengantisipasi juga menuntut tiga petugas lainnya, yang diidentifikasi oleh kota itu sebagai Thomas Lane, Tou Thao dan J Alexander Kueng.

Keempatnya dipecat dari kepolisian pada hari Selasa setelah video dari penangkapan muncul Senin.

Kerabat Floyd yang berusia 46 tahun menyambut berita penangkapan Chauvin sebagai "langkah menuju keadilan". Tetapi mereka mengatakan bahwa mereka mengharapkan dakwaan dan tindakan yang lebih keras terhadap petugas lainnya yang terlibat dalam penahanan dan kematian Floyd.

"Kami menginginkan tuduhan pembunuhan tingkat pertama. Dan kami ingin melihat petugas lainnya ditangkap," kata mereka dalam sebuah pernyataan.

"Rasa sakit yang dirasakan komunitas Kulit Hitam atas pembunuhan ini dan apa yang dicerminkannya tentang perlakuan terhadap orang-orang kulit hitam di Amerika adalah liar dan sedang tumpah ke jalanan di seluruh Amerika." (Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Sejak balita Astrid Nuraini sudah hidup sebatang kara tanpa ayah, ibu dan saudara. Diasuh ibu angkat yang sudah lanjut usia, ia tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMA Islam karena terbentur biaya....

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Di hari raya Idul Fitri yang ceria, Ibrahim justru merintih perih di bangsal Rumah Sakit. Tubuh mungil balita anak aktivis dakwah media ini melepuh tercebur air mendidih di halaman tetangganya....

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya persalinan cessar dilunasi, Ummi Nurhayati dan bayinya bisa pulang dari rumah sakit. Semoga para donatur berlimpah rizki, dan dede bayi ini kelak menjadi generasi mujahidah dakwah untuk...

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Debby Silvana dan Melani Silvana menjadi yatim saat sedang butuh belaian kasih orang tua. Kini mereka tinggal di rumah triplek yang reyot dan doyong terancam roboh. Ayo Bantu bedah rumah yatim.!!...

Latest News
Ujicoba Vaksin Asal China, Netty Aher: Pastikan Vaksin Aman

Ujicoba Vaksin Asal China, Netty Aher: Pastikan Vaksin Aman

Senin, 03 Aug 2020 20:31

Cegah Nikah Dini atau Legalkan Seks Bebas?

Cegah Nikah Dini atau Legalkan Seks Bebas?

Senin, 03 Aug 2020 19:59

Investasi Bodong, Berharap Untung Malah Buntung

Investasi Bodong, Berharap Untung Malah Buntung

Senin, 03 Aug 2020 19:49

Setelah 9 Tokoh Oposisi, Kini Lahir Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia

Setelah 9 Tokoh Oposisi, Kini Lahir Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia

Senin, 03 Aug 2020 19:36

Izinkan Aku menjadi Sahabat Jannahmu

Izinkan Aku menjadi Sahabat Jannahmu

Senin, 03 Aug 2020 19:26

Sejumlah Pria Bersenjata Bersenjata Serang Penjara di Jalalabad Afghanistan Timur

Sejumlah Pria Bersenjata Bersenjata Serang Penjara di Jalalabad Afghanistan Timur

Senin, 03 Aug 2020 16:00

Jet-jet Tempur Israel Serang Jalur Gaza

Jet-jet Tempur Israel Serang Jalur Gaza

Senin, 03 Aug 2020 15:15

Kuwait Larang Penerbangan dari 31 Negara Yang Dianggap 'Berisiko Tinggi' Virus Corona

Kuwait Larang Penerbangan dari 31 Negara Yang Dianggap 'Berisiko Tinggi' Virus Corona

Senin, 03 Aug 2020 14:28

Pengangguran 10 Juta! Ikuti Training & Praktek 5 hari di RM Padang Express

Pengangguran 10 Juta! Ikuti Training & Praktek 5 hari di RM Padang Express

Senin, 03 Aug 2020 09:46

Djoko S Tjandra Tertangkap Setelah 3 Jenderal Dicopot

Djoko S Tjandra Tertangkap Setelah 3 Jenderal Dicopot

Senin, 03 Aug 2020 08:32

AS Usulkan Agar Para Pejuang Taliban Berbahaya Ditempatkan Dalam Tahanan Rumah

AS Usulkan Agar Para Pejuang Taliban Berbahaya Ditempatkan Dalam Tahanan Rumah

Ahad, 02 Aug 2020 23:15

Warga Israel Lakukan Demonstrasi Anti-Netanyahu Terbesar di Al-Quds Yerusalem

Warga Israel Lakukan Demonstrasi Anti-Netanyahu Terbesar di Al-Quds Yerusalem

Ahad, 02 Aug 2020 22:55

Arti Cinta

Arti Cinta

Ahad, 02 Aug 2020 21:52

Menjaga yang Berharga

Menjaga yang Berharga

Ahad, 02 Aug 2020 21:46

Bumi Pertiwi Disapa Resesi

Bumi Pertiwi Disapa Resesi

Ahad, 02 Aug 2020 21:46

7 Tentara Suriah Tewas 9 Lainnya Terluka Dalam Bentrokan Dengan Pejuang Oposisi Suriah di Idlib

7 Tentara Suriah Tewas 9 Lainnya Terluka Dalam Bentrokan Dengan Pejuang Oposisi Suriah di Idlib

Ahad, 02 Aug 2020 21:44

Terimakasih Nak, Kau Ajarkan Ibumu Beretika

Terimakasih Nak, Kau Ajarkan Ibumu Beretika

Ahad, 02 Aug 2020 21:39

Idul Adha: Refleksi Pengorbanan dan Ketaatan Berbuah Keridhaan

Idul Adha: Refleksi Pengorbanan dan Ketaatan Berbuah Keridhaan

Ahad, 02 Aug 2020 21:32

Badan Intelijen Afghanistan Klaim Tewaskan Seorang Pemimpin Senior Islamic State

Badan Intelijen Afghanistan Klaim Tewaskan Seorang Pemimpin Senior Islamic State

Ahad, 02 Aug 2020 21:30

Berkurban Wujud Ketaatan Totalitas

Berkurban Wujud Ketaatan Totalitas

Ahad, 02 Aug 2020 21:28


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X

Ahad, 02/08/2020 21:28

Berkurban Wujud Ketaatan Totalitas