Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.348 views

Turki Kecam Prancis Karena Memperburuk Krisis di Libya

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki pada hari Selasa (16/6/2020) mengecam komentar Prancis atas peran Ankara di Libya, mengatakan komentar tersebut menunjukkan kebijakan "gelap dan tidak dapat dijelaskan" oleh Prancis terhadap Libya dan mengatakan dukungan Paris untuk pasukan pemberontak Jenderal Khalifa Haftar terhadap Pemerintah Kesepakatan Nasional yang diakui PBB ( GNA) memperburuk krisis di negara ini.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki Hami Aksoy mengatakan dukungan Prancis mendorong Haftar untuk mendesak cara-cara militer dan lebih jauh menambah rasa sakit dan keluhan warga Libya yang lelah oleh perang.

"Dukungan yang diberikan Prancis kepada sang pemberontak dan bajak laut Haftar, yang bertujuan untuk memaksakan rezim otoriter dengan menggulingkan pemerintah yang sah dan yang secara terbuka mengumumkan dia tidak menginginkan solusi politik, telah memperburuk krisis di Libya," kata kementerian luar negeri Turki dalam sebuah pernyataan.

"Tidak dapat diterima bagi sekutu NATO untuk berperilaku seperti ini," katanya.

Aksoy mengatakan Paris bertugas sebagai "subkontraktor untuk beberapa negara di kawasan itu," sebuah kiasan untuk Uni Emirat Arab dan Mesir.

Saling serang kata-kata yang memanas berisiko meningkatkan ketegangan antara Ankara dan Paris, dua sekutu NATO yang hubungannya memburuk sejak 2016.

Turki akan terus mendukung upaya di bawah naungan PBB untuk memastikan perdamaian dan stabilitas yang langgeng di Libya, kata pernyataan itu.

Sementara itu, seorang pejabat kementerian pertahanan Prancis mengatakan NATO "tidak bisa mengubur kepalanya di pasir" mengenai perilaku Turki baru-baru ini di Libya, karena ia mengklaim negara itu telah menjadi "masalah."

"Kami telah mengetahui momen rumit dalam aliansi itu, tetapi kami tidak bisa menjadi burung unta dan tidak bisa berpura-pura tidak ada masalah Turki di NATO. Kami harus melihatnya, mengatakannya dan menanganinya," kata pejabat itu, yang berbicara menjelang KTT NATO para menteri pertahanan pada hari Rabu, menurut Reuters.

Pada hari Senin, Prancis mengatakan ingin pembicaraan dengan sekutu NATO untuk membahas apa yang diklaimnya sebagai peran Turki yang "agresif" di Libya.

Pernyataan kementerian luar negeri itu menekankan dukungan dari Prancis dan beberapa negara, yang melanggar keputusan PBB dan NATO, terhadap struktur tidak sah adalah hambatan utama bagi pembentukan perdamaian dan stabilitas di Libya.

Libya telah berada dalam kekacauan sejak 2011 ketika perang saudara menggulingkan diktator lama Muammar Khadafi, yang kemudian terbunuh. Negara itu sejak itu telah terpisah antara administrasi saingan di timur dan barat, masing-masing didukung oleh kelompok bersenjata dan pemerintah asing.

Pasukan di bawah Haftar melancarkan serangan untuk mencoba mengambil alih Tripoli pada April 2019, dan krisis di negara kaya minyak itu terus memburuk ketika pendukung asing semakin mengintervensi meski berjanji sebaliknya pada pertemuan perdamaian tingkat tinggi di Berlin awal tahun ini.

Serangan Haftar didukung oleh Prancis, Rusia, Yordania, Uni Emirat Arab dan negara-negara utama Arab lainnya. Pemerintah yang sah di Tripoli didukung oleh Turki - yang mengirim tentara peralatan militer untuk melindungi ibu kota pada Januari - serta Italia dan Qatar. (TDS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X