Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.235 views

Rusia Bersumpah Bantu Yerevan Melawan Azerbaijan Jika Pertempuran Mencapai Armenia

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Rusia pada Sabtu (31/10/2020) mengatakan akan memberikan bantuan "yang diperlukan" kepada Yerevan dalam konfliknya dengan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh jika pertempuran mencapai wilayah Armenia.

"Rusia akan memberikan Yerevan semua bantuan yang diperlukan jika bentrokan terjadi langsung di wilayah Armenia," kata Kementerian Luar Negeri Rusia, menyerukan pihak yang bertikai untuk segera menghentikan tembakan.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinian meminta Presiden Rusia Vladimir Putin untuk memulai konsultasi "mendesak" tentang penyediaan keamanan di tengah konflik dengan Azerbaijan setelah pembicaraan baru gagal untuk menyetujui gencatan senjata.

Pashinian mengirim surat itu kepada Putin setelah Armenia dan Azerbaijan gagal menyetujui gencatan senjata baru dalam konflik Nagorno-Karabakh selama pembicaraan di Jenewa pada hari Jum'at dan saat pertempuran berlanjut semalam dan Sabtu pagi.

Pengumuman yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Armenia itu menimbulkan kekhawatiran akan meningkatnya pertempuran antara Armenia dan Azerbaijan.

Armenia dan Azerbaijan telah terlibat dalam pertempuran sengit selama lebih dari sebulan di Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diduduki oleh Armenia setelah pecahnya Uni Soviet.

Gejolak konflik telah menyebabkan lebih dari seribu orang tewas, dengan kekuatan dunia sejauh ini tidak dapat membujuk kedua belah pihak untuk berhenti berperang.

Rusia memiliki pangkalan militer di Armenia dan memiliki perjanjian pertahanan dengan Yerevan.

"Perdana Menteri Armenia telah meminta presiden Rusia untuk memulai konsultasi mendesak dengan tujuan menentukan jenis dan jumlah bantuan yang dapat diberikan Federasi Rusia kepada Armenia untuk memastikan keamanannya," kata Kementerian Luar Negeri Armenia dalam sebuah pernyataan.

Rusia sebelumnya mengatakan bahwa pakta pertahanannya dengan Armenia tidak mencakup wilayah pendudukan Nagorno-Karabakh.

Tetapi Pashinian dalam suratnya kepada Putin mengatakan bahwa permusuhan semakin dekat dengan perbatasan Armenia dan menegaskan kembali bahwa sekutu Azerbaijan, Turki, mendukung Baku, menurut pernyataan itu.

Dia meminta bantuan Moskow, menyerukan hubungan dekat kedua negara dan perjanjian 1997 tentang persahabatan, kerja sama, dan bantuan timbal balik.

Azerbaijan dan Armenia telah terlibat dalam konflik sengit atas Karabakh sejak separatis Armenia yang didukung oleh Yerevan menduduki provinsi pegunungan itu dalam perang tahun 1990-an yang menewaskan 30.000 orang.

Bentrokan saat ini meletus pada 27 September dan pertempuran terus berlanjut meskipun internasional berulang kali berupaya untuk mengamankan gencatan senjata.

Pihak yang bertikai telah tiga kali menyetujui gencatan senjata selama pembicaraan baru-baru ini yang dimediasi oleh Rusia, Prancis dan Amerika Serikat, tetapi gencatan senjata semuanya dengan cepat berantakan.

Lebih dari 1.200 orang dari kedua belah pihak telah dilaporkan tewas sejak pertempuran dimulai, tetapi jumlah korban tewas sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi. (TDS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X